Metode Kalibrasi Alat Ukur dan Tips Memilihnya Supaya Tepat

metode kalibrasi

Proses kalibrasi pada alat ukur maupun alat uji sangatlah penting untuk dilakukan dengan baik dan juga benar. Untuk itulah mengapa memilih metode kalibrasi dan juga prosedur kalibrasi harus tepat.

Ada banyak metode untuk mendapatkan hasil kalibrasi yang tepat dan juga sesuai. Melakukan kalibrasi memang tidak bisa sembarangan dan wajib untuk mengetahui metode apa yang digunakan untuk kalibrasi alat ukur itu sendiri.

Metode yang digunakan dalam laboratorium kalibrasi yang sudah terakreditasi pengujian akurasi merupakan metode yang benar dan memang sebaiknya digunakan. Metode ini sebenarnya dipilih tidak lain memiliki tujuan agar nantinya hasil kalibrasi lebih maksimal dan pastinya juga sesuai dengan standar nasional maupun internasional.

Tidak hanya itu saja, pemilihan metode ini juga sangat berpengaruh terhadap hasil akhir dari proses kalibrasi itu sendiri yang tidak sesuai dengan harapan pastinya. Terus sebenarnya ada berapa jenis metode kalibrasi saat ini?

Mengenal Metode Kalibrasi

Metode sendiri merupakan acuan dasar yang penting sebelum melakukan proses kalibrasi. Nantinya dengan menggunakan metode kalibrasi yang tepat dan sesuai maka hasil kalibrasi alat ukur juga akan menjadi lebih maksimal dan benar.

Metode kalibrasi sendiri juga mengacu pada standar internasional seperti textbook, jurnal, buletin dan manual peralatan. Namun perlu dan penting diperhatikan bahwa acuan tersebut harus merupakan publikasi yang diakui oleh masyarakat luas. 

Metode Standar Kalibrasi

Beberapa jenis metode standar kalibrasi yang pada umumnya digunakan dan mampu memberikan hasil/data kalibrasi yang sesuai diantaranya :

1. Standar Internasional

Untuk penggunaan metode standar kalibrasi yang tepatnya sesuai dengan standar internasional, biasanya menggunakan standar yang sesuai dengan mutu ISO.

2. Standar Nasional Indonesia

Sedangkan untuk metode standar kalibrasi yang sesuai dengan standar nasional indonesia sesuai standar laboratorium kalibrasi yang pastinya wajib dan sudah terakreditasi KAN. Hal ini diperlukan untuk nantinya hasil pengukuran bisa diakui dan juga alat ukur dapat digunakan di skala nasional.

Menentukan atau memilih metode yang baik dan benar ini wajib dilakukan guna memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal nantinya. Cukup ada banyak tips yang bisa diikuti terlebih dalam melakukan pemilihan metode kalibrasi. Pemilihan metode ini juga harus yang sudah divalidasi. Selengkapnya untuk penjelasan validasi dalam metode kalibrasi bisa kalian cek di bawah ini.

Baca Juga : Begini Validasi Metode Kalibrasi yang Tepat untuk Alat Ukur

Tips Memilih Metode Kalibrasi

Untuk memilih metode yang sesuai dan tepat, tentunya anda juga harus menyesuaikan dengan alat ukur apa yang akan dikalibrasi. Salah satu tips untuk memilih metode kalibrasi yang tepat adalah dengan melalui pengukuran resistensi kalibrasi langsung maupun kalibrasi tidak langsung. Untuk faktor-faktor lain yang menentukan dalam pemilihan metode ini bisa kalian baca langsung di cara menghitung faktor kalibrasi.

Untuk kalibrasi langsung, bisa dilakukan dengan pengukuran nilai resistensi sedangkan untuk kalibrasi tidak langsung dilakukan dengan melakukan pengukuran arus di bawah tegangan yang diterapkan. Salah satu jasa penyedia kalibrasi terbaik yang sudah menerapkan metode sesuai mutu ISO dan terakreditasi KAN ialah kalibrasi.com. 

Metode Kalibrasi di Kalibrasi.com

Pemilihan metode dalam kalibrasi memanglah merupakan faktor utama yang nantinya mempengaruhi hasil akhir kalibrasi itu sendiri. Untuk metode kalibrasi yang digunakan oleh kalibrasi.com ini tentunya sudah mengikuti sistem ISO terbaru.

konsultasi jasa kalibrasi

Selain itu juga laboratorium kalibrasi milik kalibrasi.com ini juga sudah terakreditasi KAN. Selalu gunakan metode kalibrasi yang sesuai untuk hasil kalibrasi yang maksimal dan juga gunakan jasa kalibrasi di kalibrasi.com yang pastinya sudah terpercaya dan sesuai dengan mutu ISO.