Perlukah Memiliki Sertifikat Kalibrasi Flowmeter?

sertifikat kalibrasi flowmeter

Bagi mereka yang sering bersinggungan langsung dengan flowmeter pasti sudah tidak asing dengan kalibrasi alat ukur yang satu ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap alat ukur yang digunakan secara rutin memerlukan prosedur kalibrasi rutin pula.

Begitupun dengan flowmeter. Tapi sebelum itu berbicara mengenai flowmeter, apa sebenarnya flow meter itu? Flowmeter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui besarnya aliran suatu fluida baik cair maupun gas. Alat ukur yang satu ini memiliki banyak model dan jenis. Oleh karenanya pemakaian alat ukur ini disesuaikan dengan tujuan pemasangan flowmeter.

Sama pentingnya seperti alat ukur lainnya, setelah prosedur kalibrasi telah dilaksanakan akan mendapatkan sertifikat kalibrasi alat ukur yang digunakan sebagai bukti bahwa alat ukur telah melakukan kalibrasi. Tetapi seberapa pentingkan sertifikat kalibrasi flowmeter itu? untuk penjelasan lebih lanjutnya, simak rangkumannya berikut ini!

Sertifikat Kalibrasi Flowmeter

Sebagaimana prosedur kalibrasi lainnya, pengujian flow meter perlu dilakukan saat pengukuran dan konfirmasi alat ukur terjadi penyimpangan yang terlalu besar sehingga tidak memenuhi standar alat ukur yang telah disyaratkan. Standar tersebut harus dipenuhi sebagai syarat mendapatkan sertifikat kalibrasi flowmeter 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya bahwa, sertifikat kalibrasi sama dengan dokumen hasil pengukuran kalibrasi. Oleh karenanya untuk menunjukkan keakuratan pengujian, setiap tahapan kalibrasi mempunyai dokumen yang saling berkesinambungan dalam proses kalibrasi. 

Sertifikat kalibrasi flowmeter adalah dokumen yang memvalidasi akurasi pengukuran flowmeter melalui prosedur kalibrasi. Sama halnya seperti sertifikat kalibrasi lainnya yang didalamnya berisi informasi penting tentang kualitas hasil pengukuran kalibrasi alat ukur. Dan untuk flow meter sendiri umumnya melakukan kalibrasi dalam rentang waktu 2 tahun sesuai dengan sertifikat kalibrasi yang dikeluarkan.

Mengapa Harus Memiliki Sertifikat Kalibrasi?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya sertifikat kalibrasi berfungsi sebagai jaminan kualitas dari produk yang dihasilkan kegiatan industri. Sertifikat kalibrasi tidak hanya sebagai bukti kalibrasi untuk menyatakan bahwa alat ukur yang dioperasikan legal dan memiliki sertifikasi yang relevan. 

Informasi dalam sertifikat kalibrasi berguna untuk melihat bagaimana hubungan antara standar alat ukur dengan alat ukur flow meter yang dikalibrasi. Serta seberapa akurat alat ukur flow meter yang dikalibrasi dengan ketidakpastiannya. Selain itu dengan memiliki sertifikasi kalibrasi tersebut cukup dapat menyatakan alat ukur layak dan dipercaya telah menunjukkan hasil pengukuran yang akurat.

Cara Mendapatkan Sertifikat Kalibrasi Flowmeter

Setiap alat ukur yang selesai melakukan pengujian kalibrasi pada laboratorium akan mendapatkan sertifikat kalibrasi. Oleh karenanya prosedur kalibrasi harus dilaksanakan pada laboratorium terpercaya yang telah memenuhi persyaratan dalam menyelenggarakan prosedur kalibrasi. 

Dapatkan dokumen kalibrasi pada laboratorium kalibrasi sebagai hasil pengukuran dari alat ukur sebagai bukti kalibrasi. Dan perlu diperhatikan pula bagi Anda pemilik alat ukur laboratorium atau lembaga tempat menyelenggarakan prosedur kalibrasi mengantongi sertifikat akreditasi ISO 17025. 

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai sertifikat kalibrasi flowmeter, bahwasanya setiap alat ukur yang telah selesai melakukan prosedur kalibrasi pasti akan mendapatkan sertifikat kalibrasi Begitupun dengan kalibrasi flowmeter.

Hal ini karena  tanpa adanya sertifikat akreditasi alat ukur yang dikeluarkan oleh laboratorium, alat ukur flow meter tidak dapat sembarangan digunakan karena standarnya yang meragukan. 

Sekian penjelasan dari artikel ini, semoga dapat membantu Anda memahami tentang sertifikat kalibrasi flowmeter dan menambah informasi Anda seputar prosedur kalibrasi.