Pentingnya Kalibrasi DMM 5.5 Digit yang Wajib Diketahui!

kalibrasi DMM 5.5 digit

Semua orang pasti sepakat di zaman sekarang listrik menjadi kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Tapi tahukah Anda pengukuran besaran listrik biasa dilakukan pada suatu komponen atau rangkaian listrik menggunakan sebuah instrumen alat bernama DMM 5.5 digit.

DMM 5.5 Digit atau Digital Multimeter adalah salah satu instrumen pengujian dan pengukuran standar kelistrikan yang digunakan untuk mengukur beberapa rangsangan listrik, termasuk tegangan, arus , dan hambatan. Sebagai sebuah alat ukur instrumen ini membutuhkan prosedur kalibrasi sebelum melakukan pengukuran besaran listrik.

Masih bingung dengan kalibrasi DMM 5.5 digit? untuk lebih lengkapnya mengenai kalibrasi ini, yuk simak penjelasan lebih dalamnya berikut ini!

Tujuan Kalibrasi DMM 5.5 Digit

Seperti yang telah kita ketahui bahwa kalibrasi adalah sebuah prosedur pengujian pada instrumen ukur. Maka tidak heran apabila instrumen alat DMM 5.5 digit perlu dilakukan kalibrasi. Tujuan pengkalibrasian alat ini adalah memastikan akurasi perangkat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya sehingga hasil pengukuran oleh alat tersebut dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasinya.

Manfaat Kalibrasi DMM 5.5 Digit

Manfaat prosedur kalibrasi DMM 5.5 digit adalah sebagai berikut :

  • Untuk mengantisipasi hasil pengukuran yang kurang atau bahkan tidak akurat. 
  • Membantu instrumen alat mengembalikan performa terbaiknya dalam melakukan pengukuran. 
  • Membantu menjaga kualitas dan kelayakannya instrumen alat 
  • Sebagai jaminan dan konfirmasi atas hasil pembacaan pengukuran instrumen alat.

Cara Kalibrasi DMM 5.5 Digit

Sebagai sebuah prosedur yang digunakan untuk memberikan jaminan keakuratan alat. Prosedur kalibrasi memiliki beberapa cara-cara yang semestinya dilakukan secara runtut. Berikut cara kalibrasi DMM 5.5 digit antara lain :

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Langkah awal adakah dengan menyiapkan instruman alat yang akan dikalibrasi. Pastikan alat tersebut dalam keadaan baik, bersih dan siap dilakukan kalibrasi. 
  2. Menyediakan Operator Pelaksana Kalibrasi
    Menunjuk operator kalibrasi harus dapat dipercaya dan memiliki kompetensi di bidang kalibrasi. Setidaknya seorang operator pelaksana harus memiliki sertifikasi pelaksana kalibrasi 
  3. Pengecekan situasi dan kondisi DMM 5.5
    Sebelum memulai prosedur kalibrasi hendaknya memastikan kembali keadaan instrumen alat. Ujilah instrumen alat sebelum dan sesudah dikalibrasi agar nantinya dapat dibandingkan perbedaan besaran nilai pengujiannya.
  4. Langkah-langkah mengkalibrasi dan rentang ukur DMM 5.5 Digit
    Langkah-langkah kalibrasi DMM 5.5 digit adalah sebagai berikut :
    – Memastikan instrumen alat memberikan hasil pengukuran yang tertelusur dengan disertai bukti sertifikat kalibrasi yang sah.
    – Pemeriksaan ulang status, keamanan dan fungsi instrumen untuk menghindari kerusakan pada instrumen alat
    – Pelaksanaan kalibrasi DMM bergantung pada kelas kalibrasi dan permintaan pemilik instrumen alat.
    – Lakukanlah pengujian dengan menentukan titik pengukuran pada range setiap fungsi DMM
    – Mencatat dan ambil data hasil pengamatan secara objektif  bukan subjektif
    Pada umumnya standar acuan yang digunakan dalam kalibrasi DMM 5.5 digital adalah 5730A atau 5522A. 
  5. Pelaksanaan DDM 5.5 Digital dengan benar
    Setelah langkah-langkah diatas telah dilakukan pastikan pelaksanaan kalibrasi telah sempurna dilakukan. Apabila terjadi penyimpangan cek ulang pengujian kalibrasi yang dilakukan 
  6. Perhitungan kalibrasi
    Selanjutnya setelah mendapatkan data hasil pengujian, lakukanlah perhitungan pada data yang didapatkan. Hitunglah dengan teliti agar hasil perhitungan tidak terjadi kesalahan. 
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan dilaksanakan setelah langkah-langkah diatas telah dinyatakan akurat. Untuk membuat laporan kalibrasi harus berdasarkan format pedoman penulisan laporan kalibrasi. Laporan selesai dibuat dan telah dicek kebenarannya akan disahkan oleh penanggung jawab penyelenggara kalibrasi.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi DMM 5.5 Digit

Parameter atau tolak ukur keberhasilan kalibrasi DMM 5.5 digit berupa hasil pengukuran yang menunjukkan tingkat keakuratan yang semakin baik setelah prosedur kalibrasi dilakukan. Hasil kalibrasi dapat diketahui seluruh datanya melalui sertifikat kalibrasi ataupun dokumen kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikianlah penjelasan mengenai prosedur kalibrasi DMM 5.5 digit. Sebagai sebuah instrumen ukur DMM 5.5 memerlukan prosedur kalibrasi secara rutin untuk menjaga keakuratan dan hasil pengukurannya. 

Kalibrasilah instrumen alat Anda pada jasa kalibrasi terpercaya. Untuk urusan jasa kalibrasi pilihlah jasa kalibrasi yang terakreditasi hanya di Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi DMM 5.5 digit