Pentingnya Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge, Begini Cara Kalibrasinya!

kalibrasi hydrolic pressure gauge

Sebelum membahas kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge kita perlu mengetahui apa itu Hydrolic Pressure Gauge, Hydrolic Pressure Gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur sebuah tekanan fluida yang berbentuk gas maupun cair pada sebuah tabung tertutup.

Dengan adanya Hydrolic Pressure Gauge maka teknisi akan mengetahui tekanan dengan hanya melihat indikator tidak perlu harus membuka mesin. Bagaimana sih kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge ini? mari kita simak penjelasan berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge

Setiap kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge ini adalah untuk menentukan serta membandingkan nilai hasil ukur Hydrolic Pressure Gauge yang dikalibrasi dengan nilai ketertelusuran dengan nilai standar yang lebih tinggi.

Manfaat Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge

Adapun beberapa manfaat kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge yang bisa didapat diantaranya:

  • Menentukan nilai penyimpangan pada kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge.
  • Mengetahui kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge ini sudah sesuai dengan standar yang digunakan.
  • Mengetahui kondisi Hydrolic Pressure Gauge bahwa dalam keadaan baik atau perlu diganti.
  • Dapat meningkatkan kualitas produksi dari sektor industri yang berkaitan dengan penggunaan Hydrolic Pressure Gauge.

Cara Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge

Dalam melakukan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge harus menggunakan prosedur yang sesuai standar. Adapun beberapa tahapan kalibrasi yang sesuai penjelasan adalah:

  1. Melakukan persiapan
    Dalam kalibrasi tahapan persiapan ini dilakukan untuk mempersiapkan Hydrolic Pressure Gauge yang akan dikalibrasi dan peralatan apa saj yang perlu dipersiapkan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Melaksanakan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge
    Untuk melakukan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge ini dapat dilakukan oleh orang yang berkompeten dibidang kalibrasi. Orang yang berkompeten ini dalam melakukan kalibrasi tentu melakukan kalibrasi tentu akan menurunkan kesalahan terhadap hasil pengukurannya.
  3. Pengecekan lingkungan untuk kalibrasi
    Mengecek kondisi lingkungan adalah proses yang sangat penting. Karena lingkungan dapat mempengaruhi hasil kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge. Adapun beberapa hal yang dapat mempengaruhi adalah kelembaban udara hingga temperatur suhu ruangan.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Hydrolic Pressure Gauge
    Metoda yang digunakan sesuai dengan standar internasional dalam mengkalibrasi Hydrolic Pressure Gauge adalah:
    EURAMET/cg.17/V.4.0(2019), 1 kPa = 0.145 Psi
    Dengan rentang ukur:
    0kPa ~ 600kPa
    601kPa ~ 1000kPa
    1001kPa ~ 2500kPa
    2501kPa ~ 4000kPa
    4.1MPa ~ 16MPa
    16.1MPa ~ 35MPa
    35.1MPa ~ 70MPa
    70.1MPa ~ 100MPa
    100.1MPa ~ 140MPa
  5. Pelaksanaan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge
    Dalam melaksanakan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengamatan terhadap Hydrolic Pressure Gauge bahwa masih dalam keadaan normal atau tidak. Membutuhkan penyetelan ulang atau tidak, hasil pengukuran sudah wajar atau tidak,  dan pengambilan data yang akan dijadikan sebagai hasil pelaporan dengan format yang sesuai.
  6. Melakukan perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan proses kalibrasi ini merupakan proses dimana mengetahui berbagai nilai seperti nilai koreksi, nilai ketidakpastian, nilai maksimum, minimum, nilai konversi satuan, hingga persamaan regresi.
  7. Membuat laporan evaluasi
    Tahapan akhir dari prosedur kalibrasi adalah pembuatan laporan evaluasi yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025. Untuk pembuatan laporan ini dibutuhkan 4 tahapan penting yakni pembuatan konsep, pemeriksaan konsep, pengetikan konsep, dan pengesahan laporan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge

Dalam melakukan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge ini akan menghasilkan beberapa parameter yang bisa dijadikan acuan. Diantara parameter ini adalah:

  • Nilai penyimpangan atau nilai koreksi.
  • Nilai ketidakpastian pengukuran.
  • Nilai obyek.
  • Faktor-faktor kalibrasi.

Kesimpulan

Kebutuhan akan kalibrasi Hydrolic Pressure Gauge di sektor industri memang sangat tinggi. Adapun tempat kalibrasi yang terpercaya bisa dilakukan di Kalibrasi.com

Sebaiknya klik tombol di bawah ini untuk mempelajari lebih dalam mengenai jasa kalibrasi, supaya sesuai dengan apa yang sebenarnya Anda butuhkan.

Jasa kalibrasi hydrolic pressure gauge