Kalibrasi DO Meter (Dissolve Oxygen) : Tujuan, Manfaat, dan Caranya

kalibrasi DO meter

Tahukah Anda kandungan oksigen dalam air dapat diukur melalui suatu alat. Yap terdapat alat yang dapat digunakan untuk mengukur kadar oksigen dan O2 diudara bebas menggunakan sebuah alat yang disebut dengan DO meter. Lalu apa yang disebut DO meter itu?

DO meter atau dissolve oxygen meter merupakan sebuah alat yang digunakan dalam mengukur serta membaca kadar oksigen yang terkandung dan terlarut dalam permukaan air ataupun air tanah. 

Alat ukur yang biasanya digunakan pada industri air minum ini membutuhkan sebuah prosedur kalibrasi untuk menjaga tingkat akurasi dan kelayakan hasil pengukuran dari alat ini. Mari kenali lebih dalam mengenai kalibrasi DO meter, selengkapnya simak penjelasan berikut:

Tujuan Kalibrasi DO Meter (Dissolve Oxygen)

Seperti pada penjelasan diawal bahwasannya dissolve oxygen digunakan untuk membaca suatu oksigen yang terkandung dalam air. Oleh karena itu tujuan dilakukannya kalibrasi DO meter adalah untuk memastikan performa DO meter masih layak digunakan atau tidak. 

Karena semakin lama alat ukur digunakan, tingkat kekuatannya dapat menurun itulah mengapa prosedur kalibrasi pada DO meter harus dilakukan secara rutin dan berkala.

Manfaat Kalibrasi DO Meter (Dissolve Oxygen)?

Sebagaimana prosedur kalibrasi yang umumnya dilakukan pada kegiatan industri yang tidak semata-mata hanya menjalankan sebuah prosedur melainkan dapat memberikan manfaat besar bagi kegiatan produksi. Tentu saja ada manfaat yang didapatkan ketika kalibrasi DO meter dilakukan salah satunya sebagai cara untuk menjaga kualitas alat ukur dan hasil proses pengukuran alat tersebut.

Kemudian dengan dilakukannya kalibrasi DO meter, hasil dari pengukuran alat tersebut dapat diketahui penyimpangan atau batas toleransi dari alat ukur tersebut. Selain itu pula dengan melakukan prosedur kalibrasi DO meter akan membantu memberikan jaminan hasil pengukuran.  

Cara Kalibrasi DO Meter (Dissolve Oxygen)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwasannya prosedur kalibrasi bukanlah prosedur yang mudah dilakukan. Oleh karenanya terdapat beberapa cara-cara yang wajib diketahui oleh pelaksana kalibrasi diantaranya sebagai berikut: 

  1. Melakukan persiapan sebelum melakukan kalibrasi
    Mempersiapkan alat ukur dan bahan ukur adalah hal pertama yang harus dilakukan ketika akan menyelenggarakan prosedur kalibrasi. Sebagaimana dalam prosedurnya yang alat dipersiapkan harus dalam kondisi baik digunakan. Serta acuan bahan ukur yang digunakan harus sesuai dengan standar nasional maupun internasional.
  2. Pelaksana yang terpercaya dalam kalibrasi DO meter (dissolve Oxygen)
    Menunjuk pelaksana yang terpercaya dan berkompeten sangat penting dilakukan karena bagaimanapun juga pelaksana kalibrasi yang akan menggerakkan jalannya prosedur kalibrasi. Beberapa persyaratan untuk seorang pelaksana kalibrasi antara lain memiliki latar belakang pendidikan di bidang kalibrasi atau minimal telah menyelesaikan kursus khusus kalibrasi. Persyaratan ini harus dipenuhi setiap pelaksana kalibrasi, agar tidak mengacaukan hasil kalibrasi DO meter.
  3. Validasi situasi lingkungan saat kalibrasi DO meter (dissolve Oxygen)
    Memastikan kondisi lingkungan dalam keadaan baik dan tidak mempengaruhi pengujian kalibrasi DO meter sangat penting dilakukan. Hal ini karena pada beberapa kasus kesalahan kalibrasi disebabkan oleh faktor kondisi lingkungan yang tidak memungkinkan sebagai tempat kalibrasi. 
  4. Langkah – Langkah dalam melakukan kalibrasi dan rentang ukur DO meter (dissolve Oxygen)
    Pada tahap pelaksanaan ada beberapa langkah-langkah yang patut diperhatikan dalam pelaksanaan kalibrasi untuk mendapatkan data hasil kalibrasi yang akurat dan terpercaya. Selengkapnya berikut ini :
    – Lakukanlah pengamatan pada objek ukur untuk mengetahui apakahalat tersebut masih berfungsi dengan baik.
    – Menyetel ulang alat ukur  dari mulai kedataran, dan titik nolnya, bersihkan pula alat ukur dari kotoran dan debu yang menempel.
    – Mulai lakukan pengamatan alat ukur dengan melihat kewajaran dari pengukuran yang alat ukur lakukan.
    – Apabila diperoleh hasil yang diinginkan catatlah hasil tersebut dengan teliti dan sesuai format pengukuran.
    Pada dasarnya prosedur kalibrasi menggunakan metode yang telah diatur sesuai dengan bidang alat ukur, untuk metode kalibrasi DO meter yaitu TO-MD-8.02 dengan rentang ukur 5L/menit~35L/menit.
  5. Pengaktualan kalibrasi alat DO meter (Dissolve Oxygen)
    Setelah pelaksanaan kalibrasi DO meter selesai dilakukan tidak sampai disitu aja, diperlukan pengaktualan agar hasil pengujian dapat dipastikan keakuratannya. Apabila hasil pengukuran telah menunjukkan indikasi kesesuaian dengan yang diinginkan maka tahap selanjutnya dapat dilaksanakan. 
  6. Perhitungan dari hasil kalibrasi
    Sebagaimana yang telah Anda ketahui bahwasannya prosedur kalibrasi salah satu prosedur yang membutuhkan ketelitian tinggi. Oleh karenanya pada tahap perhitungan harus menjamin kebenaran hasil perhitungan, agar didapatkan data hasil pengukuran yang akurat. 
  7. Pembuatan Hasil laporan kalibrasi
    Setelah tahapan diatas telah sempurna dijalankan yang terakhir pastinya menyusun laporan dari hasil prosedur kalibrasi DO meter. Pembuatan laporan harus sesuai dengan format penulisan laporan kalibrasi. Selanjutnya laporan tersebut akan disahkan oleh pihak yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan kalibrasi  biasanya oleh kepala lembaga atau laboratorium. laporan ini pun nantinya menjadi dasar dalam pembuatan sertifikat kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi DO Meter (Dissolve Oxygen)

Parameter atau tolak ukur dari kalibrasi DO meter adalah ketika alat ukur telah memenuhi tingkat akurasi yang semakin baik. Untuk menunjukkan alat ukur DO meter telah menjalani serangkaian prosedur kalibrasi yaitu adanya sertifikat hasil kalibrasi atau dokumen kalibrasi yang turut menyertai setelah prosedur kalibrasi telah dilakukan.

Kesimpulan 

Demikianlah pembahasan mengenai Kalibrasi DO meter bahwasannya alat ukur sepenting DO meter haruslah dilakukan kalibrasi secara berkala untuk memastikan kebenaran pengukuran yang dilakukan oleh alat ukur tersebut. Prosedur kalibrasi yang dilakukan semata-mata untuk kemajuan perusahaan sendiri. 

Oleh karenanya lakukanlah prosedur kalibrasi pada jasa kalibrasi telah terakreditasi dan terpercaya. Masih mencari jasa kalibrasi untuk alat DO meter Anda? Yuk temukan lebih lengkap jasa kalibrasi di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi DO meter