Memahami Lebih Dalam Cara Kalibrasi Noise Meter

kalibrasi noise meter

Noise meter, jika dilihat dari namanya saja mungkin Anda sudah langsung tahu jika noise meter ini digunakan untuk mengetahui tingkat kebisingan dari sebuah suara. Noise meter membutuhkan mikrofon untuk mengukur perubahan tekanan udara yang dihasilkan oleh sumber suara. Semakin baik kualitas mikrofon, semakin akurat pengukurannya. 

Mikrofon pengukuran seperti itu dikategorikan sebagai Kelas 1 atau Kelas 2. Untuk banyak aplikasi, mikrofon Kelas 2, yang sedikit kurang akurat dan lebih murah daripada mikrofon Kelas 1, sudah lebih dari cukup. Mikrofon kelas 1 biasanya hanya diperlukan jika ditentukan oleh undang-undang. 

Apapun mikrofon yang Anda gunakan, penting untuk akurasi mikrofon dikalibrasi dengan benar. Bagaimana cara kalibrasi dari noise meter ini?

Tujuan Kalibrasi Noise Meter

Pengukur tingkat suara digunakan untuk pengukuran akustik. Kata “akustik” berarti “suara yang merambat melalui udara”. Ini berlawanan dengan kata “audio”, istilah yang juga sering digunakan dalam bidang pengukuran bunyi.

Noise meter biasanya digunakan untuk mengetahui tingkat kebisingan dari sebuah objek. Misalnya saja untuk pengaplikasiannya adalah pada perindustrian. Setiap mesin yang bekerja harus diatur tingkat kebisingannya. Jangan sampai terlalu bising yang bisa jadi mengganggu pendengaran orang di sekitarnya yang bekerja.

Manfaat Kalibrasi Noise Meter

Jika sudah dilakukan kalibrasi, noise meter ini bisa berfungsi dengan baik dan bisa mengukur tingkat kebisingan dengan benar. Manfaat yang didapatkan tentu saja adalah pengukuran yang sangat akurat.

Kita tahu pasti jika alat ukur atau instrumen apapun itu jika Anda gunakan secara terus menerus baik itu pengukur digital atau biasa akan menyebabkan pengukurannya menjadi kurang akurat. Maka dari itu diperlukan kalibrasi noise meter.

Cara Kalibrasi Noise Meter

Walaupun terdengar sangat mudah, ternyata pelaksanaan dari kalibrasi noise meter ini juga sangat panjang loh! Perlu adanya lembar kerja yang harus dilakukan secara urut dan runtut untuk laboratorium kalibrasi yang melakukan kalibrasi noise meter.

  1. Mempersiapkan Alat Alat Kalibrasi
    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk mengkalibrasi noise meter.
  2. Menyediakan Operator Kalibrasi
    Kalibrasi adalah kegiatan yang terkesan scientific. Maka dari itu, perlu adanya operator kalibrasi yang memiliki sertifikat.
  3. Pemeriksaan kondisi lingkungan noise meter
    Selanjutnya adalah memberikan kondisi lingkungan noise meter. Penghitungan ini akan sangat bisa untuk menentukan hasil dari kalibrasi noise meter.
  4. Menyiapkan Metode Mengkalibrasi dan rentang ukur noise meter
    Selanjutnya adalah untuk menyiapkan metode kalibrasi. Metode ini harus sesuai dengan standar yang berlaku dan dengan rentang ukur yang digunakan untuk melakukan penghitungan.
  5. Pelaksanaan noise meter dengan benar
    Selanjutnya adalah tinggal melaksanakan noise meter dengan benar dan sesuai dengan metode yang sudah ditentukan.
  6. Menghitung kalibrasi
    Pelaksanaan ini tergantung dengan rentang ukur yang ada. Kalibrasi noise meter ini nantinya akan dihitung dan juga nantinya akan di data.
  7. Evaluasi Pembuatan laporan
    Dan yang terakhir adalah melakukan evaluasi. Evaluasi ini adalah untuk membenarkan hasil perhitungan yang mungkin tidak akurat pada noise meter.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Noise Meter

Biasanya, dalam kalibrasi untuk noise meter adalah dengan kalibrasi lapangan untuk menentukan apakah hasilnya sudah baik atau belum sebagai parameter keberhasilannya.

Kalibrasi lapangan adalah pemeriksaan sederhana instrumen yang memeriksanya terhadap tingkat yang diketahui (biasanya 94dB atau 114dB) pada frekuensi yang diketahui (biasanya 1kHz) menggunakan kalibrator akustik seperti noise meter ini.

Kesimpulan

Sudah paham tentang cara kalibrasi noise meter? Anda tidak bisa melakukannya sendiri memang. Karena Anda tidak tahu apa standar dari kalibrasi noise meter ini dikatakan bermasalah atau tidak ada masalah.

Maka dari itu, yang paling aman adalah dengan menggunakan jasa kalibrasi noise meter yang sudah terpercaya, terakreditasi, dan juga berkualitas seperti Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi noise meter