Pengujian Mikrobiologi pada Produk Kosmetik, Apakah Penting untuk Dilakukan? 

Pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik

Produk kosmetik merupakan barang yang sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi wanita. Untuk menjaga kualitas dan keamanan kosmetik untuk kulit, maka diperlukan pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik. Kontaminasi mikroba dapat terjadi tidak hanya pada produk kosmetik yang sudah dibuka, tetapi juga pada produk kosmetik yang belum dibuka.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai bagaimana pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik, mari simak penjelasan berikut ini sampai ke mencari jasa uji mikrobiologi pada produk kosmetik! 

Dampak Mikroorganisme di Produk Kosmetik 

Bahan baku yang ada dalam produk kosmetik dapat menciptakan lingkungan yang cocok untuk pertumbuhan mikroorganisme. Dengan adanya pertumbuhan mikroorganisme, gas yang terbentuk di dalam kosmetik kan menimbulkan bau dan warnanya menjadi pucat serta viskositasnya berubah. Berikut apa saja dampak dari mikroorganisme di produk kosmetik: 

Mikroorganisme Probiotik 

Mikroorganisme probiotik memiliki manfaat yang baik untuk manusia, namun harus pada jumlah yang sesuai dan wajar supaya tidak merusak kulit melalui kosmetik. Untuk itu peran pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik sangat penting. 

Cemaran Mikroba 

Cemaran mikroba berasal dari mikroba yang dapat merugikan dan membahayakan kesehatan kulit akibat terdapat jumlah mikroba yang tidak teratur dan terlalu banyak. Untuk mengatasi jumlah mikroba supaya dapat terus stabil dan sesuai, maka diperlukan pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik. 

Standar Izin Edar Kosmetik – Mikrobiologi 

Dalam pengujian kosmetik, tentu saja yang erat kaitannya adalah demi mendapatkan izin edar. Namun, penerbitan izin edar ini yang dilakukan oleh pihak terkait misalnya saja BPOM, sangat paham tentang berbagai standar yang berlaku agar sebuah kosmetik bisa layak dipasarkan ke pasaran di Indonesia.

Selama ini, dalam pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik mematuhi dua standar yaitu internasional dan nasional dari BPOM. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Internasional

  • TS EN ISO 22718 Kosmetik – Mikrobiologi – Cari Staphylococcus aureus 
  • TS EN ISO 16212 Kosmetik – Mikrobiologi – Jumlah ragi dan cetakan 
  • TS EN ISO 21148 Kosmetik – Mikrobiologi – Aturan umum untuk penentuan mikrobiologis

BPOM

  • Peraturan BPOM Tentang Pengawas Obat dan Makanan Nomor 12 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pembuatan dan Peredaran Kosmetik.

Dimana Uji Mikrobiologi yang Professional?

Mencari jasa uji mikrobiologi yang professional memang menjadi sebuah keharusan bagi Anda yang berkecimpung dalam dunia pembuatan kosmetik. Namun, pertanyaan yang mungkin saja bisa Anda pertanyakan adalah, “Dimana bisa mendapatkan jasa uji mikrobiologi pada produk kosmetik yang professional?”.

Jawaban yang sangat tepat dan juga sangat bisa Anda andalkan adalah di Kalibrasi.com. Sebagai jasa uji yang professional, Kalibrasi.com dapat menyediakan berbagai kebutuhan Anda terkait pengujian kosmetik agar dapat mendapatkan izin edar di Indonesia.

Selain itu, Kalibrasi.com memang menjadi pengujian yang terpercaya, dan pastinya dengan biaya yang sangat terjangkau.

Anda bisa mengisi form yang ada di bawah ini untuk mendapatkan jasa pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik terpercaya, harga terjangkau, dan pastinya dijamin cepat dari Kalibrasi.com!

Kesimpulan

Mendapatkan jasa pengujian mikrobiologi pada produk kosmetik sekarang ini adalah hal yang sangat penting. Bagi Anda sebagai produsen, tentu saja ini akan membuat produk Anda tepat dengan sasaran dan aman digunakan. Karena, kosmetik memang tidak semua orang cocok dengan komposisi tertentu. Adanya pengujian mikrobiologi ini membuat konsumen tahu mana kosmetik sesuai dengan karakteristik kulitnya, mana yang bukan.