4 Alasan Melakukan Kalibrasi Alat Kesehatan di Rumah Sakit

kalibrasi alat kesehatan di rumah sakit

Kalibrasi memang perlu diperlukan untuk berbagai jenis alat ukur maupun alat kesehatan. Ya pernyataan ini mungkin sering didengar oleh orang yang berkecimpung di bidang industri maupun kesehatan. Maka dari itu kalibrasi alat kesehatan di rumah sakit juga menjadi salah satu hal yang penting dilakukan.

Kalibrasi adalah proses dimana alat ukur atau alat kesehatan ini dicek dan diverifikasi seberapa besar terjadinya penyimpangan dari hasil ukur alat yang dikalibrasi dengan cara membandingkannya dengan alat ukur yang memiliki standar yang berlaku. Hal ini juga sering digunakan untuk menjaga alat ukur ini agar terus memiliki tingkat akurasi yang sesuai dengan standar awalnya.

Dalam ISO/IEC guide 17025 adalah kegiatan yang digunakan untuk menghubungkan antara nilai yang ditunjukan pada alat ukur atau sistem pengukuran dengan nilai-nilai yang sudah ditentukan baik pada alat ukur dengan besaran ataupun kondisi tertentu.

Kalibrasi ini juga bisa diartikan sebagai kegiatan dalam menentukan kebenaran konvensional pada sebuah nilai alat ukur atau bahan ukur dengan cara membandingkannya dengan standar ukur yang sudah tertelusur ke standar nasional ataupun dengan standar internasional.

Kalibrasi juga mencakup peralatan kesehatan yang sering digunakan pada laboratorium ataupun rumah sakit. Kalibrasi juga penting pada alat-alat kesehatan untuk dapat mendeteksi dan memperbaiki ketidakpastian pada saat pengukuran dan  dapat diterima.

Kalibrasi alat kesehatan yang benar akan dapat meningkatkan keakurasiannya yang mana akan mempengaruhi terhadap proses diagnostik serta berpengaruh terhadap nyawa pasien. Adapun 4 alasan mengapa kalibrasi alat kesehatan di rumah sakit perlu dilakukan.

Kalibrasi Alat Kesehatan di Rumah Sakit Menjaga Keakuratan Pemeriksaan

Sesuai dengan Permenkes No 363/Menkes/PER/IV/1998 tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan pada sarana Pelayanan Kesehatan, alat kesehatan wajib dilakukan pengujian dan atau kalibrasi untuk menjamin nilai keluaran serta kinerja serta keselamatan pemakaian.

Hal ini tentu akan menjadikan alat kesehatan penting dalam menjaga hasil pemeriksaaan pasien tetap dalam keadaan akurat. Sehingga jika terjadi penyimpangan pun tidak terlalu jauh dari acuan alat kesehatan yang berstandar yang lebih tinggi.

Meningkatkan Kecepatan Pemeriksaan Pasien

Dengan kalibrasi akan dapat meningkatkan kecepatan alat kesehatan dalam memeriksa pasien. Hal ini dikarenakan kalibrasi dapat memastikan dan penjaminan hasil pengukuran atau pemeriksaan menggunakan alat kesehatan sudah lebih akurat dan konsisten dengan peralatan lainnya.

Meningkatkan Kualitas “Patient Safety”

Secara langsung alat kesehatan yang dikalibrasi akan diketahui seberapa jauh penyimpangan hasil pengukurannya dan akan dilakukan perbaikan agar menyesuaikan dengan alat kesehatan dengan standar nasional ataupun internasional. Dengan begitu alat kesehatan ini akan lebih akurat dalam mendiagnosis pasien dengan lebih akurat dan lebih efisien.

Menjaga Kualitas Penanganan Rumah Sakit

Peralatan kesehatan pasti akan mengalami ketidakakuratan yang mana akan menyebabkan penurunan pengukuran sehingga menimbulkan hasil pengukuran yang tidak benar ataupun memberikan informasi yang tidak benar. Maka dengan kalibrasi akan menjaga kualitas penanganan rumah sakit yang lebih baik terhadap pasien.

konsultasi jasa kalibrasi