Seperti Ini Cara Kalibrasi Torque Wrench yang Baik dan Benar

kalibrasi Torque Wrench

Pernahkah Anda berpikir jika tang torsi itu membutuhkan yang namanya kalibrasi? Mungkin memang terdengar sangat aneh bagi Anda, karena bagi Anda mungkin itu tidak perlu karena memang sudah pasti masih bisa selalu dipakai sampai dengan kapanpun. Tapi ternyata torque wrench itu perlu dilakukan kalibrasi.

Kunci torsi adalah alat yang digunakan untuk menerapkan torsi tertentu ke pengikat seperti mur, baut, atau sekrup lag. Biasanya dalam bentuk kunci soket dengan skala indikasi, atau mekanisme internal yang akan menunjukkan kapan nilai torsi tertentu telah tercapai selama aplikasi.

Dan jika Anda berpikir kalau torque wrench ini cara kalibrasinya seperti apa? Mari kita simak pembahasan berikut ini mengenai kalibrasi torque wrench yang baik dan benar.

Tujuan Kalibrasi Torque Wrench

Mengapa kalibrasi torque wrench begitu penting? Hal ini penting untuk menjamin kelangsungan proses produksi Anda. Tidak masalah jika Anda menggunakan kunci pas torsi kecil atau yang lebih besar, keduanya harus bekerja dalam toleransi yang ketat untuk memberikan gaya yang tepat untuk mengencangkan baut atau mur sesuai kebutuhan. 

Torque wrench yang dikalibrasi dengan benar akan mengukur torsi secara akurat, memungkinkan pengencang dikencangkan dengan tegangan yang benar dan mencegah kegagalan sambungan timbal balik. Penyimpangan yang berlebihan dapat mengakibatkan sambungan baut kurang andal atau rentan.

Manfaat Kalibrasi Torque Wrench

Jika Anda berpikir kalibrasi torque wrench itu sangat penting atau tidak, tentu saja yang paling bisa menjawabnya adalah penting. Torque wrench yang biasanya digunakan untuk penggunaan otomotif terutama pada mesin dan juga rangka kendaraan, tentu saja harus ada yang namanya kekencangan baut yang bagus.

Intinya adalah demi keselamatan kerja. Torque wrench yang dikalibrasikan setidaknya setahun sekali adalah jangka waktu yang paling tepat dimana Anda bisa mendapatkan torque wrench dengan kegunaan yang maksimal.

Cara Kalibrasi Torque Wrench

Lantas bagaimana cara untuk kalibrasi torque wrench? Torque wrench dikalibrasi oleh pihak yang berwenang dan terkait yang memang terakreditasi. Mereka akan melakukan berbagai proses atau langkah-langkah untuk kalibrasi di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat 
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan torque wrench dan juga alat-alat yang berguna untuk melakukan kalibrasi.
  2. Pelasana Kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi adalah yang paling penting. Pelaksana ini adalah orang yang bersertifikat dan tahu betul tentang kalibrasi torque wrench.
  3. Metode kalibrasi dan rentang ukur Torque Wrench
    Metode yang digunakan untuk kalibrasi torque wrench adalah BS EN ISO 6789-1:2017, BS EN ISO 6789-2:2017, IK-KM-GB13. Dan juga dengan rentang ukur sebagai berikut:
    0,1 N.m ~ 10 N.m
    11 N.m ~ 100 N.m
    101 N.m ~ 200 N.m
    0,1 N.m ~ 50 N.m
    51 N.m ~ 350 N.m
    351 N.m ~ 550 N.m
    551 N.m ~ 800 N.m
    801 N.m ~ 2000 N.m
  4. Pelaksanaan kalibrasi Torque Wrench
    Selanjutnya adalah melakukan kalibrasinya. Cara untuk melakukan kalibrasi torque wrench yang baik dan benar adalah sebagai berikut:
    – Langkah pertama, ukur jarak antara spot tengah pada kepala kunci torsi ke spot tekanan paling besar.
    – Selanjutnya jepit bit kunci torsi dan gantung dengan muatan sekitar 20 pon (9 kg).
    – Pindahkan tali hingga ukurannya sekitar 480 inci pound.
    – Ukur jarak antara spot sentra pada kepala kunci ke komponen string.
    – Kemudian bagi jarak keduanya untuk menemukan rasio kalibrasi kunci momen.|
    – Langkah terakhir, atur kunci momen ke produk rasio kalibrasi dan torsi baut layak kebutuhan.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Dengan adanya proses tadi, perhitungan dari hasil kalibrasi tentu saja sudah bisa didapatkan dan di data.
  6. Pembuatan laporan
    Setelah itu, laporan bisa Anda buat untuk kalibrasi torque wrench.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Torque Wrench

Mengkalibrasi torque wrench Anda harus dilakukan setidaknya setahun sekali setelah setiap 5.000 siklus, mana saja yang terjadi lebih dulu. Ini diperlukan untuk memenuhi peraturan ISO 6789. Standar internasional modern untuk kunci torsi didasarkan pada ISO 6789-1:2017 dan 6789-2:2017. 

ISO memberikan 4% hingga 6% di atas atau di bawah torsi yang ditunjukkan oleh pengaturan kunci pas torsi dalam pengujian. Namun, apa pun di luar batasan tersebut dianggap tidak sesuai. 

Kesimpulan

Itulah tadi pembahasan tentang cara kalibrasi torque wrench yang baik dan benar. Dengan cara yang seperti ini, torque wrench bisa akurat dan juga produksi apapun yang dilakukan dengan torque wrench menjadi aman.

Ingin tahu di mana Anda bisa mendapatkan jasa kalibrasi torque wrench? Silahkan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Torque Wrench