Pengertian Oscilloscope, Cara Kerja dan Jenisnya

Oscilloscope adalah sebuah alat ukur elektronik yang memiliki fungsi untuk mengamati serta menganalisis bentuk gelombang sinyal listrik dalam domain waktu. Alat ini berperan penting untuk memvisualisasikan perubahan sinyal listrik dari waktu ke waktu, dan sering digunakan dalam berbagai aplikasi. 

Jika Anda ingin memahami lebih dalam lagi mengenai definisi osiloskop, mari simak artikel ini! 

Apa itu Oscilloscope

Oscilloscope ini termasuk kedalam jenis instrumen uji elektronik yang bekerja dengan menampilkan berbagai tegangan dari satu atau lebih sinyal sebagai fungsi waktu. Alat ini memiliki tujuan utama untuk menangkap informasi tentang sinyal listrik, dan digunakan untuk debugging, analisis, atau karakterisasi. Sejarah penggunaan alat ini pun sudah digunakan sejak abad 19 untuk mengukur osilasi yang bisa disimak di sejarah osiloskop

Oscilloscope digunakan dalam berbagai aplikasi, dan berperan penting dalam bidang teknik elektronik dan telekomunikasi. Karena alat ini berkemampuan untuk memberikan wawasan yang mendalam mengenai perilaku sinyal listrik. Selain itu, fungsi osiloskop juga dapat membantu berbagai aplikasi hingga desain dalam hal pemeliharaan, selengkapnya bisa dibaca di fungsi osiloskop

Cara Kerja Osiloskop 

Cara kerja osiloskop ini adalah dengan menampilkan bentuk gelombang sinyal listrik pada layar, dimana hal ini dapat memudahkan penggunanya untuk dapat melihat adanya perubahan pada sinyal seiring waktu. Berikut ini penjelasan lebih detail mengenai bagaimana cara kerja alat ukur osiloskop:  

  • Probe: Memiliki fungsi sebagai penghubung antara sinyal dan listrik yang akan dilakukan analisis oleh oscilloscope. 
  • Vertical system: Berperan untuk mengatur tampilan mpilan sinyal listrik pada sumbu vertikal layar oscilloscope untuk membantu dalam merepresentasikan amplitudo sinyal. 
  • Horizontal system: Untuk  mengatur tampilan sinyal listrik pada sumbu horizontal layar osiloskop, untuk membantu dalam merepresentasikan waktu. 
  • Display: Berfungsi untuk menyediakan visualisasi dari sinyal listrik yang sangat berguna untuk membantu pengguna dalam menganalisis dan memeriksa karakteristik sinyal.

Jenis Osiloskop

Dalam penggunaannya, terdapat jenis-jenis osiloskop yang dibagi menjadi dua, yaitu analog dan digital. Dari kedua jenis ini terdapat keunggulannya masing-masing yang penting untuk dipahami. Berikut ini penjelasan tentang osiloskop: 

  • Osiloskop Analog: Jenis ini melakukan pekerjaannya dengan menggunakan tabung sinar katoda (Cathode Ray Tube atau CRT) yang berfungsi untuk menampilkan bentuk gelombang, penjelasan selengkapnya bisa disimak di cathode ray oscilloscope. Osiloskop analog juga memiliki pengaturan manual yang sangat sederhana, sehingga mudah untuk digunakan dan juga dipahami. 
  • Osiloskop Digital: Jenis ini memiliki keunggulan dengan kemampuannya dalam mengubah sinyal listrik analog menjadi data digital sebelum ditampilkan pada layar. Selain itu juga dapat digunakan untuk berbagai jenis aplikasi dari pengujian elektronik sederhana hingga kompleks. 

Sektor Kegunaan Oscilloscope 

Penggunaan osiloskop ini bisa untuk berbagai bidang karena merupakan alat yang sangat berguna untuk mengukur, menganalisis, dan memecahkan masalah sinyal listrik. Selain itu, fleksibilitas dan akurasinya menjadikan alat ini dibutuhkan dalam berbagai aplikasi. Diantaranya adalah seperti pada bidang penelitian ilmiah, kesehatan, industri elektronik, dan masih banyak lainnya. 

Ada juga kelebihan dan kekurangan dari alat ini yang bisa dibaca secara lengkap di kelebihan dan kekurangan osiloskop

Kesimpulan 

Dari artikel ini, kita dapat memahami lebih dalam mengenai pengertian oscilloscope, yang sangat berguna untuk menampilkan bentuk gelombang sinyal listrik pada layar. Dimana hal ini seperti yang telah dijelaskan di dalam artikel, keberadaannya sangat berguna dalam memberikan wawasan yang mendalam mengenai perilaku sinyal listrik.