Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasi Batching Plant

Kalibrasi Batching Plant

Bagi Anda yang berkecimpung di dunia industri ataupun pembangunan pasti sudah tidak asing dengan yang namanya batching plant. Apa sih batching plant ini? Batching plant adalah sebuah lokasi yang berisikan peralatan yang digunakan untuk memproduksi beton siap pakai.

Biasanya batching plant ini digunakan di berbagai industri percetakan beton atau proyek konstruksi yang biasa menggunakan beton siap pakai. Batching plant ini akan secara konsisten mengolah material semen, pasir, dan lainnya untuk dijadikan beton siap pakai dengan jumlah skala besar namun tetap memperhatikan kualitasnya.

Tahukah Anda bahwa Batching plant ini juga perlu di kalibrasi yang digunakan untuk menjaga agar tetap berfungsi secara normal baik secara gerakan pengadukan yang lebih konsisten dan tetap menghasilkan beton yang berkualitas terbaik. 

Tujuan Kalibrasi Batching Plant

Kalibrasi Batching plant ini memiliki tujuan antara lain:

  • Menentukan nilai deviasi atau penyimpangan yang ada pada alat Batching plant.
  • Mencapai nilai ketertelusuran yang berstandar primer internasional maupun nasional.
  • Memastikan menghasilkan pengukuran yang sesuai dengan standar internasional maupun nasional.

Manfaat Kalibrasi Batching Plant

Mengkalibrasi Batching plant ini memiliki manfaat diantaranya:

  • Menjaga kondisi instrumen ukur yang bahan ukur ini supaya sesuai dengan spesifikasinya.
  • Mendukung sistem mutu yang diterapkan pada industri yang menggunakan peralatan Batching plant ini sehingga dapat memproduksi beton yang berkualitas.

Cara Kalibrasi Batching Plant

Untuk melakukan kalibrasi Batching plant dengan hasil yang maksimal, aka harus melakukan beberapa langkah penting kalibrasi yang terdiri dari.

  1. Mempersiapkan alat kalibrasi
    Proses mempersiapkan alat kalibrasi ini adalah langkah pertama yang harus dilakukan secara maksimal yang mana akan menentukan kualitas dari hasil kalibrasi itu sendiri. Persiapan yang bisa dilakukan adalah alat yang akan dikalibrasi dan juga peralatan yang akan digunakan untuk kalibrasi.
  2. Persiapan pelaksana kalibrasi
    Melaksanakan proses kalibrasi tentu membutuhkan orang yang berkompeten di bidang kalibrasi ini sendiri. Terutama bagi orang yang berkecimpung di sektor industri beton yang bisa mengkalibrasi Batching plant.
  3. Pengecekan dan kondisi Batching Plant
    Kondisi lingkungan juga bisa mempengaruhi kalibrasi, kondisi lingkungan ini seperti kelembaban, suhu, getaran terutama bagi alat Batching plant yang sensitif sekali terhadap getaran yang mana memiliki mekanis yang berputar untuk mengaduk campuran.
  4. Gunakan metode standar nasional/internasional
    Untuk Metode Kalibrasi Batching plant yang terbaik adalah: CSIRO:2010, IK-KM-MS04
    Rentang Ukur:
    0kg ~ 100kg
    100kg ~ 150kg
    150kg ~ 300kg
    500kg ~ 600kg
    600kg ~ 1000kg
    1000kg ~ 10000kg
  5. Pelaksanaan kalibrasi Batching Plant
    Pelaksanaan kalibrasi Batching plant ini diawali dengan melakukan pengamatan terhadap bentuk fisik dan fungsi Batching plant yang masih normal atau tidak. Jika masih normal maka dilakukan pengukuran sesuai kapasitasnya. Jika hasil pengukuran dikira wajar maka akan diambil datanya dan dicatat untuk proses selanjutnya.
  6. Perhitungan kalibrasi
    Perhitungan kalibrasi ini dilakukan untuk menemukan nilai-nilai kalibrasi seperti nilai penyimpangan, nilai ketidakpastian, nilai maksimum-minimum, konversi satuan dan lainnya.
  7. Pembuatan laporan
    Jika sudah dilakukan kalibrasi maka tahap terakhir adalah membuat pelaporan dari berbagai hasil pengukuran yang sudah dilakukan sebelumnya. Pelaporan ini akan menunjukan bahwa alat Batching plant ini masih layak pakai dan rekomendasi tindakan selanjutnya apakah perlu diperbaiki atau tidak.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Batching Plant

Hasil kalibrasi Batching plant ini akan menghasilkan sertifikat yang menunjukan bahwa alat Batching plant ini layak pakai dan sesuai dengan standar internasional. Menjadikan alat Batching plant mencapai nilai ketertelusuran dengan standar internasional.

Kesimpulan

Untuk melakukan kalibrasi Batching plant memang dibutuhkan prosedur dan orang yang tepat. Adapun beberapa perusahaan yang menyediakan jasa kalibrasi Batching plant seperti Kalibrasi.com yang terpercaya. Jika Anda berminat maka bisa langsung klik tombol di bawah ini.

Jasa Kalibrasi Batching Plant