Tujuan Uji Metalografi dan Analisis Struktur Mikro Dilakukan

Uji Metalografi dan Analisis Struktur Mikro

Seiring perkembangan teknologi kebutuhan pengujian juga semakin beragam dimana saat ini untuk dapat memperoleh citra hasil pengamatan mikroskop dalam bentuk digital lebih mudah menggunakan metalografi. Pengaplikasian metode ini dapat diandalkan untuk menganalisis citra hasil metalografi suatu logam.

Metalografi merupakan metode yang digunakan untuk menganalisa struktur mikroskopis atau mikrostruktur pada suatu material logam dengan menggunakan mikroskop optic maupun mikroskop electron.

Berdasarkan fungsi dari metode ini, metalografi sangat diperlukan dalam upaya pengembangan suatu bahan, manufaktur, proses inspeksi dan analisis kegagalan seperti pengukuran grain, size, analisis miro crack, porosity dan analisis fasa logam. Informasi-informasi tersebut bersifat penting bagi sejumlah bidang karena dari data tersebut Anda dapat memprediksi kekerasan dan ketahanan suatu logam terhadap suatu proses kerusakan.

Berkaitan dengan hal tersebut maka Uji Metalografi dan analisis struktur mikro memiliki peran penting dalam bidang pengembangan bahan, inspeksi produksi, manufaktur, dan untuk analisis kegagalan. Dengan analisis struktur mikro dapat mengetahui kinerja dan sifat material terutama sifat mekanik logam yang ditunjukkan oleh struktur mikronya. Untuk lebih lengkap mengenai uji metalografi dan analisis struktur mikro dapat Anda simak dalam penjelasan berikut!

Tujuan dari Uji Metalografi dan Analisis Struktur Mikro

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, uji metalografi dan analisis struktur mikro adalah proses penting dalam ilmu metalurgi dan material. Dimana pengujian ini secara umum bertujuan untuk memahami karakteristik  internal dari suatu bahan logam atau mineral dengan fokus pada struktur mikroskopisnya. Maka dari itu melalui pengujian ini sangat membantu para ahli untuk mengamati dan mengevaluasi komposisi kimia, bentuk, dan ukuran dan distribusi fase-fase dalam material tersebut.

Melalui pengujian ini, penguji dapat mengidentifikasi cacat seperti retakan, inklusi, atau perubahan mikrostruktural akibat perlakukan termal atau mekanis. Hasil pengujian kemudian dapat digunakan untuk membantu dalam mengoptimalkan proses manufaktur, meningkatkan kualitas produk serta keandalan material. 

Oleh karenanya uji metalografi dan analisis struktur mikro tidak hanya mendukung pengembangan material baru tetapi juga berperan penting dalam memastikan keamanan dan kinerja material dalam lingkungan yang kompleks dan tuntutan teknis yang ketat.

Tahapan dalam Melakukan Uji Metalografi dan Analisis Struktur Mikro

Dari penjelasan sebelumnya telah sedikit banyaknya Anda ketahui tentang uji metalografi dan analisis struktur mikro. Untuk dapat melaksanakan pengujian ini tentunya teknisi penguji perlu memahami bagaimana tahapan dalam melakukan uji metalografi dan analisis struktur mikro agar hasil pengujian lebih akurat dan dapat diandalkan. 

Sebelum melakukan pengujian metalografi dan analisis struktur mikro terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan agar hasil pengujian maksimal. Adapun tahapan dalam melakukan pengujian ini diantaranya :

  1. Pemotongan / pengambilan Sampel
    Melakukan pemotongan atau pengambilan sampel menggunakan mesin potong yang didesain sesuai dengan prinsip keselamatan dan ramah lingkungan. Pengambilan sampel diperlukan untuk mempersiapkan sampel dalam pengujian metalografi.
  2. Labeling Sampel
    Setelah sampel telah diambil, Anda dapat melakukan pelabelan agar tidak tertukar dengan sampel  uji lainnya. Sampel yang telah diambil harus diberikan label dengan jelas agar tidak  mengakibatkan kesalahan pengambilan sampel.
  3. Mounting
    Mounting press digunakan untuk untuk menanamkan sampel logam dalam bahan resin atau plastic. Proses embedding inilah yang disebut mounting. Pada tahapan ini cukup penting untuk membuat permukaan yang rata pada sampel yang kemudian dipoles untuk pengamatan struktur mikro.
  4. Grinding
    Grinding adalah suatu proses yang dilakukan dengan cara meratakan dan memperhalus permukaan benda kerja atau spesimen metalografi. Grinding dilakukan dengan bantuan mesin grinding.
  5. Polishing
    Selanjutnya terdapat tahapan polishing yang digunakan untuk meningkatkan benda kerja tampak mengkilap, halus, dan mencegah korosi pada spesimen. Polishing juga digunakan untuk membuat spesimen rata, dan membuat permukaan benda kerja bebas dari cacat untuk memudahkan pemeriksaan mikrostruktur.
  6. Etching
    Tahapan berikutnya adalah etching yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas optic dari struktur mikro material logam sehingga mudah untuk menentukkan grain size dan identifikasi fasa.
  7. Pengamatan menggunakan mikroskop
    Terakhir adalah pengamatan sampel dengan mikroskop yang menggunakan mikroskop jenis metalurgi atau biasa disebut metallurgical microscope. Pengamatan menggunakan mikroskop ini menggunakan struktur mikro yang berbeda dengan mikroskop pada umumnya di laboratorium.

Keuntungan dari Melakukan Uji Metalografi dan Analisis Struktur Mikro

Uji metalografi dan analisis struktur mikro memiliki peran penting pada sejumlah bidang industri termasuk dalam pembuatan pesawat terbang hingga konstruksi bangunan. Maka tidak heran melakukan uji metalografi dan analisis struktur mikro dapat memberikan banyak keuntungan yang signifikan bagi studi material dan proses manufaktur. Berikut ini sejumlah keuntungan dari melakukan uji metalografi dan analisis struktur mikro yang diantaranya :

  1. Memungkinkan pengamat untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang struktur mikroskopis dari material termasuk distribusi fase, ukuran butir, dan bentuk partikel.
  2. Informasi data hasil pengujian penting untuk memprediksi perilaku mekanik dan fisik material, seperti kekuatan, ketangguhan, dan kekerasan yang kritis dalam aplikasi teknik,
  3. Pengujian ini dapat mengungkapkan keberadaan cacat mikrostruktural seperti retakan, porositas, atau inklusi yang dapat mempengaruhi kinerja material secara keseluruhan.

Macam-Macam Alat Uji Metalografi

Dalam proses pengujian metalografi tentunya menggunakan sejumlah peralatan yang digunakan untuk menunjang penguji melakukan pengujian dengan tepat dan menghasilkan data yang akurat. Berbeda dengan peralatan analisis struktur mikro, Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang alat uji struktur mikro dalam artikel terpisah yang bisa Anda akses disini: Macam-macam Alat Uji Struktur Mikro yang Ada Saat Ini

Peralatan uji metalografi diperuntukkan untuk pengujian logam dan non logam yang melibatkan sejumlah alat canggih dengan fungsinya masing-masing untuk mendukung uji metalografi. Untuk lebih lengkapnya mengenai macam alat uji metalografi dapat Anda simak berikut ini! 

  • Cutting Machine
  • Mounting Press
  • Grinder & Polisher
  • Optical Analyst
  • Hardness Tester

Pengaplikasian Uji Metalografi dalam Dunia Industri Apa Saja?

Berbicara mengenai sebuah alat tentu kurang lengkap jika Anda tidak mengetahui pengaplikasian Uji metalografi dan analisis struktur mikro pada sejumlah bidang industri. Sebagai pengujian yang digunakan untuk menganalisa struktur mikroskopis pada material logam pengujian ini cukup memiliki tempat penting bagi beberapa industri dibawah ini yang diantaranya :

  1. Industri Otomotif
    Uji metalografi dan analisis struktur mikro dalam industri otomotif digunakan untuk memeriksa material dalam mesin, transmisi, dan bagian-bagian penting lainnya. ‘
  2. Industri Penerbangan
    Pada industri penerbangan Uji metalografi dan analisis struktur mikro digunakan untuk mengevaluasi material yang digunakan dalam pembuatan pesawat. Pada sektor penerbangan komponen mesin dan struktur pesawat harus sangat andal dan tahan terhadap tekanan, maka dari itu diperlukan Uji metalografi dan analisis struktur mikro.
  3. Industri Energi
    Pada industri energi Uji metalografi dan analisis struktur mikro dilakukan untuk memeriksa kualitas dan ketahanan material dalam komponen seperti turbin, pipsa, dan peralatan yang terkena tekanan dan suhu tinggi.
  4. Industri Elektronik
    Industri elektronik juga salah satu industri yang mengandalkan Uji metalografi dan analisis struktur mikro untuk mengevaluasi kualitas soldier dan koneksi logam lainnya pada papan sirkuit cetak dan komponen elektronik lainnya
  5. Industri konstruksi
    Industri ini juga menggunakan Uji metalografi dan analisis struktur mikro untuk memeriksa kualitas material logam yang digunakan dalam struktur baja dan beton bertulang.

Kesimpulan

Dari penjelasan yang telah disampaikan sebelumnya dapat dikenai bahwa Uji metalografi dan analisis struktur mikro proses penting dalam ilmu metalurgi dan material. Tujuannya adalah untuk memahami karakteristik internal dari suatu bahan logam atau material, dengan fokus pada struktur mikroskopisnya. Dimana pengujian ini telah banyak diaplikasikan oleh bidang industri yang diantaranya seperti industri otomotif, penerbangan, kontruksi, energi bahkan sampai elektronik.