Cara Cek Mosfet Dengan Multimeter Analog dan 2 Jenisnya

cara cek mosfet dengan multimeter analog

Jika rangkaian listrik Anda memerlukan penguat sinyal, tentunya rangkaian tersebut haruslah disusun dengan Mosfet atau bahasa resminya dikenal dengan istilah Metal Oxide Semiconductor Field Effect. Cara cek mosfet dengan multimeter analog pun perlu dikuasai karena komponen ini sangat penting dalam dunia kelistrikan. Komponen semikonduktor ini memiliki fungsi yang vital dalam sebuah rangkaian, yaitu sebagai switch ataupun penguat sinyal. 

Seperti misalnya digunakan pada power amplifier mobil. Penerapannya dalam perangkat-perangkat kelistrikan inilah yang menjadikan Mosfet sebagai indikator yang harus Anda uji pada sebuah rangkaian.

Namun sebelum anda melakukan pengecekan dan melakukan pengujian pada Mosfet menggunakan Multimeter Analog. Anda harus mengetahui dua jenis pengujian yang bisa digunakan dalam melakukan pengujian pada artikel berikut ini.

Cara Cek Mosfet Dengan Multimeter Analog

Mosfet dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu Mosfet Tipe P dan Mosfet Tipe N. Yang paling populer digunakan oleh banyak orang pada rangkaian listrik mereka adalah Mosfet Tipe P, hal ini dapat terjadi karena Mosfet Tipe P jauh lebih mudah dalam konstruksinya dan lebih murah daripada perangkat yang menggunakan Mosfet tipe N.

Namun seiring perkembangan teknologi di era industri yang semakin modern, banyak para produsen memikirkan solusi dari masalah tersebut, Yaitu dengan melakukan produksi massal pada Mosfet saluran N (N-Mosfet). Hal ini tentu berimbas pada mobilitas Mosfet Tipe P yang sudah mulai usang. 

Tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa kedua tipe mosfet tersebut sekarang tersebar pada berbagai perangkat elektronik yang kita gunakan sehari-hari. Oleh karena penerapannya yang massal pada perangkat elektronik, Mosfet yang berperan sebagai penguat sinyal ini terkadang mengalami kerusakan atau error. Maka dari itu pengujian pada Mosfet perlu Anda lakukan jika saja kinerja yang Anda rasakan dari rangkaian listrik kurang maksimal. Maka dari itu lah, berikut dapat Anda pelajari dua jenis pengujian Mosfet Tipe N dan Mosfet Tipe P..

Cara Cek Mosfet dengan Multimeter Analog Uji Tipe N

Jika Tipe mosfet pada rangkaian listrik perangkat Anda merupakan Mosfet Tipe N (N-Mosfet), Maka pertama-tama Anda dapat melakukan pengujian dengan mengatur posisi saklar multimeter digital pada pengukur dioda di settingan multimeter Analog. Setelahnya Anda dapat menghubungkan kabel probe warna hitam atau negatif (-) dari multimeter tersambung pada kaki terminal “Source”. Jika kabel probe telah tersambung, maka sentuh probe merah atau positif (+) menuju pada kaki terminal Gate. Lalu pindahkan lagi pada kaki terminal “Drain”. Sementara Probe hitam tetap pada posisi kaki terminal Source sejak awal.

Langkah terakhir adalah dengan memeriksa layar multimeter yang akan menampilkan nilai tegangan yang sangat rendah. Hal ini dapat terjadi, karena MOSFET telah diaktifkan pada saat probe merah multimeter disentuh akan ke terminal Gate. Jika nilai tegangan rendah ini terdeteksi pada layar, maka kondisi ini menunjukkan MOSFET yang diuji dalam kondisi baik.

Cara Cek Mosfet dengan Multimeter Analog Uji Tipe P

Hampir sama dengan Mosfet tipe N, pengujian Mosfet tipe P hanya menggunakan parameter dari Polaritas Probe yang mengujinya. Langkah pertama yang dapat Anda lakukan dalam pengujian ini adalah dengan mengatur posisi saklar multimeter digital pada pengukuran dioda di multimeter.. Selanjutnya Anda dapat menghubungan kabel probe merah (positif) pada source. Setelahnya, Sentuh pribe hitam (negatif) pada gate. Terakhir pindahkan lagi probe hitam ke kaki terminal Drain. Sementara probe merah tetap pada posisi Source. 

Setelah semua hal Anda lakukan, maka langkah paling penting adalah mengecek hasil yang ditampilkan pada layar. Jika Layar Multimeter menunjukan Open atau OL, maka Kondisi yang terjadi pada Mosfet tipe P ini masih dalam kondisi yang sangat baik.

Kesimpulan

Mengetahui jenis-jenis Mosfet dan kegunaannya serya cara cek mosfet dengan multimeter analog, tentu pengujian yang dilakukan pada komponen indikator ini sangatlah penting. Mulai dari mosfet tipe P hingga Mosfet tipe N, keduanya memiliki cara cek mosfet dengan multimeter analog yang berbeda dalam pengujiannya. Ketika pengujian telah selesai, maka anda dapat mengetahui secara berkala kondisi dari mosfet di perangkat Anda dan melakukan pencegahan jika saja terjadi kerusakan.