Seberapa Penting Kalibrasi Counter Meter? Simak Disini!

kalibrasi Counter Meter

Perkembangan Peralatan pengukuran telah menunjukkan perubahan yang signifikan, berbagai alat diciptakan untuk menunjang sistem produksi industri.

Salah satu yang akan dibahas pada artikel ini adalah counter meter yang memiliki cocokan dengan segala jenis sensor dengan nilai yang ditunjuk oleh pabrikan. Namun apa sebenarnya definisi counter meter itu? 

Counter Meter  adalah sebuah alat yang tersusun dari rangkaian sirkuit digital yang digunakan untuk menghitung nilai masukan dari alat pendeteksi hingga akhirnya didapatkan nilai yang ditetapkan. Dalam perkembangannya instrumen alat ini sangat luas digunakan dalam berbagai bidang seperti aplikasi perhitungan pada instrumen ilmiah, kontrol industri, komputer, perlengkapan komunikasi, dan lain sebagainya.

Sebagai sebuah instrumen yang digunakan untuk menghitung besaran suatu nilai, seringkali perhitungan yang dihasilkan kurang memiliki keakuratan.

Oleh karenanya proses kalibrasi dibutuhkan sebelum dan sesudah instrumen alat digunakan dalam kurun waktu tertentu untuk menjaga keakuratan hasil pengukurannya. Masih kurang jelas mengenai kalibrasi counter meter? Yuk simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi Counter Meter

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa counter meter dalam menjalankan fungsinya terkadang memiliki kendala salah pembacaan nilai sehingga menurunkan tingkat akurasinya.

Oleh karenanya prosedur kalibrasi Counter Meter bertujuan pada untuk memastikan perangkat tersebut dapat berfungsi dengan akurat dan hasil pengukuran dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi Counter Meter

Pada umumnya prosedur kalibrasi diperlukan untuk menjaga akurasi dan performa dari instrumen alat, begitu pula pada kalibrasi counter meter. Prosedur ini bermanfaat untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. Selain itu juga sebagai prosedur yang telah diatur standarnya kalibrasi counter meter dapat memberikan jaminan dan konfirmasi atas hasil pengukuran counter meter yang lebih akurat.

Cara Kalibrasi Counter Meter

Seperti prosedur lain yang memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan tujuan yang ingin dicapai. Begitu pula kalibrasi yang memiliki cara-cara tersendiri sebagaimana aturan yang telah ditetapkan. Berikut cara kalibrasi counter meter antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Siapkan alat yang akan kalibrasi hendaknya alat yang digunakan  kalibrasi tidak rusak.  Pastikan pula  alat tersebut dalam keadaan baik dan bersih sebelum dilakukan kalibrasi. 
  2. Persiapkan operator kalibrasi yang terlatih
    Tak kalah pentingnya, Seorang pelaksana kalibrasi harus memiliki kompetensi di bidang kalibrasi alat ukur. Hal ini diperlukam agar pelaksanaan kalibrasi tidak terjadi kesalahan dan hasil pengujian dipastikan telah akurat. Menjadi pelaksana kalibrasi setidaknya harus memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah diatur. Salah satunya latar belakang pendidikan dan pengalaman dalam melakukan kalibrasi. 
  3. Pengkondisian Lingkungan kalibrasi
    Sebelum melakukan kalibrasi cek kondisi lingkungan sekitar tempat penyelenggaraan kalibrasi. Hal ini agar hasil pengujian tidak dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Karena dalam beberapa kesalahan kalibrasi, salah satu penyebabnya adalah kondisi lingkungan yang tidak cocok untuk pengkalibrasian. 
  4. Gunakan metode standar nasional atau internasional
    Gunakanlah Metode kalibrasi counter meter yang mengacu pada metode standar nasional atau internasional untuk menghindari kesalahan kalibrasi. Selain itu untuk gunakanlah metode yang mempermudah dilakukan dan dipahami pelaksana kalibrasi agar prosedur kalibrasi dapat berjalan dengan lancar. Pada kalibrasi counter meter tentunya menggunakan standar yang telah ditetapkan dengan metode kalibrasi yaitu JIS B 7516:2005 yang memiliki rentang ukur 0mm ~ 51mm. Saat akan melakukan kalibrasi perhatikan metode yang digunakan agar hasil pengujian akurat.
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Dalam pelaksanaannya kalibrasi counter meter terdiri dari beberapa langkah-langkah yang harus diikuti. Berikut Langkah-langkahnya kalibrasi counter meter :
    – Pada tahap awal yaitu pengamatan terhadap objek ukur untuk melihat kondisi fungsi alat tersebut.
    – Atur ulanglah instrumen alat yang akan dikalibrasi.
    – Mulailah lakukan kembali pengamatan pada kewajaran hasil ukur setelah alat diatur ulang
    – Ambil data hasil pengujian dan catat dengan baik hasil pengujiannya
  6. Pengamatan dan Perhitungan kalibrasi
    Setelah data hasil pengujian, didapatkan lakukanlah pengamatan pada hasil keduanya. Umumnya pada prosedur kalibrasi hasil pengamatan pada sebelum dan sesudah dikalibrasi mengalami perbedaan nilai. Setelah pengamatan selesai dilakukan, hitunglah  data tersebut. Pastikan perhitungan telah benar untuk hasil kalibrasi yang benar benar akurat. 
  7. Pembuatan laporan
    Membuat laporan menjadi hal yang terakhir dilakukan, Laporan kalibrasi ditulis berdasarkan format yang mengacu pada pedoman kalibrasi di Indonesia. Laporan yang telah dinyatakan sesuai dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Counter Meter

Parameter atau tolak ukur hasil kalibrasi Counter Meter dilihat pada instrumen alat yang telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan.

Hal ini ditunjukkan pada besaran nilai dari hasil kerja instrumen alat menunjukkan standar bidang alat tersebut. Output yang didapatkan setelah melakukan kalibrasi berupa sertifikat hasil kalibrasi yang berisi data hasil prosedur kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Counter Meter. Sebagai alat yang penting digunakan dalam menunjang proses produksi, sangat dianjurkan melakukan kalibrasi secara berkala pada jasa kalibrasi terpercaya. Serahkan prosedur kalibrasi alat Anda pada jasa kalibrasi yang telah terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Counter Meter