Inilah Tujuan Kenapa Harus Melakukan Kalibrasi Durometer

kalibrasi durometer

Durometer adalah salah satu jenis alat ukur yang digunakan untuk mengukur tingkat kekerasan benda yang didasarkan dengan mengukur kekuatan perlawanan dari sebuah penetrasi jarum dengan beban pegas. Durometer ini terdiri dari jenis yang dibedakan menurut material yang akan diuji seperti untuk karet, pipa, plastik, kayu, dan masih banyak lagi.

Durometer ini dalam jangka panjang akan mengalami penurunan performa pengukuran sehingga dibutuhkan untuk kalibrasi secara berkala agar tetap terjaga keakuratannya. Lalu bagaimana cara melakukan kalibrasi durometer? Mari kita simak artikel berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Durometer

Adapun beberapa tujuan mengkalibrasi durometer diantaranya:

  • Memastikan nilai ketertelusuran pada durometer yang sudah sesuai dengan standar yang lebih tinggi.
  • Untuk mendeteksi adanya penyimpangan pengukuran pada alat ukur durometer.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran durometer sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku.

Manfaat Kalibrasi Durometer

Adapun manfaat dari kalibrasi durometer diantaranya adalah:

  • Mendukung penerapan nilai dengan kualitas yang sesuai dengan standar ISO dan SNI.
  • Memastikan bahwa durometer masih sesuai dengan fungsinya normal dan sesuai spesifikasi.
  • Memastikan bahwa durometer layak pakai.

Cara Kalibrasi Durometer

Melakukan kalibrasi durometer ini harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan standar internasional mulai dari mempersiapkan peralatan, melakukan kalibrasi, hingga pembuatan laporan dengan penjelasan berikut ini.

  1. Mempersiapkan Alat Kalibrasi
    Prosedur kalibrasi yang pertama adalah mempersiapkan peralatan kalibrasi yang akan dikalibrasi yakni durometer, serta mempersiapan peralatan kalibrasi yang digunakan untuk proses kalibrasi.
  2. Operator Kalibrasi
    Melakukan kalibrasi hendaknya dilakukan oleh orang yang berkompeten di bidangnya agar meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan kalibrasi ataupun pengukuran.
  3. Pengecekan situasi dan kondisi durometer
    Mengecek kondisi lingkungan sekitar dari berbagai hal yang bisa mengganggu hasil pengukuran misalnya cahaya, suhu, kelembaban, dan lain sebagainya.
  4. Langkah-langkah Mengkalibrasi dan rentang ukur durometer
    Metode kalibrasi durometer haruslah sesuai dengan metode standar nasional dan internasional yang diakui masyarakat luas. Kemudian pilihlah metode kalibrasi yang paling mudah dilakukan agar dapat meminimalisir kesalahan dalam pengambilan data.
  5. Pengaktualan  durometer dengan benar
    Melaksanakan kalibrasi durometer adalah dengan melakukan pengamatan objek ukur apakah alat ini masih dalam keadaan normal, melakukan pembersihan alat, mengamati hasil ukur yang masih wajar, melakukan pencatatan dan pengukuran sesuai format.
  6. Perhitungan hasil kalibrasi
    Melakukan perhitungan hasil kalibrasi dari pengamatan yang dilakukan dengan cara dengan menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan, dan menentukan persamaan regresi.
  7. Pembuatan hasil laporan durometer
    Hasil dari perhitungan dan kesimpulan tadi akan dimasukan ke dalam laporan kalibrasi yang sesuai dengan pedoman dari SNI 19-17025.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Durometer

Hasil kalibrasi durometer maka akan ditemukan berbagai parameter seperti nilai penyimpangan, obyek ukur, besaran nilai penyimpangan atau nilai koreksi, faktor kalibrasi, tingkat kepercayaan dan evaluasi.

Kesimpulan 

Dalam melakukan kalibrasi durometer adalah hal yang harus sesuai dengan prosedurnya. Hal ini tentu akan mempengaruhi apa saja yang terjadi jika alat durometer ini terjadi kesalahan kalibrasi yang berakibat fatal.

Maka dari itu sebaiknya proses kalibrasi dilakukan oleh pihak yang berkompeten seperti Kalibrasi.com. Kalibrasi.com adalah penyedia jasa kalibrasi segala jenis alat ukur yang sudah terakreditasi. Silahkan untuk segera klik tombol di bawah ini untuk mempelajari secara lebih detail mengenai jasa kalibrasi durometer.

Jasa kalibrasi durometer