Contoh Sertifikat Kalibrasi Termometer dan Cara Mendapatkannya

contoh sertifikat kalibrasi termometer

Pernahkah Anda mengukur suhu ruangan menggunakan alat yang bernama thermometer? Ya benar sekali bahwa alat ukur termometer yang mana memiliki fungsi untuk menentukan suhu suatu ruangan maupun benda.

Termometer ini juga bisa dilakukan kalibrasi, dimana kalibrasi termometer ini adalah proses untuk menetapkan skala pada termometer, yang bertujuan agar skala termometer ini bisa menunjukan nilai suhu yang tidak menyimpang jika ada.

Adapun proses kalibrasi termometer yang dibutuhkan untuk membuat termometer ini mendapatkan skala yang tertelusur dengan jangka waktu yang lama. Jika sudah dilakukan kalibrasi maka termometer ini akan mendapatkan sertifikat kalibrasi yang dikeluarkan oleh laboratorium kalibrasi seperti KAN.

Nah bagaimana bentuk contoh sertifikat kalibrasi timbangan ini? dan bagaimana cara mendapatkannya? Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Sertifikat Kalibrasi Termometer Adalah

Sertifikat kalibrasi termometer memiliki fungsi yang sangat penting untuk digunakan sebagai mata rantai ketertelusuran sebuah alat ukur yang dikalibrasi menggunakan alat ukur suhu dengan alat ukur yang kalibrasi lebih tinggi.

Sertifikat kalibrasi termometer yang memuat berbagai informasi seperti logo akreditasi, metode kalibrasi, hasil kalibrasi yang berbentuk koreksi maupun persamaan kalibrasi dan ketidakpastian. Hasil dari kalibrasi ini akan dijadikan untuk informasi alat termometer pada saat pengukuran selanjutnya dilakukan.

Sertifikat kalibrasi termometer menjadi sebuah acuan dan tolak ukur bahwa termometer ini sudah dilakukan kalibrasi yang sesuai dengan prosedur di laboratorium sertifikat ini dilakukan. Sehingga sertifikasi termometer ini sudah dan masih layak dipakai ataupun tidak.

Contoh Sertifikat Kalibrasi Termometer

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang contoh sertifikat kalibrasi termometer Anda dapat melihat beberapa contoh gambar di bawah ini.

sertifikat pressure gauge KAN

Keterangan :

  1. Identitas laboratorium kalibrasi
  2. Nomor order: kode unik untuk pelanggan
    No.sertifikat: kode unik untuk alat yang dikalibrasi
  3. Identitas alat 
  4. Identitas pemilik

sertifikat pressure gauge lab KAN

Keterangan:

  1. Jumlah halaman dan tanggal terbit sertifikat
  2. Kepala laboratorium
  3. Identitas laboratorium yang sudah terakreditasi KAN
  4. Pernyataan dilarang mengutip atau mempublikasikan sertifikat tanpa ijin.

Contoh sertifikat kalibrasi termometer diatas merupakan sertifikat yang dikeluarkan oleh KAN atau Komisi Akreditasi Nasional yang merupakan salah satu lembaga negara yang memiliki tanggung jawab akreditasi laboratorium dan kalibrasi nasional.

Cara Mendapatkan Sertifikat Kalibrasi Termometer

Dalam upaya mendapatkan sertifikat kalibrasi termometer ini biasanya dilakukan oleh laboratorium yang dilakukan oleh tenaga ahli di bidangnya seperti misalnya KAN atau Komisi Akreditasi Nasional.

Kalibrasi termometer ini dilakukan di laboratorium dengan dengan akreditasi ISO/ICE 17025 yang mana merupakan syarat wajib untuk akreditasi laboratorium uji dan kalibrasi sesuai dengan nilai sertifikat kalibrasi yang didapatkan.

Maka dengan begitu kalibrasi alat ukur termometer ini sudah sesuai dengan standar internasional yang berlaku. Kalibrasi ini juga memiliki beberapa  hal yang dijadikan informasi untuk melakukan kalibrasi ke alat lainnya misalnya termometer ke alat ukur lainnya.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Dari bahasan diatas dapat disimpulkan bahwa ada beberapa informasi yang penting dari contoh sertifikat kalibrasi termometer di atas yakni harus melakukan kalibrasi di tempat yang terpercaya. Adapun tempat untuk melakukan kalibrasi di Indonesia bisa dilakukan di lembaga atau laboratorium yang terpercaya seperti Kalibrasi.com.