Begini Pentingnya Kalibrasi Gas Buang, Wajib Tahu!

kalibrasi gas buang

Gas buang memang banyak yang tidak tahu jika harus dilakukan kalibrasi. Gas buang ini biasanya disebut dengan gas analyzer. Gas analyzer adalah perangkat analitik yang mengukur konsentrasi atau kualitas senyawa gas tertentu dalam campuran beberapa gas. Mereka digunakan di berbagai industri seperti pertanian, manufaktur, dan pengelolaan limbah. 

Gas analyzer sangat berguna untuk membantu pemilik fasilitas dan manajer memantau tingkat gas dalam operasi mereka untuk memastikan jumlahnya berada dalam kisaran yang dapat diterima untuk keselamatan karyawan dan kualitas produk dan juga saat proses industri.

Apa pentingnya yang lain untuk mengkalibrasi instrumen ini? Dan bagaimana caranya untuk mengkalibrasinya? Mari kita cari tahu!

Tujuan Kalibrasi Gas Buang

Perlu Anda ketahui di awal jika penganalisis gas buang ini menggunakan berbagai jenis sensor untuk menghasilkan hasil analisis. Empat jenis utama sensor adalah NDIR, elektrokimia, titik embun, dan konduktivitas termal.

Bayangkan saja jika ke 4 jenis sensor ini ada masalah, pasti ada salah pehitungan bukan? Demi keselamatan kerja, 4 sensor tersebut harus bekerja secara presisi agar analisis gas buang bisa tepat, maka dari itu dilakukanlah yang namanya kalibrasi gas buang.

Manfaat Kalibrasi Gas Buang?

Biasanya manfaat paling utama dilakukan kalibrasi gas buang adalah demi keselamatan kerja dan juga demi lingkungan yang ada di sekitar. Biasanya, gas buang ini mengandung berbagai macam gas emisi. Jika analisis salah, maka bisa menyebabkan pencemaran lingkungan di sekitar.

Jika terjadi pencemaran lingkungan karena salah analisis gas buang, maka industri bisa dikenai sanksi. Maka dari itu, jangan sepelekan kalibrasi gas buang.

Cara Kalibrasi Gas Buang

Untuk bisa melakukan kalibrasi gas buang, berikut ini adalah caranya yang lengkap. Cara ini sesuai dengan SOP dan memang sesuai dengan standar yang berlaku baik itu secara nasional ataupun internasional.

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Jadi, untuk pertama kali melakukan kalibrasi gas buang adalah dengan melakukan persiapan instrumennya dan juga alat-alat untuk kalibrasi.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi gas buang
    Dan selanjutnya adalah harus ada pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi gas buang. Pelaksana ini adalah orang yang sudah memiliki sertifikat untuk bisa melakukan kalibrasi gas buang dari KAN dan BSN.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi gas buang
    Kita tahu jika kalibrasi ini adalah untuk menentukan kesalahan atau ketidakpastian. Jadi, validasi terlebih dahulu situasi lingkungan untuk kalibrasi gas buang.
  4. Langkah – Langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur gas buang
    Untuk mengkalibrasi penganalisa proses, cairan kalibrasi dengan isi dan jumlah yang diketahui dilewatkan melalui penganalisa, menghasilkan pengukuran konsentrasi komponen. Jika pengukuran ini tidak konsisten dengan jumlah yang diketahui dalam cairan kalibrasi, penganalisa proses disesuaikan.
  5. Pengaktualan kalibrasi alat gas buang
    Jika terjadi kesalahan, maka alat gas buang ini akan dilakukan pengaktualan yang hitungannya disesuaikan dengan standar yang berlaku secara internasional dan nasional.
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Selanjutnya harus ada perbandingan saat dilakukan proses kalibrasi. Hasil ini nantinya berguna untuk menuliskan laporan kalibrasi.
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Dan yang terakhir adalah pembuatan hasil laporan kalibrasi yang memuat logo akreditasi, metode kalibrasi, hasil kalibrasi berupa koreksi/persamaan kalibrasi atau ketidakpastian, serta berisi informasi kondisi alat saat pengukuran.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Gas Buang

Parameter dari kalibrasi gas buang adalah dengan pengumpulan sampel. Nantinya, saat sampel proses dianalisis, keakuratan pembacaan penganalisa akan bergantung pada keakuratan proses kalibrasi.

Sangat penting bagi kita untuk memahami bagaimana kesalahan atau kontaminasi dapat terjadi melalui kalibrasi gas buang tersebut. 

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai kalibrasi gas buang. Jika Anda memang memiliki industri yang erat kaitannya dengan alat gas buang, Anda bisa melakukan kalibrasi di jasa kalibrasi gas buang Kalibrasi.com yang dijamin terpercaya dan juga memiliki akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi gas buang