Kalibrasi Bar Gauge : Tujuan, Manfaat dan Caranya

kalibrasi bar gauge

Dalam industri manufaktur berbagai macam alat ukur digunakan untuk menunjang produksi industri. Tentunya penggunaannya membutuhkan perawatan melalui prosedur kalibrasi. Salah satu alat ukur yang akan dibahas pada artikel ini adalah bar gauge. Lalu apa yang disebut bar gauge itu?

Bar Gauge merupakan sebuah peralatan pengukuran yang digunakan untuk mengukur tingkat tekanan dalam suatu cairan atau gas, lintas industri. Instrumen alat ini menjadi salah satu alat penting dalam kegiatan industri manufaktur karena sebagai pengontrol tingkat tekanan cairan dan gas. Untuk lebih lanjut mengenai kalibrasi bar gauge, simak penjelasan berikut:

Tujuan Kalibrasi Bar Gauge 

Seperti yang telah disinggung pada pengertian bar gauge di awal bahwa pengukuran pada alat ini berfungsi untuk mengukur tingkat tekanan dalam suatu cairan atau gas. Dalam penggunaannya setiap alat ukur yang dipakai lebih sering akan mempengaruhi tingkat akurasinya.

Itulah mengapa kalibrasi bar gauge diperlukan dengan tujuan untuk memastikan performa dan fungsi bar gauge layak digunakan dan hasil pengukurannya masih dalam batas toleransi sesuai standar ditetapkan.

Manfaat Kalibrasi Bar Gauge

Pada dasarnya dengan menerapkan prosedur kalibrasi akan membantu sebuah alat ukur dalam mencapai tingkat standar keakuratan. Dengan prosedur ini pula bar gauge akan terjaga kualitas dan hasil pengukurannya.

Selain itu dengan mengkalibrasi bar gauge, bermanfaat dalam menjaga keamanan dan keselamatan pekerja industri serta produk hasil produksi.

Cara Kalibrasi Bar Gauge

Sebuah prosedur pasti memiliki cara-cara tersendiri dalam mencapai tujuannya. Begitu pula dalam prosedur kalibrasi terdapat beberapa cara-cara yang harus dilaksanakan dalam proses kalibrasi diantaranya sebagai berikut: 

  1. Mempersiapkan Peralatan Kalibrasi
    Persiapkanlah alat ukur dan bahan ukur untuk proses kalibrasi. Pastikan kondisi alat dalam keadaan baik dan layak pakai. Karena prosedur kalibrasi memiliki fungsi utama menguji bukan memperbaiki. 
  2. Pelaksana Kalibrasi yang Berpengalaman
    Cara selanjutnya adalah memilih pelaksana yang berkompeten di bidang kalibrasi. Seorang Pelaksana kalibrasi harus memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi atau minimal telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi. 
  3. Mengecek Lingkungan Kalibrasi
    Sebelum prosedur kalibrasi dilakukan pastikan kondisi lingkungan kalibrasi bersih tidak ditemukan kondisi yang dapat mempengaruhi pengujian kalibrasi bar gauge. Hal ini karena kondisi lingkungan yang kurang baik dapat menjadi faktor kesalahan kalibrasi.
  4. Menyiapkan metode kalibrasi dan rentang ukur Bar Gauge
    Dalam menyiapkan metode gunakanlah metode kalibrasi yang sesuai dengan kalibrasi bar gauge yaitu JIS B 7506:2006. Dari metode ini yang digunakan pelaksana juga harus memperhatikan rentang ukur. Untuk rentang ukur kalibrasi bar gauge adalah 25mm ~ 50mm
  5. Menjalankan Proses Kalibrasi Bar Gauge
    Cara selanjutnya tahap pelaksanaan kalibrasi yang terbagi dalam beberapa langkah-langkah. Pastikanlah dalam menjalankan prosedur kalibrasi telah menunjukkan indikasi kesesuaian dengan yang diinginkan berdasarkan standar yang berlaku. Langkah-langkah dalam pelaksanaan kalibrasi sebagai berikut :
    – Mengamati objek ukur agar dapat mengetahui keadaan fungsi alat tersebut
    – Mengatur ulang alat ukur dan memastikan alat telah bersih untuk diuji.
    – Amati kembali alat ukur dengan melihat kewajaran dari hasil pengukuran.
    – Mencatat hasil pengujian yang diperoleh 
  6. Melakukan Perhitungan Hasil
    Apabila hasil kalibrasi telah telah diperoleh dan dipastikan kebenarannya, cara berikutnya adalah perhitungan. Tahap ini harus dilakukan dengan teliti agar menghasilkan perhitungan yang akurat. 
  7. Evaluasi kalibrasi dan Membuat Laporan
    Tahapan yang paling akhir dilakukan adalah melakukan evaluasi pada hasil kalibrasi yang diperoleh untuk memastikan kembali pengujian yang dilakukan telah sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku. Berikutnya lakukanlah penyusunan laporan dari hasil prosedur kalibrasi bar gauge. Laporan kalibrasi bar gauge yang telah lulus pemeriksaan akan disahkan oleh penanggung jawab kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Bar Gauge

Parameter atau tolak ukur keberhasilan kalibrasi bar gauge dilihat dari tingkat akurasi yang semakin baik dan konsisten selama masa kalibrasi teratur dilakukan. Keluarnya sertifikat kalibrasi yang berisi informasi hasil kalibrasi menjadi akhir dari proses kalibrasi bar gauge.

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan mengenai kalibrasi bar gauge yang sering digunakan dalam kegiatan industri manufaktur. Oleh karenanya bar gauge penting dilakukan kalibrasi secara rutin untuk memastikan kebenaran pengukuran dan akurasi alat ukur tersebut. 

Untuk itu lakukanlah prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi telah terakreditasi dan terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi bar gauge