Langkah Mendasar Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)

suhu warna lampu tipe a

Suhu Warna Lampu (Tipe A) atau sejenis dengan alat ukur lux meter yakni alat ukur cahaya yang digunakan untuk mengukur besaran intensitas cahaya dalam suatu tempat. Adapun besaran intensitas cahaya ini perlu diketahui untuk kebutuhan penerangan dan lain sebagainya. 

Alat ini mengukur dengan cara menggunakan sensor yang peka dan linier terhadap cahaya. Sehingga alat ini dapat membuktikan bahwa semakin jauh jaraknya maka intensitas cahaya bisa semakin berkurang. Alat ini dapat memperlihatkan hasil pengukuran menggunakan format digital ataupun angka yang muncul pada tampilan sebuah sensor. 

Untuk kebutuhannya yang sangat penting inilah maka alat ini perlu dilakukan yang namanya kalibrasi agar tetap menjaga tingkat akurasinya. Untuk lebih jelasnya mari kita baca lebih lanjut artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)

Adapun tujuan dari Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) adalah untuk :

  • Memastikan bahwa hasil pengukuran Suhu Warna Lampu (Tipe A) ini sudah memenuhi standar internasional.
  • Dapat mendeteksi adanya penyimpangan atau nilai koreksi pengukuran pada alat ukur Suhu Warna Lampu (Tipe A).
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran Suhu Warna Lampu (Tipe A) ini sudah sesuai dengan standar ISO yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)

Adapun manfaat dari kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) diantaranya adalah:

  • Mendukung penerapan nilai dengan kualitas yang sesuai dengan standar ISO dan SNI.
  • Memastikan bahwa Suhu Warna Lampu (Tipe A) masih sesuai dengan fungsinya normal dan sesuai spesifikasi.
  • Memastikan bahwa Suhu Warna Lampu (Tipe A) layak pakai.

Cara Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)

Adapun cara melakukan kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) yang sesuai prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan Alat Kalibrasi
    Proses kalibrasi yang pertama yakni mempersiapkan alat kalibrasi yang akan digunakan untuk aktivitas kalibrasi. Adapun Suhu Warna Lampu (Tipe A) harus disiapkan bahwa memiliki fisik yang tidak rusak dan juga memiliki fungsi yang normal.
  2. Operator Pelaksana Kalibrasi
    Operator pelaksana kalibrasi adalah sumber daya manusia yang paling berpengaruh dalam hasil kalibrasi yang akurat. Sehingga hendaknya dilakukan oleh orang yang berkompeten dalam bidang kalibrasi.
  3. Pengecekan kondisi Suhu Warna Lampu (Tipe A)
    Dalam fungsinya yakni mengukur intensitas cahaya maka alat ukur ini harus dikondisikan lingkungannya agar tidak mempengaruhi hasil kalibrasi seperti cahaya yang harus disetting agar tidak terlalu mengganggu proses kalibrasi.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Suhu Warna Lampu (Tipe A)
    Berbicara metode kalibrasi hendaknya dipilih yang paling mudah karena dapat meminimalisir kesalahan dalam kalibrasi dan juga harus sesuai dengan standar internasional. Adapun metode kalibrasi yang dilakukan adalah dengan: IK-KL-LS40, BS ISO/CIE 19476:2014
    Rentang ukur : 2856K
  5. Pengaktualan  kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) dengan benar
    Melaksanakan kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) awalnya yakni pengamatan objek ukur apakah alat ini masih dalam keadaan normal, membersihkan alat dari kotoran agar tidak mengganggu kalibrasi, mengamati hasil ukur yang masih wajar, melakukan pencatatan pengambilan data sesuai format.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Setelah melaksanakan kalibrasi, maka perhitungan kalibrasi dilakukan untuk menemukan berbagai nilai seperti nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan hasil laporan kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)
    Prosedur kalibrasi yang terakhir adalah pelaporan yang terdiri dari dari perhitungan dan kesimpulan yang sesuai dengan pedoman dari SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A)

Hasil akhir dari kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) dalam bentuk sertifikat yang menunjukan bahwa alat ukur yang dikalibrasi sudah layak dipakai dan sesuai dengan nilai ketertelusuran dari standar yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Untuk melakukan kalibrasi Suhu Warna Lampu (Tipe A) memang membutuhkan prosedur yang benar dan sesuai dengan standar. Jika Anda merasa kerepotan dalam melakukan kalibrasi sendiri adalah yang mana sebaiknya proses kalibrasi ini dilakukan oleh pihak yang berkompeten seperti Kalibrasi.com yang menjadi penyedia jasa kalibrasi berbagai jenis alat ukur.

Silahkan klik tombol di bawah ini untuk mempelajari lebih lanjut terkait jasa kalibrasi suhu warna lampu (Tipe A)

Jasa kalibrasi suhu warna lampu (tipe a)