Penting! Uji Gluten akan Memberikan Manfaat Berikut Ini

uji gluten

Salah satu pengujian yang dibutuhkan oleh industri yaitu uji gluten, dimana pengujian ini akan melakukan analisa pada sampel untuk mendeteksi kadar gluten yang terkandung. Uji gluten sangat penting untuk industri terutama industri makanan dalam memastikan produk tertentu sudah bebas gluten.

Saat ini uji gluten sudah diterapkan di berbagai bidang selain industri makanan. Baru-baru ini pula uji gluten yang ada digunakan untuk memverifikasi kandungan gluten pada produk industri. Berbicara soal uji gluten, mari simak pentingnya pengujian gluten serta manfaat selengkapnya!

Pentingnya Melakukan Uji Gluten

Terdapat sejumlah individu yang sensitif terhadap gluten dan karenanya industri berusaha memenuhi kebutuhan individu dengan menyediakan produk bebas gluten. Namun, meski produk tidak dicampur dengan bahan makanan yang mengandung gluten, penggunaan alat selama produksi memungkinkan gluten tetap ditemukan.

Melihat permasalahan itu, uji gluten pada laboratorium masuk ke dalam kategori sangat penting. Itu dikarenakan dengan melakukan pengujian, sampel produk akan di tes dan diperiksa jumlah gluten yang terkandung, sehingga produsen dapat memastikan apakah benar produk sudah bebas gluten.

Selain untuk memastikan tidak ada kandungan gluten, uji gluten juga penting dilakukan agar produk bisa mendapat sertifikasi resmi yang menyatakan bahwa produk bebas gluten.

Manfaat Melakukan Uji Gluten

Dari penjelasan di atas, uji gluten berperan penting untuk memastikan produk terbebas dari berbagai kandungan gluten. Setelah memahami pemaparan terkait uji gluten dan peran pentingnya, Anda juga perlu mengetahui manfaat dari dilakukannya uji gluten. Secara umum pengujian gluten bermanfaat untuk:

  • Menjaga Keamanan Konsumen
  •  Mengikuti Kepatuhan Terhadap Regulasi
  •  Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
  •  Mencegah Terjadinya Kontaminasi Silang
  •  Menjaga Kualitas Produk

Siapa yang Harus Melakukan Uji Gluten?

Pada dasarnya, uji gluten harus dilakukan pada produk yang diklaim bebas gluten. Namun, jenis produk ini bisa beragam, mulai dari makanan atau minuman kemasan dan sebagainya. Untuk memperjelas siapa saja yang harus melakukan uji gluten, simak penjabarannya berikut ini.

Produsen Makanan

Produsen makanan adalah entitas utama yang perlu melakukan uji gluten terlebih bila memiliki produk yang diklaim tidak mengandung gluten. Produsen harus melakukan uji gluten secara rutin untuk memastikan penggunaan bahan baku, proses produksi, hingga di produk akhir tidak ditemukan kandungan gluten. Produsen makanan yang dimaksud tidak sebatas pabrik makanan saja, melainkan juga produsen makanan olahan serta produsen makanan siap saji.

Pengecer dan Supermarket

Uji gluten sebaiknya juga dilakukan oleh pengecer atau toko yang menjual produk bebas gluten. Umumnya produk bebas gluten memiliki label khusus atau ditempatkan pada area yang telah disediakan. Toko-toko tersebut bisa memastikan pemasok sudah menjalani uji gluten sesuai aturan atau melakukan pengujian sendiri.

Restoran dan Katering

Pada menu makanan bebas gluten yang diolah dan disajikan oleh restoran maupun katering harus melalui uji gluten. Selain menguji bahan baku, pihak restoran juga perlu memastikan proses memasaknya agar tidak terjadi kontaminasi silang. Tindakan ini dilakukan dengan tujuan agar pelaku bisnis dapat menjaga kepercayaan dan melindungi konsumen dari resiko kesehatan.

Distributor dan Importir

Tanggung jawab untuk melakukan uji gluten tidak hanya dilakukan oleh pihak pertama yang memproduksi, namun pihak kedua atau distributor juga diharuskan melakukan uji gluten. Hal ini dapat mencegah produk yang terkontaminasi gluten untuk masuk ke pasaran. 

Lab Pengujian

Produsen pengecer biasanya menggunakan jasa pengujian dari laboratorium untuk melakukan uji gluten. Tetapi, lab pengujian yang menyediakan uji gluten harus memiliki keterampilan pengujian sesuai syarat dan standar yang ditetapkan dan sudah berpengalaman.

Produsen Bahan Makanan

Sebelum suatu produk makanan menjadi produk akhir yang siap dikonsumsi, pembuatannya membutuhkan bahan makanan. Produsen yang menyuplai bahan makanan bebas gluten wajib melakukan uji gluten pada bahan tertentu seperti tepung bebas gluten. Sehingga bahan baku yang dijual sudah terbebas dari kontaminasi gluten.

Kesimpulan

Pada industri makanan, restoran, hingga distributor sangat memerlukan peran uji gluten yang merupakan pengujian laboratorium untuk mendeteksi jumlah gluten di suatu produk. Peran penting dari uji gluten sangat dibutuhkan untuk menjaga keamanan konsumen, menjaga kualitas produk, mengidentifikasi kontaminasi gluten, dan sebagainya.