Pentingnya Kalibrasi Torque Tester, Wajib Tahu!

kalibrasi Torque Tester

Alat kalibrasi apakah perlu juga untuk dilakukan kalibrasi? Tentu saja ini juga termasuk karena sangat penting sekali untuk melakukan kalibrasi instrumen yang terkait, dan salah satunya adalah torque tester. 

Torque tester adalah instrumen yang disetel dengan halus yang dirancang untuk menguji dan memantau aplikasi torsi. Dirancang untuk evaluasi dan verifikasi torsi, penganalisa dan sensor torsi adalah instrumen kelas laboratorium yang biasa digunakan untuk kontrol kualitas, R&D, dan aplikasi kalibrasi. Untuk menjaga akurasi, peralatan torque tester juga harus dikalibrasi dengan benar secara teratur.

Apakah memang sebegitu pentingnya melakukan kalibrasi torque tester? Mari kita simak di pembahasan ini.

Tujuan Kalibrasi Torque Tester

Kita pasti sepakat dan juga paham kalau yang namanya instrumen atau alat ukur lama kelamaan akan mengalami deviasi atau pengukuran yang tidak presisi. Perusahaan seperti industri medis, kedirgantaraan, dan otomotif mengkalibrasi peralatan pengukur torsi mereka untuk mematuhi praktik terbaik dan persyaratan jaminan kualitas.

Maka dari itu, torque tester yang digunakan juga harus menggunakannya dengan benar dan pastinya dengan penggunaan yang benar harus ada yang namanya kualitas dari torque tester yang berkualitas.

Manfaat Kalibrasi Torque Tester

Kalibrasi adalah metode membandingkan alat dan alat ukur dengan standar akurasi yang lebih tinggi. Peralatan kalibrasi torsi adalah sarana resmi di mana penguji dan sensor torsi dikalibrasi dan dapat dilacak ke Standar Nasional atau Internasional, seperti SNI dan ISO.

Jika kalibrasi torque tester bisa sesuai dengan standar yang berlaku, maka penggunaannya dalam mengkalibrasi torque wrench misalnya, bisa dilakukan dengan mudah. Tapi, bukan berarti kalibrasi ini dilakukan sembarangan, jasa kalibrasi yang terpercaya adalah cara yang terbaik untuk melakukannya.

Cara Kalibrasi Torque Tester

Dalam laboratorium kalibrasi, ada beberapa tahapan yang perlu dilakukan. Berikut ini adalah cara kalibrasi torque wrench yang perlu Anda ketahui:

  1. Persiapan Alat
    Dalam melakukan kalibrasi torque tester, yang pertama adalah mempersiapkan alatnya dan juga alat yang digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Pelaksanaan Kalibrasi
    Jika instrumen tersebut sudah terpenuhi sesuai dengan standar, pelaksanaan kalibrasi sebenarnya sudah bisa dilakukan.
  3. Metode kalibrasi dan rentang ukur Torque Tester
    Dalam melakukan kalibrasi torque meter, metode dan juga rentang ukurnya ada sendiri. Setiap instrumen memiliki rentang ukur dan juga metode yang banyak, maka akan dipilihlah dari pihak laboratorium kalibrasi untuk metode yang paling efektif.
  4. Pelaksanaan kalibrasi Torque Tester
    Metode sudah dapat, dan selanjutnya dimulailah kalibrasi torque tester.
  5. Perhitungan hasil kalibrasi
    Selama proses pelaksanaan kalibrasi torque tester, sebagai pelaksana kalibrasi harus melakukan perhitungan dengan rentang ukur yang sudah ditentukan.
  6. Pembuatan laporan
    Jika sudah mendapati perhitungannya selesai dan juga sudah dipastikan tidak ada kesalahan dalam proses perhitungan, selanjutnya adalah membuat laporan kalibrasi torque tester dalam bentuk sertifikat.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Torque Tester

Parameter dilakukannya kalibrasi untuk torque tester adalah dengan menentukan beberapa point, yaitu:

  • Kalibrasi pada 3 poin. Tes pada skala penuh 10%, 50% dan 100.
  • Kalibrasi pada 6 Pts. Tes pada 10%, 20%, 40%, 60% 80% dan 100 skala penuh.
  • Arah searah jarum jam dan/atau berlawanan searah jarum jam

Kesimpulan

Peralatan kalibrasi torsi untuk torque tester atau sensor torsi mencakup lengan segmen atau roda kalibrasi, serta bobot untuk membuat beban torsi yang diketahui. Ada beberapa parameter yang memang rumit.

Silahkan klik tombol di bawah ini supaya Anda bisa mendapat gambaran mengenai jasa kalibrasi torque tester secara lebih jelas.

Jasa kalibrasi Torque Tester