Penjelasan Lengkap Mengenai Kalibrasi Ada Di Artikel Kalibrasi Berikut

artikel kalibrasi

Dalam masa-masa perkembangan industri saat ini, tentunya banyak hal yang harus dilakukan sesuai standar, karena untuk mendapatkan produk yang berkualitas dan stabil diperlukan adanya standar yang diterapkan, standar tersebut terutama ada pada alat yang digunakan untuk menghasilkan sebuah produk.

Produk yang bagus berasal dari alat yang berkualitas, sedangkan alat yang berkualitas didapatkan melalui performa yang optimal, optimal dalam hal apa? Optimal disini meliputi keakuratan hasil yang didapat. Keakuratan ini lambat laun akan menurun, hal ini dapat diatasi dengan mengkalibrasi.

Apa yang Dimaksud dengan Artikel Kalibrasi?

Artikel merupakan satu rangkaian atau gubahan yang ditulis menurut fakta maupun opini yang kemudian diterbitkan ke media, baik cetak, tulis, online, dan salah satunya yang sedang naik daun yaitu media sosial.

Sementara kalibrasi adalah proses memverifikasi sekaligus pengaturan alat ukur yang kita miliki dengan prinsip menyamakan dengan standar yang sudah ditetapkan.

Bila digabungkan, artikel kalibrasi merupakan suatu karangan tulisan berdasarkan opini dan fakta yang diterbitkan di media. Khusus untuk artikel kalibrasi berikut ini, diterbitkan di media online. Tanpa perlu basa basi langsung saja ke pembahasan kalibrasi di bawah ini.

Arti Dari Kalibrasi

Kalibrasi berarti membandingkan alat atau instrumen yang kita miliki(objek ukur) dengan alat lain yang digunakan untuk mengkalibrasi(kalibrator) yang sudah disesuaikan dengan standar nasional maupun internasional. Jika di indonesia standar diatur oleh lembaga yang bernama KAN(Komite Akreditasi Nasional) mengacu pada ISO/IEC 17025, tujuan diadakannya standar ini adalah untuk mendapatkan hasil pengukuran yang akurat.

Tujuan Dilakukannya Kalibrasi

Dengan adanya standar ISO/IEC 17025 membantu proses kalibrasi agar mendapatkan tujuan dan hasil yang akurat. Tidak hanya keakuratan, akan tetapi faktor lain yang tidak kalah penting adalah ketelusuran pengukuran, dengan adanya ISO/IEC 17025 ini, pengukuran lebih bisa dipertanggung jawabkan karena ada landasan yang dipakai. Akan tetapi tidak hanya itu saja tujuan yang akan dicapai diantaranya:

  1. Mendapatkan Hasil Pengukuran Yang Akurat
    Kalibrasi dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan akurasi yang tinggi pada alat ukur, sebab alat ukur yang memiliki tingkat keakurasian yang tinggi dapat menghindarkan dari kecelakaan kerja dan bahaya lainnya, misalnya pada alat ukur yang bersangkutan dengan kelistrikan ketika pengukuran dilakukan dengan salah, akibat nya bisa terjadi kebocoran tegangan yang dapat menyebabkan suatu perangkat dapat terbakar dan bahkan meledak.
  2. Menentukan Ketidaksesuaian Pengukuran
    Ketidaksesuaian pengukuran bisa didapatkan melalui kalibrasi, karena dalam pengkalibrasian faktor ketidaksesuaian juga diperhitungkan, sebab hal itu berpengaruh dalam hasil pengukuran.
  3. Menetapkan Standar Pengukuran Yang Sesuai
    Dengan kita melakukan kalibrasi kita dapat mengetahui lebih lanjut standar apa yang tepat untuk digunakan dalam proses pengukuran, misalnya jika suatu alat telah dilakukan proses kalibrasi tentunya akan mengacu pada standar ISO/IEC 17025.

Beberapa Jenis Jenis Kalibrasi

Kalibrasi ternyata cakupannya cukup luas, tidak hanya berkutat pada alat ukur saja akan tetapi ada alat lain yang dapat dikalibrasi, jenisnya pun cukup beragam, diantaranya:

  1. Kalibrasi Elektronik
    Kalibrasi ini bertujuan untuk menentukan nilai konstanta dan koefisien dari suatu alat elektronik dengan cara membandingkan dengan alat elektronik lain yang sudah distandarisasi secara nasional maupun internasional.
  2. Kalibrasi Pipet
    Kalibrasi pipet ditujukan pada pipet yang terdapat pada laboratorium pengujian, sedangkan pada laboratorium pengujian dibutuhkan hasil yang presisi
  3. Kalibrasi Tekanan
    Proses kalibrasi ini ditujukan untuk menentukan nilai konstan dan koefisien nanometer atau alat pengukur tekanan yang lainnya,dengan membandingkan dengan alat ukur tekanan lainnya yang sudah di sesuaikan dengan standar.
    Jika pada industri biasanya dilakukan pada alat hidrolik, tekanan gas, dan bisa juga pada barometer
  4. Kalibrasi Suhu
    Kalibrasi ini ditujukan untuk menentukan nilai konstan dan koefisien suatu termometer atau alat pengukur suhu yang lainnya dengan cara membandingkannya dengan alat yang sudah di konfigurasi sesuai standar.
    Kalibrasi suhu dapat dilakukan dalam lingkungan yang terkendali, karena suhu yang stabil dalam suatu ruangan merupakan suatu syarat mutlak untuk melakukan kalibrasi suhu.
  5. Kalibrasi Listrik
    Kalibrasi elektronik ditujukan pada proses verifikasi kinerja instrumen/alat apa pun yang mengukur atau menguji parameter listrik seperti: tegangan, arus, resistansi, induktansi, kapasitansi, waktu dan frekuensi.
  6. Kalibrasi Aliran
    Pengukur kalibrasi aliran (sensor aliran) adalah alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran linier,non linier, massa, atau volumetrik dari cairan atau gas. Laju aliran mengacu pada kecepatan dimana proses aliran bergerak melalui pipa, lubang, atau kapal pada waktu tertentu.

Berikut tadi adalah artikel kalibrasi yang kami sajikan untuk membantu kalian dalam memahami kalibrasi. Apabila masih ada yang kurang bisa langsung ke pertanyaan tentang kalibrasi yang sering muncul, semoga bermanfaat!

konsultasi jasa kalibrasi