LPG Gas Detector Sensor: Pengertian, Peran Penting dan Cara Kerja

lpg gas detector sensor

Bahaya Gas yang tidak terdeteksi dapat menimbulkan banyak bahaya seperti pada umumnya adalah kebakaran di komplek rumah atau lingkungan industri. Namun tak menutup kemungkinan, kebocoran gas ini juga dapat mengakibatkan keracunan pada siapa yang menghirupnya.

Maka dengan bahaya yang mengancam tersebut, penggunaan  LPG Gas Detector Sensor sangat perlu digunakan. Tetapi sebelum Anda melangkah jauh dalam penggunaan LPG Gas Detector Sensor, ada baiknya Anda mengenal perangkat ini lebih dalam lagi. Simak penjelasannya berikut ini!

Apa itu LPG Gas Detector Sensor

LPG Gas Detector Sensor merupakan sebuah perangkat pendeteksi kebocoran gas dengan komponen sensor yang menjadikannya lebih akurat. Dukungan sensor inilah yang menjadi keunggulan utama dari penggunaan perangkat sebagai alat keamanan.

Apalagi dengan tambahan LPG Gas Detector Alarm yang akan memberikan peringatan dini bagi para pengguna saat terjadi kebocoran, hal ini memungkinkan pengguna untuk mengatasi kebocoran gas sebelum meluas ke berbagai area. 

Karena kemampuannya yang luar biasa itulah, banyak dari masyarakat begitupun juga anda perlu memasangkannya di tempat yang biasanya sering terjadi kebocoran gas LPG. Namun mengapa LPG Gas Detector Sensor ini menjadi sangat penting?

Mengapa Penting Untuk Memiliki LPG Gas Detector Sensor

Kebocoran gas yang terjadi seringkali mengeluarkan bau gas yang tipis. Dan hal inilah yang dapat mengelabui kewaspadaan masyarakat tentang bahayanya yang dapat merambat lebih besar lagi. 

Apalagi kebocoran ini biasanya terjadi akibat kerusakan pipa yang sudah berumur, yang pada kenyataannya tak pernah diperbaiki karena sulit untuk menjangkaunya. Maka kebocoran gas bisa saja terjadi kapanpun dan dalam kondisi yang tidak kita duga.

Itulah sebabnya penggunaan LPG Gas Detector Sensor menjadi langkah yang tepat untuk memberikan kewaspadaan dini pada masyarakat, serta memberikan perasaan aman pada keselamatan dari kebocoran gas  di rumah ataupun lingkungan produksi pabrik.

Cara Kerja LPG Gas Detector Sensor

Rangkaian kerja dari LPG Gas Detector Sensor ini berbasis pada sistem mikrokontroler arduino, yang berarti bahwa cara kerja menggunakan sistem ini memperhatikan dan memberikan peringatan melalui alarm yang terpasang pada perangkat. 

Sistem yang juga menggunakan sensor Gas LPG ini juga akan memberikan pulsa  HIGH pada D0 nya. Apabila sistem telah membaca deteksi gas LPG maka ia akan menampilkan hasil analisis deteksi pada layar dan secara otomatis mengaktifkan alarm dengan suara bip.

Begitupun sebaliknya, apabila sensor mendeteksi pulsa LOW pada lingkungan maka layar LCD akan menunjukan “tidak ada kebocoran gas”.

Rangkaian kerja dari LPG Gas Detector Sensor ini dapat terwujud karena dukungan komponen lainnya seperti Transistor, juga sumber energi dari baterai 9 volt dan kabel penghubung.

Sensor yang Digunakan Pada LPG Gas Detector Sensor

Modul sensor yang terdapat pada perangkat terdiri dari MQ3 yang digunakan untuk mendeteksi gas LPG. Selain itu juga terdapat komparator sensor LM393 untuk membandingkan tenaga yang dikeluarkan melalui sensor MQ3. 

Dengan adanya tegangan referensi yang berbeda inilah maka akan memberikan hasil yang tinggi ketika terjadi kebocoran gas.

Terlepas dari sensor gas LPG dan pembandingnya, adapun potensiometer yang digunakan pada perangkat untuk mengontrol tingkat responsif  gas LPG. Modul sensor yang satu ini biasanya dihubungkan dengan mikrokontroler dan lainnya.

Kesimpulan

Bahaya yang dapat merambat akibat kebocoran gas yang tidak segera ditanggulangi akan menimbulkan kerugian luar biasa pada individu bahkan masyarakat luas yang juga terdampak oleh adanya kebakaran ataupun keracunan gas.

Maka dari itu dengan hadirnya LPG Gas Detector Sensor, pastinya akan meningkatkan kewaspadaan Anda terhadap kebocoran gas yang bisa terjadi kapan saja sehingga Anda dan orang-orang disekitar lokasi akan tetap merasa aman.