Penjelasan H2 Gas Analyzer dari Fungsi hingga Fitur

h2 gas analyzer

H2 Gas Analyzer adalah perangkat pengukur gas dengan kemampuan khusus yang dirancang untuk menganalisa jenis gas Hidrogen (H2). Senyawa yang biasanya dijumpai pada air dan senyawa-senyawa organik lainnya ini sangat penting dalam reaksi asam pada berbagai proses produksi.  Hal inilah yang membuat pengukuran pada jenis gas Hidrogen menggunakan H2 Gas Analyzer ini sangat penting untuk dilakukan.
Namun sebelum Anda dapat menggunakan H2 Gas Analyzer ini secara maksimal, penting bagi Anda untuk memahami secara lengkap konsentrasi senyawa Hidrogen dan karakteristiknya agar pengukuran dapat mencapai tujuan pemantauan pada proses produksi. Berikut adalah penjelasan yang wajib anda ketahui sebagai pelaku industri sebelum menggunakan H2 Gas Analyzer.

Kenali Terlebih Dahulu Apa Itu H2

Sebelum mulai mengukur konsentrasi hidrogen, ada baiknya Anda untuk mengetahui seperti apa karakteristiknya secara khusus dan manfaat serta pengaruhnya pada proses produksi.

Karakteristik H2 atau Hidrogen

Gas hidrogen adalah unsur terkecil pada senyawa yang pernah ada, dengan massa jenisnya adalah 0,08988g/l. Pada suhu tertentu dan tekanan standar, hidrogen memiliki karakteristik yang tidak berwarna, juga tidak berbau. Selain itu jenis gas ini juga bersifat non-logam, dan mudah terbakar.

Melihat karakteristiknya, banyak diantara pelaku industri justru melibatkan hidrogen sebagai faktor penting dalam kesuksesan proses produksi mereka. Maka dari itu penggunaan H2 Gas Analyzer ini jadi sangat penting untuk memastikan kadar Hidrogen tetap stabil sesuai ekspektasi.

Selain H2, di dalam industri juga memerlukan untuk menganalisa turunan dari hidrogen ini yaitu hidrogen sulfida yang memiliki lambang H2S. Gas ini memiliki karakteristik tidak berwarna, beracun, mudah terbakar, dan memiliki bau menyengat seperti telur busuk. Senyawa ini terbentuk dari aktivitas bakteri yang mengurai zat biologis. Biasa ditemukan di saluran limbah/pembuangan, minyak dan gas bumi, rawa2, dsb. Karena gas ini yang sangat berbahaya bagi manusia, maka ada juga gas h2s analyzer untuk mendeteksi dan menganalisa komposisi zat H2S ini.

Penggunaan Umum H2

Penerapan hidrogen pada berbagai industri diantaranya adalah sebagai alternatif energi terbarukan. Sebab gas yang ramah terhadap lingkungan ini dapat digunakan sebagai sumber energi, penyimpanan energi, bahkan sebagai pembawa energi. Misalnya penggunaan H2 secara umum biasanya sering ditemui sebagai campuran bahan bakar untuk motor.

Mengenal H2 Gas Analyzer

Setelah mengenal cara pelaku industri memanfaatkan Hidrogen pada proses produksi mereka, maka sekarang Anda akan mengenal perangkat penguku H2 Gas Analyzer agar pemanfaatan gas hidrogen dalam produksi semakin maksimal.

Alat Khusus Untuk Menguji Gas H2

H2 Gas Analyzer adalah alat bantu bagi berbagai sektor industri dengan komponen khususnya untuk dapat mengukur kadar konsentrasi Hidrogen dengan sistem analisa yang akurat. Kemampuannya yang responsif terhadap jenis gas Hidrogen inilah yang nantinya dapat membantu proses pengontrolan konsentrasi gas menjadi lebih efisien dan tepat.

Memiliki Berbagai Fitur Yang Membantu Pengujian

Pengujian kandungan Hidrogen tidak dapat dilakukan dengan perkiraan saja, mengingat pada suhu tertentu dan tekanan yang tinggi gas Hidrogen ini akan sulit sekali untuk diidentifikasi.. Oleh sebab itu perlengkapan komponen dan fitur canggih dalan H2 Gas Analyzer memungkinkan perangkat ini untuk membantu proses pengujian kadar Hidrogen pada sebuah industri.

Tingkat Akurasi Pengukuran Yang Baik

Tak lepas dari fitur dan komponennya yang kompleks, hal ini menghasilkan tingkat akurasi yang baik pada proses pengujian. Namun selain mengandalkan kemampuan perangkat yang akurat, tentunya perawatan juga memiliki manfaat yang penting untuk menjaga konsistensi pengukuran. 

Jangan lupa juga untuk melakukan kalibrasi setelah melakukan service pada perangkat H2 Gas Analyzer, agar standar yang berlaku pada saat pengujian tetap sesuai dengan spesifikasi yang ada pada perangkat.

Kesimpulan

Setelah anda mengenali karakteristik dari gas hidrogen dan penggunaannya sebagai bahan bakar alternatif yang ramah terhadap lingkungan. Tentu kontrol secara stabil terhadap proses pencampuran Hidrogen sangat diperlukan. 

Pemantauan secara rutin pada proses penggunaan H2 pada sebuah industri inilah yang memungkinkan Anda sangat membutuhkan H2 Gas Analyzer sebagai perangkat bantu untuk mengukur dan menganalisa hidrogen secara optimal.