Cara Melakukan dan Proses Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

kalibrasi landfill gas analyzer

Tidakkah Anda tahu jika tempat pembuangan akhir atau TPA memiliki gas yang sangat berbahaya. Terminologi industri analitik sering memisahkan aplikasi biogas dan TPA menjadi dua kategori berbeda meskipun gasnya sendiri serupa. Lokasi TPA memiliki aliran input limbah yang beragam yang tampaknya memiliki efek rata-rata pada komposisi gas dari lokasi ke lokasi.

Gas bisa sangat agresif dan korosif. Namun dari perspektif penganalisa gas, aplikasi TPA umumnya dapat diprediksi dan cukup konsisten untuk memungkinkan peralatan analitik standar ditentukan.

Sebagai alat yang digunakan untuk menganalisis gas, landfill gas analyzer terkadang memiliki masa pakai yang biasanya terjadi karena keausan karena instrumen ini yang digunakan untuk mendeteksi gas yang berbahaya. Bagaimana cara melakukan dan juga proses kalibrasinya? Mari kita bahas sekarang juga!

Tujuan Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Kita harus tahu jika landfill gas analyzer biasa digunakan dilingkungan yang terbilang ekstrem untuk menganalisis biogas. Biogas dihasilkan dari aktivitas metabolisme mikroorganisme pada bahan organik. Landfill gas adalah jenis biogas yang berasal dari penguraian sampah organik di TPA. Produksi biogas tidak diisolasi ke TPA saja. Setiap sampah organik dapat terurai tanpa adanya oksigen untuk menghasilkan biogas. 

Limbah pertanian dan efluen dari instalasi pengolahan air limbah sering dimanfaatkan sebagai sumber biogas.

Bayangkan saja jika biogas ini tidak teranalisis dengan baik, maka yang terjadi adalah kesalahan yang bisa mengakibatkan kecelakaan kerja.

Manfaat Kalibrasi Landfill Gas Analyzer?

Sebagai penganalisis gas yang ada pada pembuangan yang bisa mendapatkan energi terbarukan, kalibrasi landfill gas analyzer sangat penting. Selain penting untuk perindustrian juga penting untuk keselamatan kerja.

Kalibrasi sangat bermanfaat untuk bisa membuat landfill gas analyzer bisa berjalan dengan normal. Akan tetapi, melakukan kalibrasi tidaklah hanya soal diutak-atik saja. Akan tetapi, kalibrasi harus dilakukan dengan cara kerja dan juga SOP yang sesuai dengan standar yang berlaku secara nasional dan juga internasional.

Cara Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Kalibrasi landfill gas analyzer tidak bisa dilakukan begitu saja. Anda harus membawa alat landfill gas analyzer ini ke laboratorium kalibrasi yang memiliki akreditasi. Di sana, meraka akan menjalankan lembar kerja yang sesuai dengan standar. Untuk mengkalibrasi landfill gas analyzer, prosesnya adalah sebagai berikut:

  1. Proses persiapan sebelum kalibrasi
    Yang pertama harus Anda lakukan adalah proses persiapan. Proses persiapan ini melibatkan persiapan alat apa yang harus digunakan untuk melakukan kalibrasi.
  2. Operator Pelaksana kalibrasi Landfill gas analyzer
    Setelah itu, operator pelaksana kalibrasi landfill gas analyzer tentunya harus ada. Operator ini adalah orang yang memang sudah paham dengan betul tentang kalibrasi landfill gas analyzer dan juga sudah mendapatkan sertifikasi.
  3. Pengecekan kondisi lingkungan saat kalibrasi Landfill gas analyzer
    Selanjutnya yang paling penting adalah mengecek kondisi lingkungan. Maksudnya disini adalah kalibrasi harus dilakukan di ruangan atau di lingkungan yang stabil. Hitung terlebih dahulu seperti suhu dan juga kelembapan yang akan berguna nanti untuk penulisan hasil.
  4. Langkah – Langkah melakukan kalibrasi dan rentang ukur Landfill gas analyzer
    Dan selanjutnya tentukan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk kalibrasi. Tentukan rentang ukurnya yang memang sesuai standar.
  5. Pelaksanaan kalibrasi Landfill gas analyzer
    Metode sudah dapat, rentang ukur sudah dapat, sekarang saatnya untuk melakukan kalibrasi landfill gas analyzer.
  6. Penghitungan hasil kalibrasi
    Pelaksanaan kalibrasi landfill gas analyzer membuahkan sebuah penghitungan hasil kalibrasi. Hasil ini akan ditentukan apakah ada deviasi atau tidak.
  7. Pembuatan Hasil laporan
    Setelah semua hal dicatat, penghitungan juga sudah dilakukan. Saatnya membuat hasil laporan kalibrasi yang berupa sertifikasi kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Landfill Gas Analyzer

Hasil dari kalibrasi landfill gas analyzer untuk pemantauan O2, CO, H2S, metana, kelembaban, amonia dan banyak lagi yang menjadi parameter dari pelaksanaan kalibrasi instrumen ini. 

Hasil yang kalibrasi landfill gas analyzer yang berupa sertifikat ini akan membuahkan penghitungan yang pasti dan jika ada deviasi atau tidak sesuai dengan parameter, maka akan dibenarkan sesuai dengan standar yang berlaku.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang proses kalibrasi landfill gas analyzer. Memang caranya ribet untuk melakukan kalibrasi landfill gas analyzer. Untuk itu Anda bisa menggunakan jasa kalibrasi landfill gas analyzer yang berkualitas dan juga terakreditasi di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi landfill gas analyzer