Fungsi Uji Keseragaman Kandungan dan Manfaatnya!

uji keseragaman kandungan

Dalam menjamin konsistensi satuan sediaan, dimana setiap satuan dalam bets haru memiliki kandungan zat akhir dalam rentang sempit yang mendekati kadar yang tertera pada etiket dan standar, maka perlu dilakukannya uji keseragaman kandungan. 

Uji keseragaman kandungan ini dipersyaratkan untuk semua bentuk sediaan yang tidak memenuhi kondisi pada pengujian keseragaman bobot. Jika Anda tertarik dengan pembahasan lengkap mengenai uji keseragaman kandungan ini, yuk simak pembahasan artikel ini dengan seksama dari awal hingga akhir!

Kegunaan Uji Keseragaman Kandungan

Pada pembahasan sebelumnya, sudah disinggung mengenai uji keseragaman kandungan. Namun, tahukah Anda apa kegunaan dari pengujian ini? Tindakan uji keseragaman kandungan ini dilakukan guna untuk memastikan bahwa setiap produk obat-obatan memiliki kandungan zat aktif yang sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditetapkan. Pengujian keseragaman kandungan ini akan ditangani berdasarkan pada penetapan kadar masing-masing kandungan zat aktif di dalam satuan sediaan, untuk membantu produsen dalam menentukan apakah kandungan masing-masih unit obat terletak dalam batas yang ditentukan. Metode pengujian ini dapat dilakukan untuk semua kasus, yang dapat memberikan informasi penting mengenai kandungan suatu produk. 

Peruntukkan Uji Keseragaman Kandungan

Untuk memperluas pemahaman Anda tentang uji keseragaman kandungan,perlu Anda ketahui pula bahwa pengujian ini diperuntukkan untuk memastikan zat aktif dalam setiap unit obat termasuk obat tablet maupun kapsul. Melalui pengujian ini dapat mengidentifikasi dan mengatasi adanya ketidaksesuaian dalam proses produksi yang dapat mempengaruhi kualitas obat, sehingga dapat menjaga keamanan dan keefektifan produk. Berikut ini adalah penjelasan lengkap untuk setiap uji keseragaman kandungan pada produk obat: 

Uji Keseragaman Kandungan Tablet

Uji keseragaman kandungan tablet adalah proses analisis untuk mengendalikan mutu unit tablet. Dimana pengujian ini akan dilakukan secara acak dengan metode analisis yang sudah ditetapkan untuk menguji kandungan setiap masing-masing bahan zat aktif dalam tablet. Baca disini untuk penjelasan lengkap tentang uji keseragaman kandungan tablet: Uji Keseragaman Kandungan Tablet, Antisipasi Kesalahan Pada Dosis

Uji Keseragaman Kandungan Kapsul

Uji keseragaman kandungan Kapsul merupakan pengujian yang akan dilakukan pada obat kapsul, untuk memastikan bahwa setiap kapsul yang diproduksi memiliki kandungan zat aktif yang konsisten. Pada proses pengujian ini akan melibatkan pengambilan sampel secara acak dan tindakan analisis kandungan zat aktif secara menyeluruh pada kapsul. Baca disini untuk penjelasan detail terkait uji keseragaman kandungan kapsul: Inilah Kegunaan Uji Keseragaman Kandungan Kapsul Hingga Tata Caranya!

Prosedur Uji Keseragaman Kandungan

Pada uji keseragaman kandungan akan melibatkan prosedur pengujian yang cukup komplek, yang mana jika prosedur yang digunakan untuk penetapan kadar dan uji keseragaman kandungan ini berbeda, perlu adanya faktor koreksi yang akan digunakan untuk memperoleh hasil pengujian. Mulai dari sediaan padat yang ditetapkan untuk masing-masing 10 satuan menggunakan metode analisis yang sesuai, dan hitung nilai keberterimaan. Kemudian adapun sediaan cair atau setengah padat yang ditetapkan pada masing-masing 10 satuan dengan metode analisis yang sesuai. Lakukan penetapan kadar dengan jumlah yang telah ditentukan, lalu kocok dan pindahkan sampel tersebut pada masing-masing wadah dalam kondisi penggunaan yang normal dan nyatakan hasil sebagai dosis terbagi, dan hitung nilai keberterimaan. Serta adapun perhitungan nilai keberterimaan yang dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang sesuai. 

Dimana Jasa Uji Keseragaman Kandungan yang terpercaya? 

Melalui pembahasan diatas, sudah Anda ketahui bahwasannya untuk melakukan uji keseragaman kandungan ini harus dilakukan sesuai dengan prosedur dan perhitungan nilai yang sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan. Untuk memungkinkan Anda tetap dapat melakukan pengujian keseragaman kandungan baik pada produk obat tablet maupun kapsul, maka bisa Anda percayakan kepada Kalibrasi.com. Kalibrasi.com menawarkan jasa pengujian yang terpercaya, dengan begitu hasil yang diberikan pastinya akurat dan dapat diandalkan. 

Kesimpulan 

Itulah penjelasan mengenai uji keseragaman kandungan. Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa uji keseragaman kandungan adalah prosedur pengujian yang dilakukan untuk memastikan bahwa setiap produk obat-obatan memiliki kandungan zat aktif yang sesuai dengan standar keamanan yang sudah ditetapkan. Melalui pengujian ini dapat memungkinkan produsen dalam mengidentifikasi dan mengatasi adanya ketidaksesuaian dalam proses produksi yang dapat mempengaruhi kualitas obat. Yang mana semua proses pengujian ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat, tanpa mempengaruhi hasil pengujian dengan mempercayakan kepada Kalibrasi.com yang sudah menjadi jasa pengujian yang terbaik dan terpercaya.