Mengenal Uji Salkowski, Uji Kolesterol Secara Kualitatif

uji salkowski

Uji Salkowski adalah uji kimia yang sering dilakukan untuk mendeteksi adanya sterol oleh para ahli. Pengujian yang dilakukan ini dapat membantu berbagai sektor industri mulai dari industri farmasi hingga sektor industri pangan.

Berbagai macam keuntungan dan manfaat pengujian inilah yang kemudian diadaptasi oleh para pelaku industri sebagai langkah pengujian yang cermat. 

Namun, sebelum Anda melakukan uji salkowski dengan tepat. Anda perlu mengetahui terlebih dahulu beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan mulai dari pengertian lengkap, hingga prinsip dan cara kerja pengujian pada artikel ini.

Apa Itu Uji Salkowski?

Uji salkowski merupakan metode pengujian kimia yang digunakan untuk mengetahui keberadaan kolesterol pada sampel uji. Secara sederhana, pengujian ini berdasar pada reaksi asam sulfat pekat yang mengalami perubahan warna. 

Perubahan warna ini menandakan kadar kolesterol pada sebuah sampel, sehingga para penguji dapat mengetahui secara jelas kebutuhan kolesterol pada sebuah sampel dan mengambil tindakan dengan tepat.

Namun sebenarnya, tahukah Anda mengapa uji kolesterol dengan uji salkowski ini perlu dilakukan? Berikut pada penjelasan di bawah ini Anda dapat mengetahuinya.

Tujuan Uji Salkowski

Berbagai tujuan utama telah mendasari pelaksanaan uji salkowski ini. Yaitu sebagai pendeteksi kadar kolesterol pada sampel biologis maupun pangan, sehingga menghindarkan dari bahaya kolesterol pada pasien maupun produk yang menjadi sampel.

Selain itu, uji salkowski ini juga digunakan untuk mengidentifikasi sterol pada produk alami seperti tumbuhan maupun bahan-bahan olahan dari daging hewan. Sterol yang dikenal juga sebagai steroid alkohol ini merupakan sub kelompok steroid pada molekul bahan organik, dimana keberadaannya harus menjadi pertimbangan para produsen makanan berbahan dasar alami.

Dengan kemampuannya untuk mendeteksi dua zat, yaitu sterol dan kolesterol, menjadikan uji salkowski ini berperan penting pada penelitian biokimia untuk mempelajari metabolisme sterol dan kolesterol.

Berbagai tujuan utama dari uji salkowski ini tentunya dapat berjalan secara optimal karena uji salkowski menggunakan prinsip kerja yang optimal untuk melakukan uji kolesterol dan sterol.

Prinsip Uji Salkowski

Kemampuan dan tujuan uji salkowski dapat tercapai dengan adanya prinsip kerja yang optimal. Prinsip kerja Uji salkowski tersebut menggunakan reaksi antara kolesterol dan sterol pada asam sulfat pekat.

Reaksi yang diterima oleh kedua zat tersebut, nantinya menimbulkan perubahan warna menjadi merah atau merah kecoklatan. Sehingga nantinya para penguji dapat melakukan identifikasi dengan mudah dan tepat. Ketahui lebih lengkap mengenai perubahan warna dan identifikasi pada prinsip uji salkowski di sini : Prinsip Uji Salkowski, Pengujian Kolesterol Menggunakan Kloroform dan Asam Sulfat

Manfaat Uji Salkowski

Melakukan uji salkowski tentunya memberikan berbagai manfaat bagi para pelaku industri mulai dari industri biokimia, farmasi, hingga industri pangan. Berbagai manfaat tersebut diantaranya adalah.

  • Membantu Identifikasi bahan olahan pada makanan
  • Membantu formulasi pada produk farmasi dan kecantikan untuk menghindari kesalahan penggunaan
  • Melakukan pemeriksaan profil lipid pada pasien
  • Memberikan hasil uji sebagai pengembangan ilmu dan industri biokimia

Kesimpulan

Uji salkowski adalah metode pengujian untuk mendeteksi adanya sterol maupun kolesterol pada bahan makanan / bahan olahan produk / sebuah sampel guna menghindari masalah berkelanjutan yang bisa diakibatkan oleh kedua zat tersebut.

Dengan menjalankan prinsip yang sesuai, maka uji salkowski nantinya dapat memberikan manfaat bagi para penguji dan para pelaku industri untuk mengambil tindakan yang diperlukan dengan tepat.