Mini Laser Distance Meter: Fungsi, Kelebihan dan Cara Penggunaan

mini laser distance meter

Dengan kebutuhan Distance Meter yang semakin banyak saat ini, beberapa jenis pengukuran jarak non kontak ini telah luas tersebar di pasaran. Mini Laser Distance Meter adalah salah satu jenis meteran laser yang digunakan untuk mengukur dengan rentang ukur 0,2 meter – 40 meter. Anda dapat mengukur jarak apapun dengan syarat objek yang dibidik bukanlah objek yang transparan atau tidak memantulkan cahaya berlebih.

Meskipun ukurannya lebih kecil dibanding distance meter jenis lainnya Mini Laser Distance Meter dapat memberikan pengukuran jarak akurasi tinggi dengan cepat. Alat ukur jarak ini cukup ringan ditenteng dan dapat disimpan dalam saku. Sehingga alat ini cukup ideal digunakan untuk berbagai aplikasi di lingkungan dengan mobility tinggi. Mari Pelajari lebih lanjut mengenai Mini Laser Distance Meter pada penjelasan berikut!

Fungsi Mini Laser Distance Meter

Sebagai perangkat yang ukur fungsi dasar Mini Laser Distance Meter tentunya digunakan untuk mengukur jarak antara dua titik dengan akurat tanpa melakukan kontak langsung. Dimana alat ini mampu memberikan hasil pengukuran dengan ketelitian tinggi yang memungkinkan pengguna untuk merencanakan dan melaksanakan proyek dengan presisi tinggi. Dengan bentuk yang kecil dan mudah digenggam sering kali alat ini disebut handheld laser distance meter.

Tidak hanya dapat mengukur jarak alat ini juga dapat dimanfaatkan untuk mengukur volume, dan area dengan metode laser. Meskipun berukuran kecil alat ini juga telah dilengkapi dengan layar LED dan menu penyetelah yang jelas. Melalui alat ini Anda juga dapat mengukur jarak melalui berbagai metode yang hasilnya dapat disimpan. 

Kelebihan Mini Laser Distance Meter

Mini Laser Distance Meter apat menjadi salah satu solusi praktis dalam melakukan pengukuran jarak non kontak yang dapat diandalkan. Dibandingkan dengan perangkat distance meter lainnya Mini Laser Distance Meter memiliki ukuran yang lebih kecil dan bobot yang lebih ringan. Tidak hanya itu saja kelebihan alat ini meskipun kecil, Mini Laser Distance Meter memiliki fitur dengan akurasi tinggi, desain alat terkini dan menawarkan banyak fungsi. 

Cara Menggunakan Mini Laser Distance Meter

Untuk mencapai kinerja alat yang maksimal, sebagai pengguna Mini Laser Distance Meter tentunya Anda perlu mempelajari cara menggunakan alat ini dengan tepat. Apabila akan mengoperasikan Mini Laser Distance Meter, sebaiknya bacalah panduan dalam manual book terlebih dahulu untuk memperoleh hasil pengukuran dalam waktu cepat dan akurat. Penjelasan berikut hanya ditunjukkan untuk penggunaan secara umum yaitu :

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memasang baterai terlebih dahulu.
  2. Kemudian tekan tombol ON dan arahkan ke bidang manapun jarak yang hendak diukur.
  3. Letakkan alat pada bidang dasar dan pastikan waterpass di titik tengah
  4. Mulai pengukuran dengan memencet tombol ON
  5. Dalam beberapa detik, hasil akan muncul hasil pengukuran di layar alat.

Tips Perawatan Mini Laser Distance Meter

Seperti perangkat elektronik lainnya, Mini Laser Distance Meter juga perlu dirawat agar performa, fungsi dan keandalannya tetap terjaga. Anda dapat mengikuti tips perawatan mini laser distance meter berikut ini :

  1. Ketika alat tidak digunakan, keluarkan baterai dari alat agar tidak terjadi kebocoran baterai
  2. Sensor pembaca adalah bagian penting dari Mini Laser Distance Meter maka bersihkan laser meter dengan kain yang kering.
  3. Untuk menjaga alat dengan baik, maka simpanlah alat ditempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Hal ini karena sinar matahari bisa mengganggu hasil pengukuran.

Kesimpulan

Mini Laser Distance Meter merupakan meteran laser yang mampu digunakan untuk mengukur jarak dengan rentang ukur 0.2 meter – 40meter. Alat ini didesain dengan ukuran kecil yang cukup ringan dan dapat disimpan di saku. Mini Laser Distance Meter memiliki fitur akurasi tinggi, desain alat yang lebih modern serta menawarkan beragam fungsi. Dengan kemampuannya alat ini ideal digunakan untuk pekerjaan dekorasi luar ruangan, proyek teknik dan lain sebagainya.