Kenali Portable Single Gas Detector dari Jenis hingga Harganya

portable single gas detector

Ada banyak gas beracun yang tidak bisa dideteksi oleh indera manusia. Untuk mendeteksi gas, biasanya diperlukan instrumen khusus seperti portable single gas detector. Industri merupakan lingkungan yang paling banyak ditemukan gas berbahaya dikarenakan aktivitas industri. Banyak industri yang membutuhkan gas detector untuk menjamin keselamatan kerja dari bahaya gas.

Salah satu jenis gas detector yaitu portable single gas detector yang memiliki ciri unik yakni desain perangkatnya yang ringkas. Pada kesempatan kali ini, Anda bisa simak pembahasan seputar portable single gas detector yang meliputi deskripsi umum, jenis gas yang bisa dideteksi, serta kisaran harga. Yuk, simak hingga akhir.

Apa Itu Portable Single Gas Detector?

Portable single gas detector adalah salah satu jenis alat pendeteksi gas yang memiliki sensor untuk mendeteksi satu jenis gas. Jenis perangkat ini akan memberi peringatan kepeda pekerja secara dini bila terdeteksi gas yang berbahaya. Sehingga industri dapat meningkatkan keselamatan kerja. Teknologi dari portable single gas detector telah terbukti dan teruji bisa diandalkan. 

Di samping itu, saat ini sudah banyak portable single gas detector yang ditawarkan dengan kemampuan untuk menguji beberapa jenis gas lainnya. Jadi, tidak spesifik pada satu jenis saja. Produk portable single gas detector umumnya berukuran kecil dengan desain yang kokoh dan ergonomis. Ciri tersebut membuat perangkat ini ideal untuk penggunaan pribadi maupun pada lingkungan kerja.

Jenis Gas yang Dapat Dideteksi Oleh Portable Single Gas Detector

Rancangan sensor portable single gas detector memengaruhi pada kemampuannya dalam mendeteksi jenis gas. Untuk kebutuhan monitoring gas secara spesifik, Anda harus gunakan portable single gas detector dengan sensor yang sesuai dengan jenis gas yang hendak Anda ukur. Anda bisa konsultasikan pemilihan produknya. Tetapi sebelum itu, Anda bisa cek jenis-jenis gas yang dapat dideteksi oleh portable single gas detector dari daftar berikut ini.

  • Hydrogen sulfide (H2S)
  • Carbon monoxide (CO)
  • Oxygen (O2)
  • Sulfur dioxide (SO2)
  • Hydrogen (H2)
  • Ammonia (NH3)
  • Chlorine (Cl2)
  • Nitrogen dioxide (NO2)
  • Hydrogen cyanide (HCN)
  • Ozone (O3)
  • Ethylene oxide (ETO)
  • Phosphine (PH3)
  • Nitrogen oxide (NO)
  • Chlorine dioxide (ClO2)

Kisaran Harga Portable Single Gas Detector Saat Ini

Jika Anda membutuhkan portable single gas detector namun ingin menekan pengeluaran, Anda bisa pilih produk yang pas dengan kebutuhan dan preferensi. Sebab, harga portable single gas detector berbeda-beda tiap merk. Bahkan, model dan spesifikasinya juga menyebabkan harga portable single gas detector semakin bervariasi. 

Melihat hal itu, budget yang perlu Anda siapkan harus sesuai dengan produk portable single gas detector yang dipilih. Anda bisa tanyakan harga terkini dari model yang dibutuhkan pada distributor resmi untuk informasi yang lebih akurat.

Kesimpulan

Kemampuan indera manusia memiliki keterbatasan yang membuatnya tidak bisa mendeteksi keberadaan gas berbahaya. Portable single gas detector adalah alat bantu yang biasa digunakan industri untuk mendeteksi gas berbahaya dan beracun. Anda bisa mengandalkan teknologi portable single gas detector yang memiliki sensor sensitif.

Dengan inovasi yang terus dilakukan, kini sensor pada portable single gas detector tidak hanya mendeteksi satu jenis gas secara spesifik, melainkan beberapa jenis gas lain. Sehingga instrumen ini patut untuk Anda pertimbangkan!