4 Tujuan Kalibrasi Alat Ukur Perlu Kalian Ketahui

tujuan kalibrasi

Alat ukur selalu mengalami yang namanya salah pengukuran jika digunakan secara terus menerus. Itu biasa sekali terjadi karena ini adalah hal yang sangat wajar. Semua alat ukur yang bersifat digital ataupun yang bersifat fisik akan mengalami penurunan performa. Untuk mengembalikan performanya menjadi lebih akurat lagi, yang harus dilakukan adalah dengan mengkalibrasinya di laboratorium kalibrasi yang terpercaya dan terakreditasi.

Kalibrasi memang menjadi salah satu hal yang sangat wajib dilakukan untuk beberapa perusahaan atau beberapa instansi yang berkaitan dengan alat ukur. Misalnya saja alat ukur yang terdapat pada pabrik, atau alat kesehatan yang ada di instansi kesehatan. Semua harus dilakukan kalibrasi. Kalibrasi dilakukan untuk beberapa tujuan kalibrasi alat ukur yang pasti. 

Tujuan Kalibrasi Pertama : Mengetahui Hasil Dari Pengukuran

Kalibrasi untuk alat ukur memastikan bahwa proses kontrol kualitas Anda akurat, dan Anda tidak menerima suku cadang yang harus ditolak.

Tujuan kalibrasi salah satunya agar hasil ukur tetap akurat sesuai standar, hal ini disebabkan karena keakuratan semua alat pengukur menurun seiring waktu. Ini biasanya disebabkan oleh keausan normal. Namun, perubahan akurasi juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik atau mekanis atau lingkungan produksi yang berbahaya (misalnya oli, serpihan logam, dll.).  

Tergantung pada jenis instrumen dan lingkungan tempat instrumen digunakan, instrumen dapat menurun dengan sangat cepat atau dalam jangka waktu yang lama. Intinya adalah bahwa kalibrasi meningkatkan keakuratan alat pengukur. Alat pengukur yang akurat meningkatkan kualitas produk.

Menentukan Deviasi Nilai Pengukuran

Tujuan kalibrasi selanjutnya adalah yang berkaitan dengan nilai deviasi pengukuran adalah sebuah penyimpangan hasil pengukuran. Jika Anda tidak tahu tentang ini, maka yang akan terjadi adalah kesalahan pengukuran yang menyebabkan kesalahan yang cukup fatal. 

Penentuan deviasi ini ditentukan pada nilai yang konvensional. Nilai ini akan didapat dari alat ukur yang sudah ditentukan sebelumnya.

Menjamin Hasil Pengukuran

Alat ukur yang tidak diketahui pasti apakah pengukurannya benar atau tidak itu adalah sebuah permasalahan. Alat ukur yang dikalibrasi secara terus menerus akan menjamin hasil pengukuran yang tepat dan sesuai dengan standar yang berlaku secara internasional dan menjamin tidak adanya kecurangan.

Alat ukur yang sudah pasti pengukurannya tentu saja akan membuat konsumen percaya dengan Anda karena tidak ada manipulasi alat ukur yang dilakukan oleh perusahaan atau instansi Anda.

Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Hasil Pengukuran

Dan yang terakhir tujuan kalibrasi adalah untuk bisa meningkatkan kepercayaan terhadap hasil pengukuran. Semua instrumen listrik dan elektronik yang terus menerus digunakan dari waktu ke waktu. Kondisi lingkungan seperti fluktuasi suhu yang ekstrim, cuaca yang berubah-ubah, kelebihan atau kekurangan kelembapan juga dapat mempengaruhi penyimpangan instrumen. Di sebagian besar instrumen, penggunaan yang lebih besar berarti penyimpangan yang lebih besar.

Dalam instrumen yang membutuhkan akurasi dan presisi ekstrim, kesalahan pengukuran bisa menjadi sangat kritis. Kesalahan pengukuran di luar toleransi yang ditentukan juga menimbulkan bahaya keselamatan. Untuk menghindari ketidakakuratan ini, penting untuk melakukan kalibrasi instrumen secara berkala.

Baca Juga : Sesudah tujuan kalibrasi yang dipahami, ada juga manfaat kalibrasi yang perlu kalian simak baik-baik. Cek penjelasan lengkapnya di sini!

Kalibrasi membantu mengidentifikasi jumlah ketidakpastian pengukuran, yang membantu menganalisis stabilitas instrumen dan konsistensi pengukuran.

konsultasi jasa kalibrasi