Penjelasan Lengkap Tentang Kalibrasi Frekuensi Meter

kalibrasi frekuensi meter

Dalam kegiatan industri tentunya sudah tidak asing lagi dengan penggunaan frekuensi meter. Frekuensi meter ini sendiri adalah alat uji yang digunakan untuk mengukur frekuensi sinyal yang dihasilkan oleh perangkat penghasil gelombang sinus atau osilator.

Nah ternyata frekuensi meter ini memerlukan kalibrasi lho. Proses kalibrasi pada frekuensi meter ini sendiri jelas memiliki tujuan penting. Terus apa dong tujuan dilakukan kalibrasi pada frekuensi meter?

Tujuan Kalibrasi Frekuensi Meter

Frekuensi meter yang sering digunakan pastinya membutuhkan adanya perawatan. Salah satu perawatan untuk frekuensi meter sendiri ialah dengan dilakukannya kalibrasi.

Dengan dilakukannya kalibrasi sudah tentu frekuensi meter akan tetap menghasilkan nilai pengukuran yang akurat dan sesuai standar. Tidak hanya itu saja, tujuan dilakukan kalibrasi ini untuk mengatasi pergeseran atau penyimpangan pada instrument itu sendiri.

Manfaat Kalibrasi Frekuensi Meter?

Menghindari penyimpangan dan juga kekeliruan dari hasil ukur frekuensi meter ini memang dibutuhkan adanya kalibrasi. Berikut ini beberapa manfaat yang akan didapatkan dari proses kalibrasi frekuensi meter secara berkala dengan benar :

  • Mampu menjaga kualitas proses dan hasil ukur frekuensi meter
  • Mengetahui seberapa jauh penyimpangan yang terjadi pada frekuensi meter
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Mampu memberikan jaminan akan hasil pembacaan frekuensi meter

Cara Kalibrasi Frekuensi Meter

Agar mendapat hasil kalibrasi frekuensi meter yang maksimal, maka diperlukan cara kalibrasi yang baik dan benar serta tentunya sesuai dengan standar. Berikut ini cara kalibrasi frekuensi meter yang harus dilakukan :

  1. Proses persiapan
    Melakukan persiapan dengan menyiapkan instrument frekuensi meter mana saja yang akan dilakukan kalibrasi. Tidak hanya instrument frekuensi meter saja, alat untuk proses kalibrasi juga wajib dipersiapkan.
  2. Pelaksana kalibrasi Frekuensi Meter
    Pelaksanaan proses kalibrasi ini wajib dilaksanakan oleh orang yang ahli di bidangnya. Hal ini memiliki tujuan meminimalisir terjadinya kesalahan saat pengambilan data.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Frekuensi Meter
    Lakukan pengecekan kondisi lingkungan yang meliputi pengecekan suhu dan juga kelembaban. Hal ini dilakukan karena terdapat alat kalibrasi yang mudah terpengaruh dengan kondisi lingkungan. Lakukan kalibrasi sebaiknya di pagi hingga siang hari.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Frekuensi Meter
    Untuk metode yang digunakan dalam proses kalibrasi frekuensi meter ini sendiri ialah menggunakan metode kalibrasi IK.KL-05 dengan rentang ukur 20.0Hz ~ 100MHz. Metode ini sendiri jelas sudah sesuai dengan standar ISO.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Frekuensi Meter
    Pelaksanaan kalibrasi pada frekuensi meter ini sendiri harus dilakukan dengan melakukan pengamatan awal pada objek frekuensi meter. Menyetel ulang dari titio nol. Jangan lupa untuk selalu mencatat data apa saja mengenai frekuensi meter.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini sendiri dilakukan dengan cara menghitung nilai dari maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan ini sendiri harus sesuai dan mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dengan beberapa langkah penting seperti : penyusunan konsep berdasarkan hasil pengukuran, mengecek pengambilan data, hingga pengesahan oleh kepala laboratorium atau pihak yang ditunjuk.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Frekuensi Meter

Tentunya setelah dilakukannya proses kalibrasi pada frekuensi meter ini, akan didapatkan beberapa parameter dan juga hasil. Kalibrasi frekuensi meter ini mendapatkan beberapa hasil dengan beberapa parameter sebagai berikut :

  • Mengetahui nilai objek yang diukur
  • Mengetahui besarnya nilai penyimpangan
  • Mengetahui angka ketidakpastian pengukuran
  • Dapat mengevaluasi mengenai tingkat kepercayaan terhadap pengukuran 

Kesimpulan

Agar frekuensi meter tetap memiliki fungsi dan juga kegunaan yang semestinya sangat diperlukan adanya kalibrasi. Dengan melakukan cara kalibrasi yang tepat dan benar seperti cara diatas, pastinya frekuensi meter akan selalu memberikan tingkat akurasi pengukuran yang tinggi.

Bagi anda yang saat ini sedang mencari jasa kalibrasi frekuensi meter berstandar ISO dan terakreditasi KAN, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com atau pelajari lebih lanjut dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Frekuensi Meter