Kalibrasi Foil Thickness Gauge: Cara, Tujuan, dan Manfaat

kalibrasi Foil Thickness Gauge

Penggunaan alat ukur memiliki banyak macamnya, salah satu contohnya adalah penggunaan alat pengukur ketebalan pada material pembuatan kemasan flexible seperti film plastik, alumunium foil dan kertas. Alat tersebut sering dikenal dengan nama foil thickness gauge. Apa itu foil thickness gauge?

Foil Thickness Gauge adalah instrumen praktis yang digunakan untuk mengukur ketebalan lembaran plastik, karton foil, kertas, dan lain sebagainya. 

Sebagai sebuah instrumen alat ukur foil thickness gauge membutuhkan prosedur kalibrasi untuk memastikan keakuratan pengukuran. Yuk simak penjelasan lebih lanjut  mengenai kalibrasi foil thickness gauge, berikut ini : 

Tujuan Kalibrasi Foil Thickness Gauge

Sebagaimana yang telah disinggung di awal mengenai fungsi foil thickness gauge sebagai salah satu alat yang digunakan dalam pengukuran ketebalan material kemas. Prosedur kalibrasi akan membantu instrumen alat ini dalam mencapai kebenaran hasil pengukuran. 

Pada dasarnya kalibrasi Foil Thickness Gauge bertujuan untuk menjaga alat ukur agar sesuai dengan fungsinya sehingga dihasilkan ketepatan hasil ukur yang akurat.

Dengan melakukan kalibrasi Foil Thickness Gauge besaran penyimpangan kebenaran nilai pada instrumen ukur ini akan diuji hingga menemukan keakuratan yang diinginkan. 

Manfaat Kalibrasi Foil Thickness Gauge

Sebagai sebuah prosedur pengujian, kalibrasi Foil Thickness Gauge akan membantu mengembalikan performa awal instrumen alat ukur agar sesuai dengan standar yang berlaku.

Tak hanya itu kalibrasi foil thickness gauge bermanfaat untuk mengetahui akurasi sebuah alat ukur sebelum digunakan dan setelah sekian lama digunakan.  Serta yang tidak kalah penting adalah memberikan jaminan pengukuran  atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh instrumen alat tersebut.

Cara Kalibrasi Foil Thickness Gauge

Prosedur kalibrasi foil thickness gauge terdiri dari beberapa cara yang harus diperhatikan oleh pelaksana kalibrasi agar pengujian tidak terjadi kesalahan. Berikut caa-cara kalibrasi Foil Thickness Gauge :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkanlah instrumen alat yang akan dikalibrasi dalam keadaan baik, bersih dan yang paling penting tidak rusak. Instrumen alat yang hendak dikalibrasi harus masih layak pakai, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya tujuan kalibrasi adalah untuk menjaga fungsinya tetap akurat sehingga diperlukan pengujian kalibrasi. 
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi yang terlatih
    Cara kedua adalah persiapkanlah seorang pelaksana yang berkompeten dan berpengalaman dalam prosedur kalibrasi. Setidaknya seorang pelaksana kalibrasi harus memenuhi persyaratan seperti latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi dan beberapa persyaratan fisik untuk menunjang prosedur kalibrasi.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Kondisi lingkungan yang tidak stabil dapat menjadi salah satu faktor kesalahan prosedur kalibrasi. Oleh karenanya kondisikanlah lingkungan sekitar dengan baik untuk hasil pengujian yang akurat. 
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakanlah metode yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional yang telah diakui. Sebagaimana yang telah Anda ketahui prosedur kalibrasi pada tiap bidang alat ukur memiliki metode yang berbeda-beda. Begitu pula untuk kalibrasi Foil Thickness Gauge yang menggunakan metode kalibrasi IK-KM-DM34 dengan rentang ukur antara 0mm ~ 8mm.
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi memiliki beberapa langkah. Pada awal pelaksanaan dibutuhkan pengamatan awal terhadap alat ukur untuk melihat kondisi dan fungsi alat tersebut sebelum diatur ulang pengaturannya. Tahap selanjutnya melakukan pengaturan ulang pada instrumen alat agar dapat diperbandingkan dengan pengamatan yang kedua setelah diatur ulang. Pengamatan yang kedua dilakukan dengan melihat kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat. Selanjutnya catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelah data diperoleh dari cara yang telah dilakukan sebelumnya, amatilah perbandingkan hasil ukur keduanya. Adakah perbedaan antara hasil pengujian sebelum dan sesudah dikalibrasi. Kemudian lakukanlah perhitungan atas hasil pengujian yang sudah dilakukan sebelumnya. Hitunglah besaran nilai maksimum dan minimum, nilai rata-rata dan konversi satuan dari hasil pengukuran. 
  7. Pembuatan laporan
    Terakhir adalah pembuatan laporan hasil kalibrasi. Dalam penyusunan laporan ini harus berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Apabila laporan telah  selesai maka laporan kalibrasi tersebut dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Foil Thickness Gauge

Setelah menyimak pembahasan mengenai kalibrasi Foil Thickness Gauge, maka akan ditemukan  parameter atau tolak ukur kalibrasi. Parameter keberhasilan kalibrasi dapat dilihat dari data hasil kalibrasi, seperti nilai objek yang diukur, instrumen alat yang telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik dan sertifikat kalibrasi sebagai bukti prosedur kalibrasi telah dipastikan keakuratannya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Foil Thickness Gauge dari penjelasan yang telah disampaikan bahwasannya kalibrasi dilakukan untuk menjaga keakuratan dan kualitas instrumen alat. Anda dapat melakukan kalibrasi pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Foil Thickness Gauge