Ketahui Beberapa Macam Macam Kalibrasi Berikut!

macam macam kalibrasi

Apakah Anda seseorang yang sudah mengenal apa itu kalibrasi? Dan apa saja contohnya? Jika belum maka Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang belum familiar dengan pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tersebut seperti misalnya industri hingga kesehatan. Maka dari itu mari kita simak penjelasan berikut ini tentang apa itu kalibrasi dan beberapa contoh kalibrasi yang mungkin bisa menjadi ilmu tambahan untuk Anda. 

Kalibrasi adalah proses yang dilakukan agar menentukan nilai hubungan dari hasil pengukuran. Secara sederhana kalibrasi ini digunakan untuk menetapkan standar hasil ukur yang sama setiap alat ukur yang dilakukan kalibrasi.

Maka dengan adanya kalibrasi ini secara tidak langsung akan mempengaruhi pengendalian mutu dan keamanan dalam sebuah industri atau perusahaan. Adapun banyak sekali industri yang melakukan kalibrasi rutin untuk memastikan bahwa peralatan dan sistem yang digunakan sudah sesuai dengan persyaratan dan standar yang berlaku.

Adapun beberapa jenis kalibrasi yang dapat dilakukan berdasarkan jenis alat ukur atau sistem yang akan dikalibrasi, untuk lebih jelasnya bisa cek pembahasan kami di kalibrasi alat. Berikut ini adalah beberapa macam macam kalibrasi yang dilansir dari laman Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kulonprogo.

Macam Macam Kalibrasi Ruang Lingkup Tekanan

Adapun proses kalibrasi yang memiliki tujuan untuk menentukan nilai yang konstan dan efisien dari alat ukur tekanan seperti manometer dan alat ukur tekanan lainnya. Cara kalibrasi tekanan ini cukup dengan membandingkannya dengan standar tekanan yang akurat dan andal.

Kalibrasi tekanan yang memiliki fungsi utama di berbagai industri. Seperti misalnya pada alat yang berkaitan dengan gas ataupun hidrolik. Selain itu kalibrasi tekanan juga dapat memastikan keselamatan pada saat proses kerja.

Kalibrasi Pipet

Pipet sendiri merupakan alat laboratorium yang digunakan untuk memindahkan cairan terukur dalam jumlah kecil namun sangat akurat melalui penebusan dan penyaluran sampel. Kalibrasi pipet bisa dilakukan dengan memperkirakan volume dan volume yang sebenarnya yang diberikan oleh pipet yang ditentukan secara bersamaan sehingga menemukan ketidakpastian dalam hal pengukuran yang sudah ditetapkan oleh standar yang berlaku. 

Kalibrasi Suhu

Kalibrasi suhu biasanya dilakukan pada alat ukur suhu seperti termometer. Kalibrasi suhu ini adalah proses menetapkan skala pada termometer agar dapat menunjukan nilai suhu yang tidak menyimpang sehingga bisa menghasilkan hasil pengukuran yang sesuai standar.

Pengukuran yang sesuai standar ini tentunya memiliki tingkat kalibrasi yang berbeda-beda, mulai grade 2 hingga grade yang paling akurat. Simak penjelasan lebih lanjutnya pada artikel kami tingkat kalibrasi. Jenis kalibrasi selanjutnya yang akrab dengan keseharian kita yaitu listrik ada di bawah ini.

Kalibrasi Listrik

Kalibrasi listrik biasanya mengacu pada proses pengecekan dan verifikasi alat ukur atau penguji parameter listrik lainnya seperti misalnya arus, tegangan, hambatan, kapasitansi, frekuensi, dan juga waktu.

Kalibrasi Aliran

Alat ukur aliran ini biasanya berupa sensor aliran adalah alat uji yang digunakan untuk mengukur laju aliran linier, non linier, massa, hingga volume dari gas dan cairan. Laju aliran ini bisa diukur dari kecepatan dimana proses cairan bergerak lewat lubang, pipa, atau kapal pada waktu tertentu.

Kalibrasi Elektronik

Adapun proses kalibrasi elektronik yang dilakukan untuk menentukan nilai konstan atau koefisien yang ada pada peralatan elektronik. Dengan cara membandingkan dengan standar elektronik yang diketahui tingkat akurasinya dan keandalannya.

Baca Juga : Perbedaan kalibrasi internal dan eksternal bisa secara lengkap kalian simak penjelasannya di sini setelah mengetahui macam macam kalibrasi.

Dari bahasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa macam-macam kalibrasi ada banyak dan tidak mungkin untuk disebutkan satu persatu karena selain panjang juga memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Demkian sekilas mengenai macam macam kalibrasi, semoga bermanfaat!

konsultasi jasa kalibrasi