Ini Dia Tujuan, Manfaat, dan Cara Kalibrasi Angle Gauge!

kalibrasi angle gauge

Angle gauge merupakan alat yang memiliki fungsi serta kegunaan untuk melakukan pengukuran yang cepat sudut antara dua permukaan dalam industri teknik. Dengan menggunakan angle gauge jelas pengukuran sudut akan lebih mudah dilakukan dan juga pastinya hasil pengukuran juga akan sangat akurat.

Namun tahukah kalian bahwa penggunaan angle gauge yang terus menerus terkadang akan menimbulkan malfungsi pada sebagian komponen angle gauge? 

Nah untuk menghindari hal yang tidak diinginkan mengenai angle gauge, sebaiknya lakukan kalibrasi angle gauge secara rutin dengan baik dan benar.

Dengan dilakukannya kalibrasi, pastinya angle gauge akan tetap selalu berfungsi dengan semestinya dan juga selalu menjaga keakuratan dalam melakukan pengukuran sudut.  Selain untuk tetap menjaga angle gauge berfungsi dengan baik dan juga memiliki keakuratan dalam pengukuran, ada tujuan dilakukannya kalibrasi pada angle gauge.

Tujuan Kalibrasi Angle Gauge

Melakukan perawatan yang baik dan benar dengan cara kalibrasi pada angle gauge jelas merupakan pilihan yang tepat. Tujuan dilakukannya kalibrasi pada angle gauge tidak lain tidak bukan adalah untuk menghindari penyimpangan mengenai hasil ukur. Selain itu juga untuk tetap menjaga kualitas hasil ukur yang tetap akurat.

Kalibrasi saat ini memang sangat dibutuhkan dan juga penting terutama sebagai perawatan instrumen alat-alat industri seperti angle gauge. Selain tujuan untuk menjaga kualitas pengukuran, ternyata cukup banyak manfaat yang akan didapat ketika melakukan kalibrasi angle gauge.

Manfaat Kalibrasi Angle Gauge?

Terkadang kita tidak menyadari terjadinya penyimpangan hasil pengukuran karena kesalahan kita sendiri. Instrument angle gauge yang sering digunakan tanpa adanya perawatan sama sekali itulah yang menjadi faktor utama terjadinya penyimpangan mengenai hasil ukur. Untuk itulah diperlukan adanya proses kalibrasi. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari proses kalibrasi angle gauge :

  • Menjaga kualitas proses dan juga hasil pengukuran
  • Dapat mengetahui terjadinya penyimpangan sejauh mana
  • Memberikan jaminan terhadap hasil pembacaan pengukuran
  • Mendukung sistem mutu ISO
  • Memutuskan kelayakan pemakaian angle gauge apakah masih bisa dipakai atau harus dilakukan penggantian.

Cara Kalibrasi Angle Gauge

Demi memperoleh hasil kalibrasi yang maksimal, jelas diperlukan langkah kalibrasi yang baik dan benar. Berikut ini merupakan cara kalibrasi angle gauge yang baik dan benar sesuai dengan ISO :

  1. Persiapan Kalibrasi
    Persiapkan angle gauge mana yang akan terlebih dahulu dilakukan kalibrasi. Selain menyiapkan angle gauge, anda juga perlu untuk menyiapkan alat yang digunakan untuk mengkalibrasi.
  2. Mempersiapkan Pelaksana Kalibrasi
    Tunjuk orang yang memang ahli di bidang kalibrasi angle gauge. Atau anda juga bisa menggunakan jasa kalibrasi angle gauge terpercaya melalui kalibrasi.com.
  3. Cek kondisi lingkungan sekitar untuk kalibrasi
    Selalu pastikan lingkungan yang nantinya akan dilakukan proses kalibrasi suhu dan kelembabannya normal.
  4. Metode kalibrasi dan rentang ukur
    Ini merupakan cara yang terpenting yaitu dengan mengikuti metode kalibrasi serta rentang ukur yang sesuai. Metode yang digunakan untuk kalibrasi angle gauge IK-KM-DM06, JIS B 7517:2018 dengan rentang ukur 0mm ~ 300mm, 300mm ~ 600mm, 600mm ~ 1000mm.
  5. Melaksanakan Kalibrasi
    Lakukan pengamatan pada objek angle gauge terlebih dahulu berupa pengamatan bentuk dan juga fungsi. Setelah itu selalu pastikan reset atau menyetel pada titik nol.
  6. Perhitungan Kalibrasi
    Melakukan proses perhitungan ini sendiri bisa dilakukan dengan cara menghitung nilai maksimum-minimum, standar deviasi, nilai rata-rata, mengkonversi satuan dan juga menentukan persamaan regresi.
  7. Membuat Laporan Kalibrasi
    Pembuatan laporan ini harus sesuai dengan format yang mengacu pada pedoman SNI 19-17025 dan tentunya nantinya juga akan disahkan oleh kepala laboratorium atau pihak yang ditunjuk untuk mengesahkan.

konsultasi jasa kalibrasi

Parameter dan Hasil Kalibrasi Angle Gauge

Sudah pastinya setelah dilakukan kalibrasi angle gauge secara baik dan benar dengan cara diatas, akan didapatkan angle gauge yang memiliki tingkat akurasi pengukuran semakin baik.

Tidak hanya itu saja, hasil dari pengkalibrasian ini juga akan memperoleh sertifikat yang nantinya digunakan untuk mendukung kepercayaan terhadap hasil pengukuran angle gauge itu sendiri.

Kesimpulan 

Dari cara kalibrasi angle gauge diatas didapat bahwa kalibrasi angle gauge harus dilakukan oleh orang yang ahli di bidangnya atau jasa penyedia kalibrasi angle gauge terpercaya. Selalu gunakan metode kalibrasi yang sesuai dengan alat yang kita miliki.

Nah bagi anda yang saat ini sedang mencari jasa penyedia kalibrasi angle gauge terbaik serta terpercaya yang tentunya sudah terakreditasi KAN dan sesuai dengan ISO, anda bisa menggunakan jasa dari kalibrasi.com

Segera pelajari secara lebih detail mengenai langkah order, jadwal pelayanan, biaya, dan metode pembayarannya dengan klik tombol di bawah ini.

Jasa kalibrasi angle gauge