Bagaimana Cara Kalibrasi Dial Thickness Gauge? Simak disini!

kalibrasi Dial Thickness Gauge

Sebelum membahas tentang Kalibrasi Dial Thickness Gauge hendaknya kita membahas sedikit tentang apa itu Dial Thickness Gauge. Dial Thickness Gauge atau alat pengukur ketebalan adalah sebuah alat yang seperti namanya yakni untuk mengukur ketebalan dalam satuan milimeter.

Alat ini biasanya digunakan untuk mengukur bahan seperti lembaran plastik, logam, kertas, atau kardus. Ada juga yang menggunakannya untuk mengukur ketebalan kain dan medis. Selain itu juga bisa digunakan untuk mengukur diameter benda silinder seperti pipa ataupun baut.

Sama seperti alat ukur pada umumnya Dial Thickness Gauge ini juga bisa mengalami keausan dalam melakukan pengukuran yang tidak bisa akurat dalam hasil pengukuran. Adapun cara  kalibrasi Dial Thickness Gauge yang akan dibahas berikut ini.

Tujuan Kalibrasi Dial Thickness Gauge

Proses Kalibrasi Dial Thickness Gauge memiliki tujuan diantaranya :

  • Menentukan adanya nilai pengukuran dalam pengukuran ketebalan menggunakan Dial Thickness Gauge.
  • Memastikan bahwa nilai hasil pengukuran dengan nilai ketertelusuran sama besarnya.
  • Memastikan bahwa hasil pengukuran Dial Thickness Gauge sama dengan standar internasional.

Manfaat Kalibrasi Dial Thickness Gauge

Mengkalibrasi Dial Thickness Gauge ini memiliki manfaat diantaranya:

  • Menjaga agar kondisi Dial Thickness Gauge dalam keadaan normal dan sesuai spesifikasinya.
  • Dapat mendukung sistem mutu yang diterapkan dalam industri yang menggunakan Dial Thickness Gauge ini sebagai instrumen ukur.
  • Meningkatkan reputasi perusahaan karena menggunakan alat yang terkalibrasi berstandar.

Cara Kalibrasi Dial Thickness Gauge

Melakukan kalibrasi Dial Thickness Gauge haruslah sesuai dengan prosedur yang ditentukan oleh standar yang berlaku yakni seperti:

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Proses alat kalibrasi adalah mempersiapkan Dial Thickness Gauge yang masih berfungsi normal, mempersiapkan berbagai alat pendukung kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Melakukan kalibrasi wajib dilakukan atau minimal didampingi oleh orang yang berkompeten di bidangnya terutama di bidang kalibrasi. Hal ini dikarenakan agar dapat meminimalisir terjadinya kesalahan pengukuran kalibrasi Dial Thickness Gauge.
  3. Pengkondisian lingkungan kalibrasi
    Melakukan pengecekan lingkungan kalibrasi yang harus disesuaikan dengan kondisi agar tidak mempengaruhi hasil dari pengukuran Dial Thickness Gauge. Beberapa faktor yang mungkin bisa mempengaruhi hasil kalibrasi adalah kelembaban, suhu ruangan, getaran, cahaya, dan gravitasi.
  4. Gunakan metode kalibrasi standar nasional/internasional
    Penggunaan metode kalibrasi yang sesuai dengan standar internasional seperti: Metode Kalibrasi: JIS B 7503:2017 Rentang Ukur: 0mm ~ 25mm
  5. Pelaksanaan kalibrasi Dial Thickness Gauge
    Pelaksanaan ini dilakukan dengan cara yang sesuai dengan standar internasional adalah melakukan pembersihan pada alat yang akan dikalibrasi, melakukan pengukuran sesuai kapasitas pengukuran, mencatat apapun hasil dari pengukurannya.
  6. Pengamatan dan perhitungan
    Setelah melakukan kalibrasi adalah melakukan pengamatan dan perhitungan terhadap pencarian nilai penyimpangan, nilai ketidakpastian, nilai maksimum-minimum, konversi satuan yang akan digunakan sebagai bahan acuan pelaporan.
  7. Pembuatan laporan
    Pembuatan laporan ini adalah proses kalibrasi terakhir yang akan dijadikan patokan untuk melakukan tindak lanjut ataupun menentukan nilai ketidakpastian. Adapun isi dari laporan ini sudah sesuai dengan pedoman ISO.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Dial Thickness Gauge

Hasil kalibrasi Dial Thickness Gauge adalah dalam bentuk sertifikat yang digunakan sebagai bukti bahwa alat ukur Dial Thickness Gauge ini sudah dilakukan kalibrasi.

Kesimpulan 

Demikian pembahasan kita kali ini tentang bagaimana cara melakukan kalibrasi Dial Thickness Gauge yang sesuai dengan standar internasional. Jika Anda ingin menggunakan jasa kalibrasi Dial Thickness Gauge yang terakreditasi maka bisa menjatuhkan pilihan pada Kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi Dial Thickness Gauge