Pengujian Kualitas Air Untuk Minum : Tujuan, Jenis, dan Manfaat

pengujian kualitas air untuk minum

Uji kualitas air sangatlah penting bagi perusahaan atau pabrik. Seperti yang sudah diketahui air merupakan sumber daya yang penting bagi keberlangsungan operasional pada perusahaan tersebut. Perlu Anda ketahui kualitas air yang buruk dapat berdampak buruk pada banyak aspek, mulai dari kesehatan, ketidaknyamanan ringan, efisiensi proses produksi, hingga penyakit lainnya yang mungkin dapat mengancam nyawa. Misalnya seperti kehadiran bakteri coliform fecal yang dapat menjadi petunjuk adanya patogen, seperti E.coli yang dapat menyebabkan penyakit gastrointestinal yang parah. Oleh sebab itu, pengujian kualitas air untuk minum secara teratur menjadi hal penting yang harus dilakukan oleh perusahaan air minum untuk memastikan bahwa air yang digunakan dalam kegiatan operasional dapat memenuhi standar yang telah ditetapkan,, dan dapat memastikan bahwa air aman dan sehat untuk diminum. Untuk tahu lebih lengkap mengenai pengujian kualitas air untuk minum bisa Anda ketahui dengan menyimak pembahasan artikel ini!

Tujuan Pengujian Kualitas Air Untuk Minum

Di pembahasan sebelumnya, sudah disebutkan bahwa pengujian kualitas air untuk minum ini penting untuk dilakukan sebagai langkah tepat dalam menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan serta keberlangsungan operasional perusahaan secara menyeluruh. Tujuan dilakukan pengujian kualitas air ini guna untuk menjamin bahwa air yang dikonsumsi aman dan sehat bagi keberlangsungan kehidupan. Dengan melakukan pengujian fisik terhadap air bertujuan untuk membantu mengidentifikasi sifat fisik air, termasuk warna, bau, dan juga rasa. Sementara untuk pengujian kimia guna untuk mendeteksi ada tidaknya kandungan kimia berbahaya dalam air, dan untuk pengujian bakteriologis pada air bertujuan untuk mengetahui adanya kontaminasi oleh bakteri atau mikroba berbahaya dalam air secara menyeluruh. 

Jenis Pengujian Kualitas Air

Adapun berbagai macam jenis pengujian kualitas air untuk minum yang bisa dilakukan. Dimana setiap jenis pengujian tersebut memiliki tujuan yang sama untuk memastikan keamanan air yang akan dikonsumsi dan digunakan dalam proses operasional. Beberapa jenis pengujian kualitas air tersebut yaitu: 

  • Pengujian Fisik
  • Pengujian Kimia
  • Pengujian Bakteriologis

Manfaat Pengujian Kualitas Air Untuk Minum

Melakukan pengujian kualitas air untuk minum ini memiliki banyak manfaat yang signifikan terutama bagi kesehatan dan keamanan pengguna. Dengan mematuhi standarisasi dan regulasi yang telah ditetapkan, dapat memastikan bahwa air tersebut tidak mengandung senyawa berbahaya. Manfaat-manfaat dari melakukan tindakan pengujian kualitas air untuk minum yaitu diantaranya: 

  • Perlindungan Kesehatan Konsumen
  • Kepatuhan Regulasi
  • Kepercayaan Publik
  • Pencegahan Penyakit

Proses Pengujian Kualitas Air Untuk Minum

Untuk melakukan pengujian kualitas air untuk minum akan melibatkan beberapa tahapan penting. Setiap proses pengujian kualitas air ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan standarisasi yang berlaku, untuk menjamin keamanan air minum. Tahapan yang perlu dilakukan dalam tindakan pengujian kualitas air untuk minum yaitu seperti berikut ini: 

Mengumpulkan Sampel

Pengambilan sampel air dari berbagai sumber menjadi tahapan awal yang bisa Anda lakukan. Untuk sampel air yang bisa Anda gunakan yaitu seperti air sumur, sungai, danau, dan juga sistem distribusi. Semua sempel ini kemudian akan dianalisis di laboratorium yang terpercaya menggunakan teknik yang sesuai dengan standar dan regulasi, seperti spektroskopi, kromatografi, dan analisis mikrobiologis. 

Analisis Melalui Laboratorium

Dalam pengujian kualitas air untuk minum yang akan dianalisis melalui laboratorium biasanya menggunakan parameter pengujian yang mendalam termasuk uji pH, suhu, kekeliruan, total padat yang larut, nitrat, florida, uji bakteri, dan pengujian lainnya. Hasil dari pengujian tersebut kemudian akan dibandingkan dengan standar dan pedoman yang sudah ditetapkan oleh WHO sebagai Organisasi Kesehatan Dunia dan Badan Perlindungan Lingkungan, serta EPA. 

Kesimpulan

Itulah pembahasan detail mengenai pentingnya pengujian kualitas air untuk minum yang dapat menjadi langkah awal yang tepat dalam menjaga dan melindungi kesehatan konsumen dan masyarakat. Dengan tindakan pengujian keamanan air minum yang tepat dapat mencegah masalah yang dapat menimbulkan potensi berbahaya. Dalam tindakan pengujian kualitas air untuk minum ini akan mencakup berbagai macam jenis pengujian dengan manfaat yang mendalam. Tindakan pengujian ini akan melibatkan serangkaian proses yang sesuai dengan standar dan regulasi yang telah ditetapkan. Untuk memudahkan dalam melakukan uji kualitas air minum, bisa Anda percayakan kepada Kalibrasi.com. Kalibrasi.com sebagai jasa pengujian keamanan makanan dan minuman siap menangani segala proses pengujian dengan tindakan pengujian yang sesuai dengan hasil pengujian yang dapat diandalkan.