Berikut Ini Pentingnya Kalibrasi Alat Kesehatan

pentingnya kalibrasi alat kesehatan

Seberapa pentingnya kalibrasi alat kesehatan? Hal ini tentu sering muncul ketika seseorang sering melihat petugas medis atau petugas rumah sakit menggunakan peralatan kesehatan tersebut tanpa pernah melihat alat tersebut rusak ataupun diperbaiki. Sebenarnya alat-alat kesehatan ini juga perlu dilakukan perbaikan ataupun kalibrasi secara berkala namun sebagai pasien atau orang awam pasti kita tidak pernah melihatnya. 

Kalibrasi sendiri penting untuk dilakukan ke alat-alat kesehatan demi mendeteksi dan memperbaiki ketidakpastian dalam pengukuran dan membawanya ke tingkat yang bisa diterima. Tingkat keakuratan alat kesehatan sangatlah penting karena dapat mempengaruhi prosedur diagnostik dan membahayakan nyawa pasien.

Setiap alat kesehatan memiliki proses kalibrasi yang berbeda-beda. Biasanya produsen dari alat kesehatan ini sudah menyediakan sistem yang sudah ditentukan dalam proses kalibrasinya. Pabrikan ini biasanya merekomendasikan penerapan kalibrasi dan juga jangka waktu penggunaanya.

Perlu kita ketahui bahwa setiap alat kesehatan juga memiliki batas toleransi penggunaannya seperti yang sudah ditentukan oleh pabrikannya. Jika hasil kalibrasi alat uji ini masih dalam batas toleransi, maka alat ini dapat digunakan lebih lanjut. Sebaliknya jika kalibrasi gagal maka alat kesehatan tersebut sudah dapat digunakan lagi atau tidak layak pakai. Adapun pentingnya untuk mengkalibrasi alat kesehatan karena beberapa alasan sebagai berikut ini.

Pentingnya Kalibrasi Alat Kesehatan untuk Meningkatkan Umur

Alat kesehatan jenis apapun pasti memiliki masa penurunan performanya sehingga mengalami ketidak akuratan dalam mengukur. Sehingga kalibrasi diperlukan untuk membuat peralatan kesehatan tersebut bisa bekerja sesuai dengan standar aslinya.

Meningkatkan Keamanan

Peralatan kesehatan yang mengalami ketidakakuratan maka akan menyebabkan performa pengukurannya tidak benar atau memberikan Anda informasi yang tidak benar tentang seberapa amannya sesuatu yang mana bisa saja menyebabkan cedera pada petugas kesehatan maupun pasien.

Pada sektor medis penggunaan peralatan kesehatan ini tentu akan dapat meningkatkan kehidupan dan menyelamatkan nyawa. Supaya perangkat ini dapat aman digunakan ,seringkali juga harus sangat akurat.

Contohnya peralatan kesehatan berupa alat pacu jantung yang memerlukan pengukuran yang tepat sebelum ahli bedah menempatkannya ke dalam tubuh pasien. Karena setiap alat pacu jantung dan banyak perangkat medis lainnya yang memerlukan tingkat akurasi yang tinggi. Kalibrasi yang tepat dan pengukuran yang tepat sangatlah penting untuk urusan keselamatan pasien.

Lebih Efisien

Selain membuat alat kesehatan ini bisa menjadi alat yang layak pakai, kalibrasi juga dapat membuat semua pekerjaan menjadi lebih efisien. Efisiensi inilah yang akan membuat performa petugas kesehatan lebih lancar serta membuat semua pasien yang datang bisa lebih cepat didiagnosa dan disembuhkan.

Proses sertifikasi lebih mudah

Sertifikasi juga sering menjadi hal yang sulit didapatkan setiap industri ataupun rumah sakit yang berkaitan dengan alat ukur ataupun alat kesehatan. Jika Anda sering mengkalibrasi alat ukur Anda maka proses sertifikasi akan jauh lebih mudah. Serta kepercayaan akan klien akan lebih baik ketimbang yang tidak pernah mengkalibrasi alat kesehatan miliknya sendiri.

Menjaga Keakuratan Alat Kesehatan

Tentu dengan menyebabkan alat kesehatan selalu dalam keadaan akurat akan memberikan kemudahan dalam mendiagnosa dan menangani pasien dengan lebih cepat. Selain itu dengan alat kesehatan yang akurat juga mendapatkan nilai ketertelusuran dengan standar yang lebih tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai bahan acuan kalibrasi berstandar.

Setelah paham akan pentingnya kalibrasi alat kesehatan, jangan lupa untuk cek juga tujuan dari mengkalibrasi alat kesehatan di bawah ini!

Baca Juga : 4 Tujuan Kalibrasi Alat Kesehatan yang Wajib Diketahui

Demikian informasi tentang pentingnya kalibrasi alat kesehatan yang mana dapat menentukan apakah alat kesehatan tersebut layak pakai atau tidak.

konsultasi jasa kalibrasi