Blood Gas Analyzer: Fungsi, Spesifikasi dan Cara Menggunakan

blood gas analyzer

Sektor kesehatan adalah pilar utama bagi keberlanjutan hidup yang terjamin. Maka dari itu perkembangan alat medis suatu keharusan. Seperti penggunaan alat bantu Blood Gas Analyzer sebagai alat analisa gas pada darah ini.

Dengan adanya perkembangan perangkat berkemampuan tinggi tersebutlah yang membuat Anda juga tidak boleh sembarangan menggunakan Blood Gas Analyzer dalam prakteknya pada pasien. Maka dari itu dalam artikel ini anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai perangkat analisa darah ini secara lebih lengkap.

Apa Itu Blood Gas Analyzer

Blood Gas Analyzer merupakan sebuah sistem perangkat untuk pemeriksaan yang penting bagi penderita sakit kritis. Dilengkapi dengan komponen yang dapat mengukur kondisi gas pada darah dan memberikan analisa hasil yang akurat, membuatnya sangat dibutuhkan oleh tenaga medis untuk membantu kinerja lebih efisien lagi. 

Fungsi Blood Gas Analyzer

Fungsi Blood Gas Analyzer pada umumnya adalah membantu diagnosa dan pengobatan melalui analisa darah yang akurat pada pasien. Bagi penderita penyakit paru-paru, Blood Gas Analyzer memiliki fungsi sebagai pemeriksa pertukaran gas pada darah. 

Fungsi khususnya inilah yang nantinya dapat membantu penanganan lebih cepat jika sewaktu-waktu pasien mengalami kritis, sehingga pengobatan pun dapat berjalan secara maksimal seperti pada artikel ini : Fungsi Blood Gas Analyzer

Tujuan Digunakannya Blood Gas Analyzer

Pemeriksaan penting seperti mengetahui dan mengevaluasi pertukaran Oksigen dan Karbondioksida pada darah adalah tujuan dari penggunaan Blood Gas Analyzer ini. Selain itu status asam-basa pada saluran arteri juga dapat diketahui dengan hasil yang akurat. 

Sehingga beberapa penyakit yang menghambat pertukaran gas di paru-paru dapat berjalan dengan semestinya. Jenis-jenis penyakit tersebut diantaranya adalah asma, pulmonari obstruktif kronik, dan emboli. 

Spesifikasi Umum Blood Gas Analyzer

Dengan kemampuannya yang luar biasa pada sektor kesehatan. Para tenaga medis sebagai pengguna perangkat Blood Gas Analyzer juga wajib mengetahui komponen yang bekerja dalam perangkat tersebut agar penggunaan dapat lebih maksimal lagi.

Blood Gas Analyzer dilengkapi  oleh sampel volume pada cartridge mencapai 100 ml. Proses pengambilan sampel dan analisa tersebut tentunya dapat dilakukan secara real-time, sembari Anda memantau hasil yang diberikan pada display dengan .3 IPS Touch screen yang jernih. Selain itu, akses yang mudah dengan konektor tipe c membuat pengguna lebih praktis menggunakannya. Tentu dengan adanya komponen yang tersusun di dalam perangkat, harga yang dipatok juga menyesuaikan dengan kemampuannya. Berikut adalah Harga Resmi Blood Gas Analyzer di pasaran.

Baca Juga : Spesifikasi Blood Gas Analyzer secara lengkap

Cara Menggunakan Blood Gas Analyzer

Komponen-komponen yang tersusun di dalam perangkat Blood Gas Analyzer memiliki fungsi yang luar biasa jika anda menggunakannya dengan cara yang tepat. Maka dari itu, berikut adalah 3 langkah praktis untuk menggunakan Blood Gas Analyzer yang dapat Anda ikuti.

Masukan sampel darah ke cartridge

Mulailah untuk mengambil sampel darah pasien ke dalam cartridge untuk proses analisa menggunakan Blood Gas Analyzer.

Masukan cartridge ke alat blood gas analyzer

Setelah Anda mengambil sampel pasien, kemudian masukkan cartridge yang telah berisi sampel tersebut ke dalam Blood Gas Analyzer. Di langkah kedua ini Anda akan melihat secara real time proses pengecekan yang berlangsung.

Hasil langsung tampil di display alat

Setelah memasukkan sampel pada perangkat Blood Gas Analyzer , maka hasil analisa akan ditampilkan langsung pada monitor. Dengan hasil tersebutlah Anda sebagai tenaga medis akan melakukan tindakan lebih lanjut untuk proses pengobatan.

Namun tetap penting untuk diingat bahwa Blood Gas Analyzer juga memerlukan perawatan setelah digunakan pada prakteknya. Seperti misalnya dengan melakukan kalibrasi pada alat. Yuk, segera lakukan kalibrasi perangkat Anda sekarang untuk memastikan hasil yang akurat dan konsisten! Temukan langkah-langkahnya dalam artikel ini : Cara Melakukan Kalibrasi pada Blood Gas Analyzer.

Kesimpulan

Blood Gas Analyzer adalah perangkat bantu medis yang sangat berguna untuk memastikan proses pertukaran gas pada darah berjalan dengan maksimal bagi pasien penderita khususnya penyakit paru-paru. Dengan manfaat dan pengaruhnya bagi dunia kesehatan pada saat ini dan masa mendatang, investasi perangkat medis ini adalah salah satu keuntungan yang membuat proses pemeriksaan pasien lebih efisien lagi.