Rekomendasi Jangka Waktu Kalibrasi Alat Ukur Paling Tepat

jangka waktu kalibrasi

Tahukah Anda semakin lama penggunaan alat ukur dapat mempengaruhi performa dan kerja alat ukur? Jika alat ukur Anda mengalami kondisi penurunan performa, maka alat ukur yang anda pakai wajib dilakukan Kalibrasi secara berkala. 

Seberapa sering alat ukur Anda digunakan? Sering? Tidak terlalu sering? Lumayan sering?  Seberapa sering waktu yang dihabiskan alat Anda saat bekerja, tetap harus dilakukan kalibrasi. terlebih jika alat ukur itu digunakan dalam kegiatan industri yang menghasilkan output sebuah produk.

Untuk itu sebagai pemilik alat ukur hal harus memperhatikan jadwal prosedur kalibrasi peralatannya. Hal ini  diperlukan untuk memastikan bahwa hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrumen lainnya.

Anda harus tahu jangka waktu kalibrasi yang paling tepat untuk alat ukur. Sehingga alat yang kamu miliki tetap presisi, dan bisa meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan alat ukur. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Jangka Waktu Kalibrasi Dipengaruhi Oleh Faktor Berikut

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi mengapa setiap alat memiliki jangka waktu kalibrasi yang berbeda.. Adapun faktor-faktor yang dapat menjadi cara menentukan jadwal kalibrasi timbangan yang mungkin dapat Anda terapkan. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini!

Jenis Alat

Setiap bidang alat ukur memiliki standar, spesifikasi dan fungsi yang berbeda. Ditambah dengan penggunaan alat ukur tersebut juga tidaklah sama. Bagaimana prosedur kalibrasi pada alat ukur massa dengan alat ukur suhu pun sudah memiliki metode yang berbeda. 

Oleh karena itu berbeda bidang alat ukur, berbeda pula prosedur perlakuan kalibrasi dan jangka waktu dalam prosedur kalibrasi

Seberapa Sering Digunakan

Seperti yang telah disinggung di awal, bahwa intensitas pemakaian alat ukur sangat berpengaruh terhadap fungsi alat. Pemakaian dalam jangka waktu lama, dapat menurunkan kinerja dari alat ukur tersebut. Oleh karena itu sebagai pemilik alat ukur Anda perlu pertimbangkan faktor seberapa lama alat bekerja.

Semakin sering digunakan kinerja alat sedikit demi sedikit akan kehilangan performa terbaiknya akibatnya hasil pengukuran mengalami penyimpangan. 

Beban Penggunaan

Kurang lebih sama seperti penjelasan sebelumnya, bahwa penggunaan alat yang lebih sering menandakan beban kerja yang lebih berat, karena alat tersebut dituntut untuk selalu digunakan dalam waktu lama.

Alat ukur dengan beban penggunaan lebih berat pastinya membutuhkan pemeliharaan lebih ekstra terhadapnya. Oleh karena itu dibutuhkan pemeliharaan berkala yang cukup detail 

Kondisi Lingkungan

Kondisi lingkungan juga menjadi faktor yang harus diperhatikan. hal ini karena sebagian alat mudah terpengaruhi oleh lingkungan sekitar seperti perbedaan temperatur ruangan yang dapat menyebabkan pemuaian pada alat ukur tersebut. Tentunya akibat dari kondisi alat yang berubah dapat berpengaruh pada akurasi alat ukur.

Akurasi Pengukuran yang Diinginkan

Untuk mencapai tingkat akurasi yang diinginkan dari sebuah alat ukur, diperlukan beberapa kali dalam proses kalibrasi. Semakin kompleks instrument ukur dan yang digunakan untuk mengukur parameter bisa berpengaruh pada tingkat akurasi alat ukur.

Rekomendasi Jangka Waktu Kalibrasi

Alat ukur yang sering digunakan akan mengalami penurunan performa dan, fungsi dan kualitas sebuah produk. Hal ini karena alat ukur yang sering digunakan tanpa dilakukan kalibrasi dapat mengalami penurunan kualitas, sehingga proses kalibrasi sangat disarankan dilakukan secara berkala. 

Dalam menentukan waktu kalibrasi dalam hal ini Laboratorium kalibrasi juga tidak bisa memberikan frekuensi atau waktu kalibrasi secara asal. Laboratorium juga harus memeriksa kinerja alat, history dari alat, dan juga catatan teknis mengenai alat tersebut. Setelah itu semua dilakukan, barulah laboratorium dapat memberikan frekuensi kalibrasi pada alat ukur Anda.

Untuk Penentuan waktu kalibrasi sebenarnya dapat diperkirakan seperti ketika Anda mengganti oli kendaraan. Misalkan alat ukur kesehatan harus dikalibrasi saat mencapai 400 jam penggunaan atau setahun sekali dari masa pemakaian. Atau selang waktu kalibrasi dapat dilakukan misalnya dalam 6 (enam) bulan sekali.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Berdasarkan pemaparan yang telah disampaikan mengenai jangka waktu kalibrasi di atas. Dari penjelasan tersebut dapat kita ketahui bersama bahwasanya terdapat banyak faktor dalam menentukan jangka waktu kalibrasi. para pemilik alat ukur hendaknya memperhatikan faktor-faktor tersebut sebagai bahan dalam menentukan jangka waktu kalibrasi. 

Hal ini karena agar alat ukur selalu dalam fungsi dan ketepatan alat ukur yang sesuai standar untuk menjamin mutu produk dan menjaga kualitas produk atau bahan baku. Demikianlah pembahasan dari artikel ini semoga dapat menambah wawasan Anda.