SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi, Ini Contohnya

sk penanggung jawab pengelolaan peralatan dan kalibrasi

Dalam melakukan kalibrasi tentu memerlukan orang yang berkompeten dalam melakukan proses kalibrasi tersebut yang mana orang-orang ini biasanya memiliki ilmu dibidang alat pengukuran ataupun alat laboratorium. Maka dari itu untuk menjadi seseorang yang berhak dalam melakukan aktivitas kalibrasi harus memenuhi persyaratan dan wewenang yang sah. Biasanya orang ini ditunjuk oleh badan atau lembaga kalibrasi yang memiliki akreditasi dalam hal kalibrasi alat ukur dan peralatan. 

Adapun suatu yang diberikan kepada orang atau pihak tersebut untuk bisa melakukan kalibrasi berupa sertifikat ataupun SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi. Nah apa itu SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi dan bagaimana contohnya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi

SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi merupakan surat yang digunakan untuk penunjukan kepada orang yang akan ditunjuk sebagai penanggung jawab pengelolaan peralatan serta kalibrasi oleh kepala lembaga ataupun perusahaan.

Yang mana isi surat ini biasanya berisikan penyerahan tanggung jawab tersebut kepada orang yang dipercaya di dalam perusahaan atau lembaga tersebut. Sehingga orang tersebut memiliki kewenangan dalam menggunakan anggaran biaya untuk melakukan berbagai hal yang bersifat pemeliharaan, pengelolaan, dan kalibrasi pada peralatan yang diberikan. 

Fungsi Surat Keputusan atau SK

Fungsi dari surat keputusan sendiri secara umum adalah untuk menentukan atau menetapkan status resmi seseorang dalam sebuah perusahaan. Dalam hal ini orang tersebut akan memegang jabatan sebagai pengelola peralatan dan kalibrasi. Surat ini dibuat oleh pemegang jawaban untuk meresmikan keputusannya sehingga bisa dipertanggung jawabkan di depan hukum.

Penanggungjawaban ini bisa saja diberikan secara lisan, namun dalam lingkup organisasi biasanya penyerahan keputusan ini dituangkan dalam bukti tertulis sehingga secara langsung memiliki kekuatan hukum yang sah. 

Unsur atau Komponen SK

Adapun unsur komponen SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi yang terpenting adalah memiliki:

  1. Konsiderans, yakni awalan surat yang berisi pertimbangan dalam pembuatan SK. Biasanya konsiderans ini memuat undang-undang, peraturan, usulan, serta keputusan terlebih dahulu yang terkait dari maksud surat tersebut.
  2. Desideratum, adalah bagian yang menjelaskan tujuan surat keputusan tersebut, termasuk juga tujuan keputusan tersebut dalam hal ini menyerahkan tanggung jawab kepada seseorang untuk memegang tanggung jawab pengelolaan peralatan dan kalibrasi.
  3. Diktum,  adalah bagian yang menjelaskan dari isi SK yang mana merupakan bagian terpenting dari surat ini.

Contoh SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi

Dalam sebuah surat keputusan penanggung jawab pengelolaan peralatan dan kalibrasi ini memiliki isi dari berbagai komponen mulai dari:

  • Nama lembaga atau institusi.
  • Perihal surat keputusan, hal ini berisi tentang penanggung jawab pengelolaan peralatan dan kalibrasi.
  • Penetapan keputusan, dimana hal ini menetapkan semua isi dari berbagai perihal yang harus dilakukan dan apa saja yang berhak dilakukan oleh orang yang diberikan tanggung jawab. Contoh penetapan keputusan bisa berupa penunjukan jabatan, rentang waktu kalibrasi, menjamin ketersediaan peralatan, pengelolaan peralatan, dan lain sebagainya

Kesimpulan

SK Penanggung Jawab Pengelolaan Peralatan dan Kalibrasi merupakan salah satu cara untuk menunjuk seseorang untuk dapat melakukan berbagai hal untuk melakukan pengelolaan peralatan dan kalibrasi. Sehingga surat keputusan ini berisi berbagai perihal penunjukan dan apa saja tanggung jawab yang harus dilakukan oleh orang yang ditunjuk. Semoga artikel ini membantu!.

konsultasi jasa kalibrasi