Langkah Pelaksanaan Kalibrasi Pin Gauge yang Benar

kalibrasi Pin Gauge

Industri manufaktur yang berkembang sekarang ini telah menggunakan dan mengembangkan berbagai perangkat pengukuran sesuai standar nasional maupun internasional sebagai bagian proses kualitas produknya. Salah satu perangkat pengukuran integral dalam industri manufaktur adalah Pin Gauge. Apa itu pin gauge?

Pin Gauge adalah alat ukur yang bertujuan untuk mengukur dan memeriksa diameter dalam lubang pengeboran untuk menentukan apakah bagian yang diukur masih dalam batas toleransi yang ditentukan.

Sebagai sebuah alat ukur tentunya pin gauge membutuhkan prosedur kalibrasi untuk mempertahankan fungsi dan keakuratannya. Untuk lebih lanjut mengenai kalibrasi pin gauge, simak penjelasan berikut ini : 

Tujuan Kalibrasi Pin Gauge

Seperti yang telah disinggung di awal pembahasan bahwasannya sebagai salah satu alat yang digunakan dalam industri manufaktur, pengukuran yang dilakukan Pin Gauge membutuhkan kebenaran hasil pengukuran. Oleh karenanya dibutuhkan prosedur kalibrasi untuk mempertahankan fungsi dan kebenaran hasil pengukurannya.

Dapat dikatakan prosedur kalibrasi Pin Gauge bertujuan untuk menjaga alat ukur sesuai dengan fungsinya sehingga dihasilkan ketepatan hasil ukur yang akurat. Dengan dilakukannya prosedur kalibrasi Pin Gauge akan diketahui seberapa besar penyimpangan kebenaran nilai dan batas toleransi pada instrumen ukur yang diuji. 

Manfaat Kalibrasi Pin Gauge

Setelah menyimak pembahasan pada tujuan kalibrasi, tentu Anda telah mengerti mengapa prosedur kalibrasi penting dilakukan pada sebuah alat ukur tidak terkecuali pin gauge. Prosedur yang tidak hanya untuk sebuah jaminan mutu kelayakan pengukuran tetapi juga memiliki berbagai manfaat bagi instrumen alat sendiri maupun hasil dari pengukuran dari alat yang dikalibrasi.

Manfaat kalibrasi Pin Gauge seperti membantu mengembalikan performa awal instrumen alat ukur dan mengembalikan akurasinya setelah sekian lama digunakan.

Dan yang tak kalah penting adalah memberikan jaminan atas hasil pengukuran yang dilakukan oleh instrumen alat sehingga dapat memutuskan kelayakan dari alat ukur yang dikalibrasi.

Cara Kalibrasi Pin Gauge

Sebagai sebuah prosedur, proses kalibrasi memiliki beberapa cara agar pengujian tidak terjadi kesalahan. Berikut penjelasan cara-cara kalibrasi Pin Gauge, simak selengkapnya dibawah ini:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Persiapkanlah instrumen alat yang akan dikalibrasi. pastikan alat tersebut dalam keadaan baik dan layak pakai bukan alat yang telah rusak. Karena pada dasarnya prosedur kalibrasi bukanlah untuk memperbaiki instrumen yang rusak, melainkan melakukan pengujian keakuratan alat ukur.
  2. Persiapan Operator kalibrasi yang terlatih
    Cara kedua adalah mempersiapkan operator kalibrasi yang terlatih. Akan sangat dianjurkan seorang operator kalibrasi harus dari kalangan yang berkompeten di bidang kalibrasi. Dengan setidaknya seorang operator kalibrasi memiliki latar belakang pendidikan, dan pengalaman dalam pengkalibrasian alat ukur.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Kondisikan lingkungan tempat penyelenggaraan kalibrasi dengan baik agar tidak terjadi kesalahan. Hal ini karena dalam beberapa kasus kesalahan kalibrasi salah satunya disebabkan oleh faktor kondisi lingkungan yang tidak stabil. 
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Gunakan metode kalibrasi yang telah mengacu pada standar nasional atau internasional yang telah diakui. Sebagaimana yang telah kita tahu bahwa prosedur kalibrasi memiliki metode yang berbeda-beda tergantung bidang alat ukur yang dikalibrasi. Untuk metode kalibrasi Pin Gauge metode kalibrasi yang diterapkan adalah JIS B 7420-1997 dengan rentang ukur antara lain: 50.1mm ~ 100mm, 100.1mm ~ 250mm, 250.1mm ~ 500mm, 500.1mm ~ 700mm, 700.1mm ~ 1000mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi lakukanlah dengan cara melakukan pengamatan awal terhadap alat ukur untuk melihat kondisi dan fungsi alat tersebut sebelum dikalibrasi. Pengamatan ini dilakukan dalam dua kali yaitu sebelum dan sesudah instrumen alat diatur ulang Pada pengamatan yang kedua amatilah kewajaran hasil ukur yang dilakukan instrumen alat. Setelah kedua data pengamatan diperoleh catat hasil pengujian tersebut dengan baik
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelah pada pelaksanaan kalibrasi telah dilakukan pengamatan untuk melihat hasil pengukurannya. Pada cara kali ini amatilah pada kedua hasil pengukuran yang diperoleh. Selanjutnya hitunglah data hasil pengujian yang telah dilakukan sebelumnya dengan teliti.
  7. Pembuatan laporan
    Hal terakhir yang dilakukan dalam prosedur kalibrasi adalah pembuatan laporan kalibrasi. Laporan tersebut disusun berdasarkan format yang mengacu pada pedoman. Apabila laporan telah selesai dibuat maka laporan dapat disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Pin Gauge

Parameter atau tolak ukur kalibrasi dapat dilihat dari data hasil kalibrasi, seperti nilai objek yang diukur, alat yang telah menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik dan nilai toleransi masih dalam batas aman yang menandakan prosedur kalibrasi telah dipastikan keakuratannya. Kemudian yang terakhir adalah pemberian sertifikat kalibrasi sebagai bukti alat telah terjamin standar pengukurannya.

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi Pin Gauge. Apabila dalam penggunaan instrumen alat Anda mengalami ketidakpastian pada hasil pengukuran alat tersebut segara lakukanlah prosedur kalibrasi pada laboratorium yang terakreditasi.

Anda dapat menggunakan jasa kalibrasi yang telah terakreditasi dalam memilih laboratorium tempat kalibrasi. Jasa kalibrasi yang terpercaya hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Pin Gauge