Kenapa Harus Melakukan Kalibrasi Meja Rata? Berikut Alasannya

Kalibrasi Meja Rata

Pernahkah Anda mendengar jika alat yang digunakan untuk mengkalibrasi sebuah instrumen, itu juga ternyata harus dilakukan kalibrasi juga? Ya, itu memang benar dan salah satunya adalah sebuah instrumen atau alat yang digunakan untuk melakukan kalibrasi yaitu surface plate atau meja rata. Mungkin asing sekali bukan? kenapa sebuah meja yang permukaannya datar ini harus di kalibrasi?

Sebelum itu, Anda harus tahu jika meja rata atau surface plate yakni salah satu perangkat yang dipakai dalam kalibrasi dan pengevaluasian dimensional.

Fungsinya yakni sebagai datum atau bidang acuan untuk pengevaluasian yang dilakukan dengan menerapkan instrumen ukur seperti dial gauge, height gauge dan lain-lain.

Berikut ini adalah pembahasan tentang betapa pentingnya kalibrasi meja rata dan juga cara yang dilakukan untuk mengkalibrasinya.

Tujuan Kalibrasi  Meja Rata

Meja rata merupakan perangkat yang sangat penting untuk dilakukan kalibrasi. Tujuan dari ini mungkin saja adalah digunakan untuk memenuhi dengan standar SNI ISO/IEC 17025. Tujuan yang paling jelas dari ini adalah untuk memenuhi standar dari laboratorium kalibrasi.

Meja rata yang dikalibrasi jika melihat dari standar tersebut bisa merupakan persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan kalibrasi. Dan jika Anda memiliki laboratorium kalibrasi, melakukan kalibrasi meja rata tentu saja sangat penting.

Manfaat Kalibrasi Meja Rata

Meja rata yang dilakukan kalibrasi dengan rutin manfaatnya cenderung ke kelangsungan laboratorium kalibrasi. Laboratorium kalibrasi yang menyediakan kalibrasi untuk instrumen seperti dial gauge, height gauge, dan banyak lagi ini memang sangat penting untuk menggunakan meja rata untuk melakukan kalibrasi.

Jadi, kegunaan yang jelas ini mungkin adalah demi meminimalisir adanya kesalahan pengukuran atau kesalahan hasil dalam melakukan kalibrasi instrumen.

Cara Kalibrasi Meja Rata

Jadi, bagaimana cara mengkalibrasi untuk sebuah meja yang rata? Ternyata mereka ini menggunakan cara yang cukup kompleks loh! Berikut ini adalah lembar kerja jika Anda ingin melakukan kalibrasi meja rata:

  1. Persiapan Alat
    Hal pertama adalah Anda harus mempersiapkan alat atau instrumen yang digunakan untuk mengkalibrasi meja rata. Periksa kerataan meja rata yang akan diukur terlebih dahulu.
  2. Pelaksana Kalibrasi
    Pelaksana kalibrasi juga adalah harus orang yang memang berpengalaman dan sudah paham tentang panduan untuk melakukan kalibrasi meja rata.
  3. Pengecekan kondisi Meja Rata
    Lalu cek kondisi dari meja rata. setel kedataran meja rata yang akan diukur sebaik mungkin, minimal dapat terbaca oleh level elektronik. Bersihkan tapak kaki (base) level elektronik, baja pelurus (straight edge), dan permukaan meja rata yang akan diukur.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur Meja Rata
    Metode kalibrasi yang digunakan untuk meja rata adalah metode Monte Carlo yang setidaknya sudah diakui secara internasional.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Meja Rata
    Selanjutnya pelaksanaan kalibrasi meja rata bisa dilakukan dengan metode yang sudah ditetapkan sebelumnya.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan dengan metode Monte Carlo memang sangat panjang, tapi ini demi mendapatkan perhitungan yang paling presisi.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan bisa dilakukan jika metode kalibrasi meja rata sudah selesai.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Meja Rata

Pada hasil kalibrasi meja rata, harus menyertakan informasi tentang Slope, Intercept, Instrument Name, dan Serial Number perlu diisi sebab hal ini merupakan parameter bahwa kalibrasi meja rata tersebut bisa diakui ke Metode Internasional.

Hasil kalibrasi yang berupa sertifikat kalibrasi ini akan didapatkan dan akan memiliki jangka waktu untuk dilakukan tera ulang.

Kesimpulan

Meja rata yang mungkin dikira adalah meja yang rata saja ini ternyata perlu dilakukan kalibrasi. Memang terdengar sepele tapi inilah salah satu instrumen yang digunakan untuk melakukan kalibrasi berbagai instrumen. Jika Anda ingin mencari jasa kalibrasi meja rata, Anda bisa menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Meja Rata