Uji Lugol : Pengertian, Prinsip, dan Cara Kerjanya!

uji lugol

Iodine Lugol, atau yang dikenal juga sebagai larutan lugol, yodium cair, atau simply “lugol”, adalah larutan yang mengandung kalium iodida dan iodin dalam air. Berbeda dengan Betadine (povidone iodine) yang tidak boleh diminum, Lugol diformulasikan khusus untuk konsumsi oral (terapi oral). Uji lugol adalah salah satu hal yang harus Anda ketahui secara lengkap di sini.

Lugol ini adalah salah satu yang sangat penting dalam dunia farmasi dan juga industri makanan dan minuman. Jadi bagi Anda yang ada di dalam bidang farmasi, wajib mengerti tentang uji iodium ini.

Pengertian Uji Lugol

Pertama mari bahas tentang uji lugol itu seperti apa. Uji Lugol, juga dikenal sebagai uji iodin atau uji iodium, merupakan sebuah metode kimia yang digunakan untuk mendeteksi keberadaan pati (polisakarida) dalam suatu sampel. 

Proses ini memanfaatkan larutan Lugol, yang terdiri dari campuran iodin (I2) dan kalium iodida (KI), sehingga menghasilkan warna spesifik ketika terjadi reaksi dengan pati.

Perlu Anda ketahui, fungsi lugol dalam uji makanan adalah sebagai reagen untuk mendeteksi keberadaan karbohidrat, khususnya pati. Uji ini didasarkan pada reaksi antara yodium dalam larutan Lugol dengan polisakarida (pati) yang menghasilkan warna biru kehitaman.

Reaksi Iodin Dalam Uji Karbohidrat Dengan Lugol

Ketika amilum atau pati bereaksi dengan iodium, hasilnya adalah warna biru yang khas. Di sisi lain, dekstrin akan menghasilkan warna merah anggur saat terkena iodium. Sementara itu, glikogen dan sebagian pati yang telah terhidrolisis akan membentuk warna cokelat ketika bereaksi dengan iodium.

Pentingnya pemahaman tentang perubahan warna dalam reaksi uji iodium dan juga reaksi uji iodin ini terletak pada kemampuannya untuk membedakan berbagai jenis karbohidrat dalam sampel. 

Dengan pengamatan yang teliti terhadap perubahan warna yang dihasilkan, peneliti dan ahli laboratorium dapat mengidentifikasi dan mengklasifikasikan karbohidrat berdasarkan sifat-sifat reaksi mereka dengan iodium. Informasi ini dapat memberikan wawasan yang berharga dalam analisis karbohidrat dalam berbagai aplikasi, mulai dari industri makanan hingga penelitian biokimia.

Pengaplikasian Uji Lugol Dalam Industri

Apakah Anda sudah tahu tentang apa saja pengaplikasian dari uji lugol ini? Pada dasarnya, ada dua industri yang biasanya akan melaksanakan uji lugol, yaitu industri makanan dan juga dalam bidang biokimia atau pada industri farmasi. Berikut adalah penjelasan masing-masing:

Industri makanan menggunakan uji Lugol untuk memeriksa keberadaan pati dalam bahan baku dan produk makanan seperti tepung, nasi, dan kentang. Selain itu, uji karbohidrat dengan Lugol juga digunakan untuk mengontrol kualitas produk makanan yang mengandung pati.

Dalam bidang biokimia, uji iodin karbohidrat digunakan untuk menganalisis komposisi karbohidrat dalam sampel biologis seperti tumbuhan dan jaringan hewan. Penggunaan uji karbohidrat dengan iodin pada industri biokimia ini juga berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang metabolisme karbohidrat dalam berbagai organisme.

Cara Kerja Uji Lugol

Terakhir tentang informasi uji Lugol, adaah bagaimana cara kerjanya. Sebenarnya secara singkat dari cara kerja uji Lugol adalah sebagai berikut:

  • 3 tetes larutan uji dimasukkan ke dalam tabung reaksi 
  • Ditambahkan 2 tetes larutan iodium 
  • Pengamatan perubahan warna yang terjadi

Temukan Jasa Uji Lugol Terbaik disini!

Jadi, apakah Anda memang sudah mengerti tentang bagaimana jasa uji Lugol ini bekerja, pentingnya, dan juga industri apa yang bisa saja harus melaksanakan pengujian ini? Jika memang Anda membutuhkan jasa uji Lugol terbaik, Anda bisa mempercayakannya saja kepada Kalibrasi.com yang merupakan jasa uji terbaik dengan sudah mendapatkan akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Kalibrasi.com sudah memiliki pelaksana pengujian bersertifikat dan juga berpengalaman, jadi tidak akan ragu lagi Anda jika mempercayakan uji Lugol kepadanya.

Anda bisa mengisi form yang ada di bawah ini untuk mendapatkan jasa uji Lugol terbaik dan juga dengan biaya yang sangat kompetitif dari Kalibrasi.com!

Kesimpulan

Uji Lugol merupakan metode yang mudah dan bermanfaat untuk mendeteksi keberadaan pati dalam berbagai jenis makanan dan juga produk biokimia. Uji ini memiliki aplikasi penting dalam berbagai bidang, termasuk identifikasi karbohidrat, penilaian kualitas pangan, dan pendidikan sains.