Pentingnya Akreditasi Laboratorium Kalibrasi, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Akreditasi Laboratorium Kalibrasi

Seiring dengan berkembangnya dunia industri, permintaan jasa yang berkaitan dengan kalibrasi semakin meningkat karena adanya standar yang ditetapkan. Dalam pelaksanaanya kalibrasi biasanya dilakukan oleh laboratorium. Apakah semua laboratorium dapat melakukan proses kalibrasi? Tentunya tidak, hanya laboratorium tertentu yang bisa melakukan kalibrasi.

Lantas laboratorium seperti apa yang diperbolehkan melakukan proses kalibrasi? Adalah laboratorium yang sudah terakreditasi oleh KAN (Komite Akreditasi Nasional) yang diberikan izin resmi untuk melakukan kalibrasi, karena akreditasi dari KAN (Komite Akreditasi Nasional) sudah diakui dalam skala nasional maupun internasional. Selengkapnya mengenai akreditasi laboratorium kalibrasi bisa dicek langsung di bawah ini.

Apasih Akreditasi Laboratorium Kalibrasi Itu?

Akreditasi laboratorium adalah adalah akreditasi yang diperlukan oleh suatu laboratorium dalam melakukan operasi dan proses kalibrasi, jika di indonesia lembaga yang memberikan akreditasi biasanya KAN (Komite Akreditasi Nasional).

Komite Akreditasi Nasional adalah badan akreditasi di Indonesia yang menyelenggarakan layanan akreditasi kepada lembaga penilaian kesesuaian /Conformity Assessment Body, seperti lembaga sertifikasi, lembaga inspeksi, lembaga validasi/verifikasi, penyelenggara uji profisiensi, dan produsen bahan acuan.

Sampai saat ini KAN telah memperoleh pengakuan secara regional maupun internasional untuk skema akreditasi. Hal ini memiliki arti bahwa sertifikat/hasil uji yang diterbitkan oleh Lembaga Penilaian Kesesuaian yang diakreditasi oleh KAN untuk skema akreditasi tersebut dapat diterima oleh negara lain.

Pengakuan ini disepakati melalui penandatanganan Mutual Recognition Arrangement (MRA) dan/atau Multilateral Recognition Agreement (MLA) di The Asia Pacific Accreditation Cooperation (APAC) dan/atau International Accreditation Forum (IAF) serta International Laboratory Accreditation Cooperation (ILAC).

Badan ini berwenang memberikan layanan akreditasi kepada laboratorium kalibrasi dengan menerapkan sistem persyaratan standar yang telah berlaku. Akreditasi laboratorium harus ada pada setiap laboratorium kalibrasi untuk menunjukkan standar yang sesuai pengujian kalibrasi alat. 

Dari data tersebut bisa kita simpulkan bahwa KAN merupakan lembaga yang valid dalam bidang akreditasi di indonesia. Bisa dipastikan laboratorium yang terdaftar KAN merupakan laboratorium yang terpercaya dan terakreditasi.

Kenapa Akreditasi Laboratorium Kalibrasi Sangat Penting?

Apa pentingnya suatu laboratorium mendapatkan akreditasi? sebab pihak laboratorium yang sudah diakreditasi lah yang direkomendasikan untuk melakukan proses kalibrasi seperti penjelasan diatas, sebab kalibrasi bukan hanya soal keakuratannya saja melainkan menyangkut ketelusuran pengukuran juga dibutuhkan.

Selain itu karena hasil dari kalibrasi yang dilakukan laboratorium berupa sertifikat ini penting untuk alat ukur. Disebut penting karena dari hasil kalibrasi inilah nasib alat ukur ditentukan, apakah masih akurat dan bisa lanjut dipakai atau harus ada keputusan lainnya. Selengkapnya mengenai hasil dari kalibrasi yang berupa sertifikat dll bisa kalian cek langsung di bukti kalibrasi.

Cara Mendapatkan Akreditasi Laboratorium Kalibrasi

Dalam mendapatkan akreditasi laboratorium bisa didapatkan melalui lembaga yang berwenang yaitu KAN(Komite Akreditasi Nasional). Selengkapnya mengenai KAN bisa langsung cek kalibrasi KAN, sementara untuk cara mendapatkan akreditasi akan dijelaskan di bawah ini.

Cara tersebut dapat didapatkan dengan syarat dan ketentuan tertentu, inilah langkah-langkah yang dapat dilakukan:

  1. Registrasi Online
    Tahap pertama, konsumen harus melakukan registrasi secara online. kemudian mengisi data dengan sesuai. Ketika registrasi berhasil dilakukan. LPK bisa memproses ini dalam waktu 1 bulan, terhitung sejak mendapat email konfirmasi.
  2. Uji Kelayakan
    Staff KAN yang bertugas sudah bisa mengecek dokumen perusahaan Anda bila dokumen sudah lengkap. Proses ini membutuhkan waktu 6 bulan, untuk memastikan apakah dokumen Anda lengkap atau tidak.Tim audit KAN membutuhkan waktu 6 bulan karena begitu banyak laboratorium yang harus diakreditasi. Semua formulir datang dari seluruh penjuru Indonesia, sementara berkas yang diserahkan butuh dicek keaslian dan originalitasnya.
  3. Pembayaran
    Jika data yang diinput dinyatakan lengkap , maka selanjutnya dilakukan proses pembayaran, besarannya sesuai dengan paket apa yang diminta.
  4. Kunjungan Lapangan
    Tim asesmen akan mengunjungi laboratorium Anda untuk melihat secara langsung, membuktikan kompetensi secara keseluruhan. Mulai dari memastikan legalitas lembaga laboratorium anda, proses pengecekan sampling, hingga orang-orang yang terlibat di dalamnya.
  5. Perbaikan dan Verifikasi
    LPK bisa melakukan perbaikan setelah mendapat hasil ketidaksesuaian asesmen lapangan, dengan cara melampirkan bukti tindakan perbaikan. Verifikasi tindakan perbaikan bisa dilakukan oleh tim asesmen, sementara tindakan perbaikan bisa dilakukan saat 3 bulan awal. Bagi tindakan perbaikan yang hendak melakukan re-akreditasi, surveilen atau perluasan ruang lingkup bisa melakukannya sejak 2 bulan.
  6. Hasil
    Hasil kajian asesmen akan dirundingkan melalui rapat panitia teknis, yang selanjutnya diproses kepada KAN Council. Sementara keputusan akreditasi ditetapkan dalam rapat KAN Council. Hasil akhir akan terdata dalam surat keputusan, sertifikat, dan lampiran yang akan dikirimkan ke laboratorium Anda.

konsultasi jasa kalibrasi

Kesimpulan

Setelah tahu pembahasan diatas kita jadi tahu akreditasi laboratorium kalibrasi dilakukan agar mendapatkan sertifikasi standar ISO dalam melakukan proses kalibrasi, dan pembahasan ini menjelaskan secara detail bagaimana langkah yang harus diambil dalam memperoleh akreditasi tersebut.