Pentingnya Uji Kebocoran Wadah Sediaan! Ini Alasannya

uji kebocoran wadah sediaan

Uji kebocoran wadah sediaan perlu dilakukan oleh para pelaku industri kesehatan untuk memastikan wadah sediaan memiliki ketahanan terhadap kebocoran yang bisa saja terjadi.

Kebocoran pada wadah sediaan yang terjadi ini, tentunya menjadi bahaya fatal bagi penggunaannya secara maksimal. Maka dari itu pengujian kebocoran wadah sediaan ini perlu dilakukan. 

Selain itu, berbagai alasan penting uji kebocoran wadah sediaan bisa Anda ketahui secara lengkap pada bagian di bawah ini.

Pentingnya Uji Kebocoran Wadah Sediaan

Uji kebocoran wadah sediaan menjadi langkah yang penting dilakukan oleh para pelaku industri kesehatan sebagai indikator pengujian yang memastikan wadah sediaan memiliki daya tahan kebocoran jangka panjang. 

Proses pengujian ini memastikan wadah sediaan dapat bertahan mulai dari proses produksi, distribusi, hingga pemakaian dalam prakteknya secara langsung.

Alat yang Digunakan Uji Kebocoran Wadah Sediaan

Pengujian ini bisa diterapkan pada berbagai alat-alat untuk mengetahui kebocoran yang terjadi. Berbagai alat-alat yang diuji tersebut meliputi.

  •  Alat Deteksi tekanan
  •  Mesin Vakum
  •  Alat Deteksi Helium
  •  Alat Kebocoran Bawah Air
  •  Alat Deteksi Ultrasonik
  •  Alat Deteksi Dye Penetrant

Baca Juga : Pentingnya Lakukan Uji Kebocoran Kemasan Primer

Manfaat dari Melakukan Uji Kebocoran Wadah Sediaan

Para pelaku industri dapat memperoleh berbagai manfaat yang bisa dirasakan secara langsung ketika melakukan uji kebocoran wadah sediaan pada industri mereka. Salah satunya adalah memberikan verifikasi dan kepastian terhadap daya tahan alat-alat selama proses distribusi hingga proses pemakaian pada para penggunanya secara profesional.

Sehingga pengujian ini dapat membantu untuk mencegah kerugian yang bisa saja terjadi secara finansial akibat produk yang rusak dan cacat. Para pelaku industri un akhirnya bisa menghemat biaya produksi.

Selain itu, melakukan uji kebocoran wadah sediaan juga memiliki peran penting sebagai pemenuhan kebutuhan regulasi yang berlaku untuk mengatur tingkat keamanan penggunaan alat.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Uji Kebocoran 

Uji kebocoran yang dilakukan dapat memberikan hasil yang akurat jika Anda memperhatikan berbagai faktor yang berpengaruh terhadap pengujian di bawah ini.

Jenis Bahan Wadah

Bahan yang dipakai pada alat, mempengaruhi hasil uji terhadap ketahanan kebocoran. Misalnya alat berbahan dasar plastik dan metal, tentunya memiliki rentang ketahanan dan resiko yang berbeda pula.

Kondisi Penyimpanan

Penyimpanan yang dilakukan pasca produksi dilakukan, sangat berpengaruh pada hasil akhir produk tersebut. Terkadang kondisi penyimpanan yang kurang baik ini juga berdampak pada kondensasi yang menjadikan wadah sediaan semakin rentan terhadap kebocoran.

Teknik Pengujian

Memilih teknik yang tepat untuk melakukan pengujian kebocoran wadah sediaan tentunya menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Namun jika Anda merasa sulit menentukan teknik yang tepat. Anda bisa mendapat bantuan para ahli dengan menyewa jasa uji kebocoran wadah sediaan yang terpercaya.

Desain Wadah

Bentuk yang dirancang pada sebuah alat terkadang memiliki berbagai keuntungan dan kelebihan sendiri, khususnya bagi ketahanan kebocoran. Hal inilah yang perlu diperhatikan pada saat pengujian dilakukan.

Kualitas Produksi Wadah

Produk pada wadah sediaan perlu dipantau secara berkala, sebab kualitas produksi wadah yang kurang baik akan berpengaruh pada kualitas dan ketahanan wadah pada berbagai kondisi yang bisa saja terjadi.

Usia Wadah 

Lamanya usia wadah bisa menjadi faktor kebocoran, maka dari itu memperhatikan faktor usia produksi wadah perlu dilakukan untuk memberikan hasil pengujian yang akurat dan kredibel.

Jasa Uji Kebocoran Wadah Sediaan Terbaik

Berbagai informasi penting mengenai uji kebocoran wadah sediaan ini bisa Anda wujudkan dengan menggunakan jasa pengujian yang terpercaya seperti di kalibrasi.com.

Selain hanya memberikan pengujian terpercaya, segala metode pengujian di kalibrasi.com ini telah terjamin oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN). Sehingga banyak orang saat ini menjadikan kalibrasi.com sebagai pilihan praktis dan terpercaya untuk melakukan pengujian kebocoran wadah sediaan.

Kesimpulan 

Jasa uji kebocoran wadah sediaan merupakan hal penting untuk selalu memastikan kualitas wadah sediaan tetap sesuai dengan standar keamanan yang berlaku. Selain itu berbagai manfaat dan keuntungan juga bisa Anda rasakan setelah melakukan pengujian dengan tepat.

Namun, tentunya pengujian kebocoran ini harus dilakukan oleh para ahli yang berkompeten seperti di kalibrasi.com. Penyedia jasa uji kebocoran wadah sediaan ini sekarang menjadi pilihan para pelaku industri untuk melakukan pengujian dengan praktis dan efektif.