Fungsi dan Jenis Uji Keseragaman Sediaan. Pahami Selengkapnya!

uji keseragaman sediaan

Uji sediaan adalah salah satu hal yang sangat penting untuk memastikan obat dalam bentuk tablet harus dalam sediaan yang kandungannya sesuai dengan standar. Pengujian ini harus dipahami setiap produsen dalam ruang lingkup farmasi karena merupakan salah satu pengujian yang diwajibkan demi mendapatkan izin edar tablet.

Jika Anda masih bingung tentang uji keseragaman sediaan, di sini akan dijelaskan dari pengertiannya, beragam fungsinya, dan juga berbagai jenis uji keseragaman sediaan.

Apa itu Uji Keseragaman Sediaan?

Pertama, mari bahas tentang apa itu uji keseragaman sediaan. Uji keseragaman sediaan sangat penting untuk memastikan konsistensi kandungan zat aktif dalam suatu sediaan. Setiap tablet dalam sediaan harus memiliki kandungan yang seragam dan sesuai dengan standar yang tercantum pada etiket. Hal ini dilakukan untuk menjamin bahwa mutu keseragaman sediaan terpenuhi, sehingga bobot dan kandungan zat aktif dalam setiap tablet konsisten dengan informasi yang diberikan. 

Keseragaman ini sangat penting untuk memastikan bahwa pasien menerima dosis yang tepat setiap kali mereka mengonsumsi obat, yang pada akhirnya melindungi mereka dari potensi bahaya akibat ketidaksesuaian dosis.

Fungsi Uji Keseragaman Sediaan

Setiap obat yang telah diproduksi di industri farmasi harus memiliki jaminan mutu keseragaman sediaan. Sediaan yang digunakan adalah bentuk sediaan dengan dosis tunggal. Keseragaman sediaan merujuk pada tingkat keseragaman jumlah zat aktif dalam setiap satuan sediaan. 

Uji keseragaman sediaan ini biasanya dilakukan di bagian industri, kontrol kualitas, dan penerimaan, sehingga para profesional yang bekerja di bidang ini perlu memahami berbagai uji tersebut.

Macam-macam Uji Keseragaman Sediaan

Dalam uji keseragaman sediaan, perlu Anda ketahui bahwa ada berbagai macam hal yang bisa dilakukan, contohnya saja uji keseragaman bobot yang memastikan obat yang masuk ke dalam tubuh ini sesuai dengan dosis yang aman.

Lebih lengkapnya untuk macam-macam uji keseragaman sediaan ada di bawah ini:

Uji Keseragaman Bobot

Uji keseragaman bobot dilakukan untuk memastikan dosis obat yang masuk ke dalam tubuh seragam, sehingga setiap tablet mengandung dosis yang sama, yang penting untuk keamanan dan efektivitas terapi. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan neraca analitik untuk mengukur bobot setiap tablet secara akurat, memastikan keseragaman dalam produksi.

Uji Keseragaman Kandungan 

Uji keseragaman kandungan diwajibkan untuk semua bentuk sediaan yang tidak memenuhi kondisi uji keseragaman bobot. Jika uji keseragaman kandungan diperlukan, industri farmasi dapat memenuhinya dengan melakukan uji keseragaman bobot, asalkan simpangan baku relatif (SBR) dari kadar zat aktif dalam sediaan akhir tidak lebih dari 2%. Hal ini memastikan bahwa setiap unit sediaan mengandung jumlah zat aktif yang konsisten.

Uji Keseragaman Ukuran

Uji keseragaman ukuran digunakan untuk mengevaluasi akurasi ukuran antar tablet dalam suatu batch. Pengujian ini dilakukan dengan mengambil 10 tablet secara acak dari formulasi optimal dan mengukur dimensinya. Tujuan dari uji ini adalah untuk memastikan bahwa semua tablet memiliki ukuran yang seragam, yang penting untuk kemudahan penggunaan dan konsistensi dalam dosis.

Kesimpulan

Uji keseragaman sediaan menjadi hal yang sangat penting dalam pengujian tablet. Fungsinya yang memang mementingkan kualitas, keamanan, dan juga demi pemenuhan regulasi menjadikan setiap industri yang bergerak di dalam bidang farmasi harus memahaminya dan melaksanakannya pada tablet yang dibuatnya.