Penentuan Waktu Kalibrasi, 1 Tahun Sekali Apakah Cukup?

waktu kalibrasi

Waktu kalibrasi merupakan hal yang mungkin banyak dipertanyakan oleh banyak orang yang terbiasa bekerja menggunakan alat ukur ataupun sistem ukur tertentu. Ya dalam dunia industri penggunaan alat ukur memang sudah menjadi hal yang biasa sehingga memiliki peran yang sangat penting dalam hal produktivitas industri tersebut.

Perlu diketahui bahwa setiap alat ukur memang membutuhkan kalibrasi untuk menjaga agar hasil pengukuran tetap akurat dan andal setiap saat. Namun banyak yang tidak mengetahui kapan waktu kalibrasi yang tepat dikarenakan waktu yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung dari jenis alat ukur, frekuensi pemakaian, stabilitas, kondisi pemakaian, dan batas kesalahan yang ada hubungannya dengan akurasi alat.

3 Pilihan Waktu Kalibrasi

Adapun pilihan waktu kalibrasi berdasarkan interval atau selang waktu kalibrasinya yakni berdasarkan waktu kalender, waktu pemakaian, dan kombinasi keduanya, berikut penjelasan lengkapnya:

Dinyatakan dalam waktu kalender

Waktu kalibrasi bisa ditentukan menurut waktu didalam kalender. Sebagai contoh kita ambil waktu setiap 6 bulan sekali, ataupun 1 tahun sekali, dan seterusnya. 

Dinyatakan dalam waktu pemakaian

Dalam waktu pemakaian, kalibrasi bisa dilakukan sesuai dengan berapa lama alat ukur atau sistem ukur tersebut dipakai. Misalnya alat ukur bisa dikalibrasi setiap 1000 jam pakai, atau 5000 jam pakai, dan seterusnya.

Kombinasi keduanya

Kombinasi dari waktu kalender dan waktu pemakaian bisa menjadi waktu yang pas untuk melakukan kalibrasi. Misalnya pada bulan ke 6 atau 1000 jam waktu pakai, dari kedua parameter ini mana yang lebih dulu tercapai maka itulah yang digunakan sebagai acuan kalibrasi.

Lalu Apakah Waktu Kalibrasi 1 Tahun Sekali Cukup?

Untuk menjawab apakah waktu kalibrasi 1 tahun sekali saja sudah cukup atau tidak. Semuanya kembali ke pemilik alat ukur tersebut, karena setiap pemilik bertanggung jawab terhadap alat ukur mereka sendiri. 

Namun begitu penyedia jasa kalibrasi atau laboratorium terkait bisa memberikan rekomendasi terhadap interval kalibrasi pada suatu alat untuk mengkalibrasi setiap 1 tahun sekali. Namun begitu masih harus tetap menggunakan dasar ilmiah yang pasti.

Dan juga setiap pabrikan alat ukur juga dapat memberikan rekomendasi kalibrasi terhadap produknya sesuai dengan umur pakai alat tersebut untuk menentukan interval kalibrasi tersebut.

Dalam perkembangan mengenai peraturan kalibrasi, ISO juga mempertimbangkan waktu interval kalibrasi yang dijadikan aturan yang tetap. Adapun aturan bahwa setiap laboratorium tidak boleh sewenang-wenang untuk memberikan penilaian terhadap waktu kalibrasinya. Karena tidak sedikit ada kasus bahwa laboratorium mempercepat interval kalibrasi untuk urusan komersial dan ini tentu akan merugikan konsumennya.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikian ulasan kita kali ini tentang waktu kalibrasi yang tepat yang mungkin bisa menjadi referensi dan pengetahuan Anda. kesimpulan yang bisa kita ambil dari bahasan diatas adalah waktu yang tepat untuk kalibrasi adalah tergantung dari pemilik alat ukur sendiri namun juga bisa menggunakan waktu kalender, waktu pemakaian, ataupun kombinasi antara waktu kalender dan waktu pemakaiannya sekaligus tinggal mana dulu yang mencapai batasnya. Semoga membantu!.