Pentingnya Melakukan Kalibrasi Light Box, Wajib Tahu!

kalibrasi light box

\Kalibrasi Light Box adalah alat atau panel penampil gambar yang memiliki bentuk fisik cukup tipis dan minimalis. Kegunaan light box ini adalah sebagai display atau pameran, penunjuk informasi, lokasi wisata, hingga bingkai lukisan yang terlihat modern.s

Sekilas bentuk dari light box ini seperti neon box yang mudah ditemukan di berbagai tempat namun light box ini juga meimliki beberapa keunggulan seperti bentuknya lebih variatif, bisa berbentuk spiral, tabung, lonjong, dan beraneka bentuk lainnya. 

Fungsi light box cukup beragam khususnya dalam dunia marketing yang ternyata juga bisa memperkuat sebuah brand. Yang mana mayoritas light box ini tak hanya memiliki desain yang menarik namun juga bisa dijadikan tempat informasi untuk menambah wawasan konsumen.

Adapun lightbox ini juga bisa dikalibrasi dengan cara yang sesuai prosedur, nah untuk penjelasan tentang kalibrasi light box sebaiknya lihat artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Light Box

Adapun beberapa tujuan mengkalibrasi Light Box diantaranya:

  • Light Box juga bisa dipastikan sesuai dengan nilai ketertelusuran yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Dapat mendeteksi nilai penyimpangan hasil pengukuran pada light box.
  • Memastikan bahwa light box sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Light Box

Mengapa dibutuhkannya kalibrasi pada light box, berikut ini adalah beberapa manfaat diantaranya:

  • Bisa mendukung dengan nilai kualitas yang sesuai standar SNI dan ISO.
  • Memastikan bahwa Light Box ini dapat dipakai dengan normal dan sesuai spesifikasi.
  • Memastikan bahwa Light Box ini layak pakai.

Cara Kalibrasi Light Box

Kalibrasi Light Box ini dapt dilakukan dengan cara yang sesuai prosedur diantaranya:

  1. Persiapan Alat Kalibrasi
    Prosedur kalibrasi yang pertama adalah mempersiapkan berbagai alat kalibrasi yang akan dikalibrasi yakni Light Box, serta mempersiapkan alat-alat kalibrasi yang digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Operator Pelaksana Kalibrasi
    Melakukan kalibrasi sebaiknya didampingi atau dilakukan oleh orang yang berkompeten di bidangnya agar meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan kalibrasi ataupun pengukuran.
  3. Pengecekan kondisi Light Box
    Adapun cara pengecekan kondisi lingkungan yang perlu dilakukan agar tidak mengganti hasil pengukuran yang mana hasil pengukuran ini bisa saja mempengaruhi hasil pengukuran pada alat yang sensitif seperti cahaya, suhu, dan kelembaban.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur Light Box
    Metode Kalibrasi: IK-KL-LS42, ASTM D1729-16
    Rentang Ukur:
    2856K
    0 lux ~ 2000 lux
    0 mW/cm² ~ 1000 mW/cm²
  5. Pengaktualan  kalibrasi Light Box dengan benar
    Melakukan kalibrasi Light Box adalah dengan melakukan pengamatan objek ukur apakah alat ini masih dalam keadaan normal, melakukan pembersihan alat, mengamati hasil ukur yang masih wajar, melakukan pencatatan dan pengukuran sesuai format
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Perhitungan hasil kalibrasi ini bisa dilakukan dengan cara melakukan cara pengamatan untuk objek ukur apakah masih normal, membersihkan alat untuk pengukuran sesuai dengan kapasitas, mengamati hasil ukur yang wajar, kemudian pengambilan data dan pencatatan.
  7. Pembuatan hasil laporan kalibrasi Light Box
    Hasil laporan kalibrasi light box ini berisi tentang kesimpulan dan perhitungan ketidakpastian yang dimasukan ke dalam laporan kalibrasi yang sesuai dengan pedoman SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Light Box

Hasil kalibrasi dari light box ini adalah dalam bentuk sertifikat yang menampilkan bahwa light box yang sudah dikalibrasi sudah layak dipakai dan sesuai yang nilai ketertelusuran dari standar yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Cukup sekian bahasan kita kali ini tentang informasi kalibrasi light box. Cukup rumit bukan? Jika Anda ingin mencari jasa kalibrasi light box maka Kalibrasi.com adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Kalibrasi.com menyediakan berbagai jasa kalibrasi alat ukur termasuk light box, silahkan baca lebih detail dengan cara klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi light box