Alasan dan Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal Untuk Restoran

sertifikasi halal untuk restoran

Sertifikasi halal untuk restoran adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh para pelaku industri bidang makanan, apalagi jika restoran tersebut berada di wilayah yang mayoritas masyarakatnya adalah penganut agama islam. Maka standar halal restoran tersebut haruslah sesuai dengan ajaran agama yang berlaku.

Selain itu, adapun berbagai alasan utama sertifikasi halal untuk restoran dibutuhkan oleh para pemilik resto. Dalam artikel ini Anda bisa mengetahui penjelasan lengkap dan bagaimana cara mendapatkan sertifikasi halal untuk restoran dengan tepat.

Alasan Sertifikasi Halal Untuk Restoran Dibutuhkan

Restoran yang memiliki sertifikasi halal tentunya memiliki keuntungan tersendiri dibandingkan restoran lainnya. Beberapa keuntungan inilah yang akhirnya menjadi alasan yang tepat melakukan sertifikasi halal untuk restoran. Berikut adalah alasan yang menjadikan sertifikasi halal untuk restoran sangat dibutuhkan.

Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Jika sertifikasi halal untuk restoran telah dilakukan, maka hal ini akan memberikan rasa kepercayaan pelanggan pada restoran tersebut. Namun tentunya sertifikasi halal yang dilakukan harus melalui pengujian bahan oleh badan resminya agar tingkat kepercayaan para pelanggan bisa semakin tinggi.

Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Alasan lain bagi para pemilik resto melakukan sertifikasi halal untuk restoran adalah untuk menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Apalagi jika mayoritas di wilayah tersebut adalah muslim, maka ini adalah cara yang sempurna untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Atau di sisi lain mungkin restoran Anda berada di wilayah yang sulit mendapatkan akses makanan halal, Anda juga dapat melakukan sertifikasi halal untuk restoran Anda agar lebih mudah dijangkau dan disoroti oleh para pelanggan muslim.

Sebagai Pengakuan dan Akreditasi Lembaga Internasional

Mendapatkan sertifikasi halal untuk restoran tentunya tidak bisa dilakukan secara abal-abal. Anda perlu menggunakan jasa sertifikasi halal yang resmi agar mendapat pengakuan dan akreditasi dari lembaga Internasional untuk memastikan standar kelayakan sertifikasi halal yang diberikan pada resto Anda telah sesuai. Nah, agar Anda bisa mendapatkan sertifikasi halal untuk restoran Anda dengan tepat, lakukanlah beberapa langkah seperti pada bagian di bawah ini.

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi Halal Untuk Restoran?

Mendapatkan sertifikasi halal untuk restoran tentunya harus melalui pengujian yang sesuai dengan standar yang berlaku. Maka dari itu, penting bagi Anda pemilik resto untuk mengetahui bagaimana cara yang tepat.

Ketahui Persyaratan yang Berlaku

Sebelum Anda melakukan sertifikasi halal untuk restoran, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja persyaratan yang berlaku sesuai standar halal yang terakreditasi secara resmi. Jika informasi persyaratan tersebut sudah Anda ketahui dengan jelas, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan jenis makanan yang akan diuji.

Mempersiapkan Jenis Makanan dan Proses Pembuatannya

Siapkanlah jenis makanan di resto Anda serta melakukan demo proses pembuatan sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Nantinya, jenis makanan dan proses pembuatan ini adalah bahan yang akan diuji dan diberi sertifikasi halal untuk restoran Anda.

Melakukan Kontak ke Lembaga Sertifikasi dan Pendaftaran 

Jika Anda sudah menentukan jenis makanan dan proses pembuatannya yang sesuai, Anda bisa langsung menghubungi lembaga sertifikasi dan melakukan pendaftaran di laman resmi mereka.

Inspeksi dan Evaluasi 

Saat pendaftaran sudah diproses, maka Lembaga sertifikasi halal akan melakukan inspeksi ke restoran Anda dan memberikan evaluasi bilamana ada proses dan bahan makanan yang kurang sesuai dengan standar halal. 

Perbaikan sesuai dengan Evaluasi

Apabila Lembaga sertifikasi halal memberikan evaluasi bagi resto Anda, makan lakukanlah perbaikan sesuai dengan evaluasi yang diberikan agar Anda bisa mendapatkan sertifikasi halal untuk restoran dengan segera.

Mendapatkan Sertifikasi dan Maintain Kepatuhan

Jika sertifikasi halal untuk restoran sudah dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi, berarti restoran Anda telah memenuhi syarat dan standar halal yang berlaku dan Anda juga harus selalu memastikan standar kepatuhan halal ini terpenuhi.

Kesimpulan

Sertifikasi halal untuk restoran adalah hal yang penting untuk dilakukan para pemilik resto. Bukan hanya memberikan standar kelayakan halal dan kepatuhan saja, ternyata sertifikasi halal untuk restoran juga memberikan keuntungan bagi para pemilik resto. 

Selain itu sertifikasi halal ini juga membantu masyarakat muslim lebih mudah menemukan makanan dan minuman halal sesuai ajaran mereka. Maka dari itu, Anda harus selalu memastikan bahwa sertifikasi halal untuk restoran dilakukan oleh lembaga resmi yang telah terakreditasi guna memastikan kelayakan halal sesuai dengan standar.