Memahami Cara Kalibrasi Welding Gauge Yang Benar

kalibrasi Welding Gauge

Welding Gauge adalah alat ukur yang digunakan untuk mengetahui dimensi persiapan pengelasan seperti sudut bevel, lebar dari gap, dan juga mengetahui dimensi hasil pengelasan seperti tinggi root penetration, tinggi capping, mengukur fillet weld dan juga mengukur pada adanya kedalaman cacat undercut dan lain sebagainya.

Maka dari fungsinya yang penting ini maka dilakukanlah kalibrasi untuk menemukan penyimpangan hasil pengukuran dan juga keakuratan pada Kalibrasi Welding Gauge. Maka dari itu mari kita lihat beberapa cara kalibrasi welding gauge yang benar.

Tujuan Kalibrasi Welding Gauge

Pada Kalibrasi Welding Gauge tentu untuk mencapai tujuan. Adapun tujuan kalibrasi Kalibrasi Welding Gauge ini adalah untuk mengurangi ketidakpastian pada hasil yang di uji, untuk memastikan bahwa tingkat akurasi mesin uji sangatlah baik, mengingat bahwa welding gauge ini memang sangat dibutuhkan untuk urusan pengelasan dibidang industri.

Manfaat Kalibrasi Welding Gauge

Maka dari itu manfaat kalibrasi Welding Gauge ini adalah untuk :

  • Menentukan kualitas hasil dari pengukuran yang dilakukan oleh Welding Gauge.
  • Menjamin dan konfirmasi terhadap hasil pembacaan pengukuran.
  • Menentukan bahwa Welding Gauge ini masih layak.

Cara Kalibrasi Welding Gauge

Untuk beberapa hal yang digunakan untuk melakukan kalibrasi Welding Gauge diantaranya:

  1. Persiapan kalibrasi
    Persiapan kalibrasi juga dibutuhkan dalam mempersiapkan Welding Gauge yang ingin dikalibrasi, serta peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi haruslah dilakukan oleh orang yang tersertifikasi yang mana memiliki kompetensi dalam melakukan kalibrasi. Adapun orang yang ahli di bidangnya maka akan memberikan hasil pengukuran yang minim akan kesalahan.
  3. Pengecekan kondisi welding gauge
    Kondisi lingkungan pada saat melakukan kalibrasi Welding Gauge adalah pengaruh yang cukup penting dalam proses pengukuran. Adapun kondisi lingkungan bisa mempengaruhi berbagai Welding Gauge seperti suhu, kelembaban, getaran, hingga gravitasi.
  4. Pelaksanaan kalibrasi Welding Gauge
    Dalam melakukan kalibrasi diperlukan beberapa tahapan yang penting seperti pengamatan awal pada Welding Gauge yang memiliki bentuk yang masih normal serta berfungsi atau tidak. Untuk melakukan penyetelan ulang yang dikalibrasi ke penyetelan awal. Melakukan pengukuran pada titik ukur tertentu sesuai kapasitas alat. Dalam mencatat serta mengambil data dari hasil pengukuran dengan format yang sudah ditentukan.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini akan dilakukan sesuai dengan standar yakni menghitung nilai deviasi, nilai rata-rata, konversi satuan, dan menghitung persamaan regresi.
  6. Pembuatan laporan
    Setelah melakukan perhitungan hasil kalibrasi maka dilakukan pelaporan adalah menentukan ketidakpastian dalam kalibrasi. Pelaporan ini juga harus sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Welding Gauge

Adapun kalibrasi Welding Gauge maka akan menghasilkan beberapa nilai hasil kalibrasi diantaranya nilai penyimpangan Welding Gauge, nilai ketidakpastian pengukuran yang terjadi pada pengukuran.

Kesimpulan 

Cukup sekian bahasan kita kali ini seputar Kalibrasi Welding Gauge yang dilakukan dengan sangat tepat. Adapun beberapa hal yang dilakukan untuk melakukan Kalibrasi Welding Gauge adalah ditempat  yang terakreditasi. Adapun tempat kalibrasi yang terakreditasi dan terpercaya adalah di Kalibrasi.com.

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Welding Gauge